Connect with us
Senigma
Heath Ledger
Heath Ledger - The Dark Knight

Film

Sederet Aktor yang Pernah Memerankan Joker

Sejarah karakter Joker di layar lebar dari masa ke masa.

Joker pertama kali muncul dalam komik pertama Batman pada tahun 1940. Karakter ini diciptakan oleh Bill Finger, Bob Kane, dan Jerry Robinson. Dari awal kemunculannya di komik tersebut, Joker telah menjadi sosok kriminal yang teatrikal dalam melancarkan aksinya menentang para politikus di Gotham City.

Seiring berkembangnya adaptasi komik ke layar kaca maupun layar lebar, Joker pun telah bersanding dengan Batman di berbagai versi live action superhero. Joker merupakan salah satu karakter yang “sakral” untuk dimainkan setiap aktor yang mendapatkan kesempatan tersebut. Sebetulnya stigma ini mulai muncul semenjak penampilan Heath Ledger sebagai Joker di “The Dark Knight” pada tahun 2008.

Siapa saja yang sudah pernah memerankan karakter badut eksentrik ini? Berikut sederet aktor yang pernah memerankan Joker.

Cesar Romero Joker

Cesar Romero, in character as The Joker for Batman Television series (1967)

Cesar Romero

Cesar Romero merupakan aktor pertama yang menghidupkan sosok Joker dalam sebuah serial televisi “Batman” pada tahun 1966 hingga 1968. Aktor satu ini juga memerankan Joker pada film pertama “Batman” di layar lebar ada tahun 1966. Romero sendiri sebelumnya lebih terkenal sebagai aktor dalam film romantis pada masa itu. Memerankan Joker merupakan pengalaman yang menantang baginya.

Joker yang dibawakan oleh Cesar Romero lebih bermain dengan unsur komedi yang jenaka dengan sentuhan misteri.

Jack Nicholson Joker

Jack Nicholson – Batman (1989)

Jack Nicholson

Aktor dengan bentuk alis dan senyum alami yang menyeramkan memang cocok memerankan Joker. Jack Nicholson tampil sebagai Joker dalam film “Batman” pada tahun 1989 yang disutradarai oleh Tim Burton.

Tim Burton mengambil referensi dari komik “Batman” untuk film ini. Joker tampil dengan kulit putih dan rambut hijau karena sebelumnya didorong oleh Batman ke sebuah tong dengan cairan kimia. Joker memiliki pembawaan yang klasik ala mafia dengan rencana jahat yang sadis dan dramatis dalam persona ini.

Heath Ledger Joker

Heath Ledger – The Dark Knight (2008)

Heath Ledger

Pertemuan antara aktor berbakat, Heath Ledger dengan sutradara berbakat, Christopher Nolan, melahirkan sosok Joker yang suram dan depresif. And people started to take this clown seriously. Melalui film The Dark Knight (2008), Ledger menunjukan totalitasnya dalam memerankan Joker. Pertama kalinya Joker muncul sebagai pria misterius dengan riasan wajah dan datang dari masyarakat (tanpa reaksi ilmiah atau kekuatan super). Tak hanya jahat, Joker dalam versi ini tampil manipulatif dan menunjukan motifnya yang tidak didasari oleh uang maupun kekuasaan. Tujuannya adalah menghapus harapan manusia akan pahlawan super dan menyebarkan teror.

Penampilan Heath Ledger diakui secara profesional dengan penghargaan Oscar yang ia peroleh pada tahun 2009 sebagai Best Supporting Actor.

Cameron Monaghan Joker

Cameron Monaghan

Cameron Monaghan

Berikutnya memang tidak disebutkan sebagai Joker, namun Jeremiah Valeska yang diperankan oleh Cameron Monaghan menggambarkan Joker dalam serial adaptasi berjudul “Gotham” pada tahun 2014. Jeremiah adalah seorang kriminal yang terobsesi dengan saudara kembarnya, Jerome, seorang pemimpin perkumpulan anarkis.

Setelah Jerome meninggal dan terkena bahan kimia yang membuatnya tidak berhenti tertawa, ia memiliki obsesi baru yaitu Bruce Wayne yang ia gambarkan sebagai versi kebalikan dari kepribadiannya.

Cameron Monaghan tampil sebagai “Joker” yang memiliki obsesi dengan teror dan tindakan anarkis demi mencari perhatian Bruce Wayne. Ia juga tampil dengan luka wajah yang sangat mengerikan dan akan membuat kita bergidik.

Jared Leto - Suicide Squad (2016)

Jared Leto – Suicide Squad (2016)

Jared Leto

Berikutnya ada aktor eksentrik Jared Leto yang menantang diri untuk bermain sebagai Joker dalam film Suicide Squad (2016). Jared merupakan aktor yang terkenal dengan kemampuan akting untuk segala peran dan sempat membentuk ekspektasi yang besar pada penggemar DC.

Kemunculan aktor satu ini masih dibayangi oleh performa dari Heath Ledger. Leto sendiri mengaku bahwa ia tidak akan mencoba menandingi Ledger, ia ingin menciptakan image Joker sesuai dengan versinya sendiri. Sayangnya orang-orang tidak menyukai versi Joker yang dipresentasikan.

Dalam “Suicide Squad”, Joker tampil sebagai kekasih Harley Quinn yang memiliki penampilan fambloyan dan memikat. Ia terobsesi dengan menyiksa korbannya dan memanfaatkan kekasihnya. Tidak terlalu banyak porsi Joker yang ditampilkan dalam film ini, membuat penampilan Jared Leto mudah untuk dilupakan.

Joaquin Phoenix Joker

Joaquin Phoenix – Joker (2019)

Joaquin Phoenix

Setelah bertahun-tahun mendambakan peran sebagai superhero, akhirnya Joaquin Phoenix justru mendapat peran sebagai super-villain. Sebelumnya, Phoenix pernah hampir bermain sebagai Doctor Strange. Namun, seperti yang kita ketahui, peran tersebut diberikan pada Benedict Cumberbatch.
Untung saja Phoenix tidak mendapatkan peran tersebut, karena ia lahir untuk memerankan Joker dalam film garapan Todd Phillips. Untuk pertama kalinya, asal mula Joker diangkat dalam layar lebar dengan nama asli Arthur Fleck. Dalam versi ini, kita akan menemukan alasan, mengapa kita mencintai Joker dan bagaimana manusia yang baik memiliki alasan untuk menjadi jahat.

Phoenix secara maksimal mengeksplorasi kemampuan beraktingnya dalam film ini. Usahanya pun membuahkan hasil yang luar biasa. Tak hanya menyajikan akting yang berkualitas, “Joker” juga menyajikan cerita dengan pengembangan karakter yang perlahan dan sempurna.

Joker Review: Ketika Sistem Menciptakan Kemiskinan dan Kesengsaraan

Click to comment

Leave a Comment

Gerald’s Game (2017) Gerald’s Game (2017)

10 Rekomendasi Film Adaptasi Stephen King

Cultura Lists

Zombieland 2009 Zombieland 2009

Zombieland Review: Film Zombie Komedi Terbaik yang Pernah Ada

Film

five feet apart review five feet apart review

Five Feet Apart Review: Kisah Cinta Terpaut Jarak 5 Kaki

Film

Fight Club (1999) Fight Club (1999)

15 Film Tentang Kesehatan Mental

Cultura Lists

Connect