Connect with us
bill finger batman

Culture

Bill Finger: Sosok Dibalik Karakter Batman Yang Terlupakan

Sosok berpengaruh yang terlupakan dan secara tidak terhormat dihilangkan dari kredit karakter Batman.

Tahun ini karakter pop-culture ikonik Batman sudah berumur 80 tahun. Bisa dibilang Batman adalah salah satu karakter fiksional paling populer sepanjang masa. Seluruh penjuru dunia dari berbagai kalangan serta usia pasti tahu atau minimal pernah mendengar karakter yang satu ini. Bermula dari komik, kehadiran karakter Batman bahkan sudah melebar ke berbagai media pop-culture lainnya. Sebagai pencipta dari karakter Batman, Bob Kane bisa dibilang adalah salah satu orang yang paling berpengaruh dalam pembentukan serta popularitas Batman. Siapa yang menyangka bahwa sudah lebih dari 75 tahun kita diberikan sebuah kebohongan mengenai identitas asli pembuat karakter Batman. Ada satu sosok berpengaruh yang terlupakan dan secara tidak terhormat dihilangkan dari kredit karakter Batman, Bill Finger.

Bob Kane

Bob Kane (Photo by ABC Photo Archives/ABC via Getty Images)

 

Kelahiran karakter Batman bermula pada tahun 1939. Terinspirasi dari kesuskesan karakter Superman karangan Jerry Siegel dan Joe Shutter, Bob Kane seorang comic artist muda berusaha membuat sebuah karakter baru yang dapat menyaingi kesuksesan Superman. Bob Kane adalah salah satu orang yang paling bertanggung jawab terhadap hilangnya kredit Bill Finger sebagai pembuat Batman. Tidak berhasil menemukan ide yang tampak pas, Bob Kane meminta bantuan temannya seorang penulis muda berbakat, Bill Finger. Melalui pertemuan pertama inilah terbentuk identitas karater Batman yang kita kenal sekarang. Warna kostum yang berwarna gelap, topeng dengan ujung runcing seperti telinga kelelawar, jubah hitam dengan potongan seperti sayap kelelawar, serta logo kelelawar yang kita kenal semuanya adalah hasil serta ide dari Bill Finger.

Setelah pertemuannya dengan Bill Finger, Bob Kane membawa desain karakter Bill Finger kepada salah satu editor di National Comic (Sekarang DC Comics) dan mendapatkan kesempatan publikasi. Bob Kane secara egois tidak memberitahukan campur tangan Bill Finger dalam pembuatan karakter Batman dan meraih keuntungan untuk dirinya sendiri. Sejak itu Bob Kane terus melakukan konsultasi kepada Bill Finger mengenai karakter Batman tanpa memberi kredit kepadanya. Hal ini berlangsung hingga puluhan tahun ke depan, semua penggemar Batman hanya tahu satu buah nama pembuat Batman, Bob Kane.

Isu mengenai sosok lain dibalik pembuat Batman sempat keluar pada tahun 1965. Seorang penggemar komik Jerry Bails mengirimkan surat kepada DC untuk bertanya mengenai pembuat dari komik Batman. DC membalas surat tersebut dan Bails menemukan bahwa Bill Finger adalah penulis asli dari Batman. Bails berusaha memberikan keadilan kepada Bill, ia memperkenalkan Bill Finger pada konvensi komik (Comic Con) pertama di New York pada tahun 1965. Konvensi komik tersebut adalah satu-satunya sosok Bill Finger muncul secara publik sebagai penulis dari Batman. Bails bahkan menulis sebuah artikel yang ia kirimkan secara langsung kepada para penggemar Batman untuk menyadarkan para fans atas pengaruh Bill Finger. Usaha Bails gagal ketika Bob Kane secara tidak tahu malu memberikan surat terbuka yang menyatakan bahwa ia adalah satu-satunya pembuat dari karakter Batman.

Bill Finger Sosok Pembuat Batman Yang Terlupakan

Batman & Bill (Photo by: Alkemy X/Hulu)

 

Semenjak saat itu hanya ada sedikit orang yang mengetahui kebenaran dari karakter Batman. Bob Kane melanjutkan kehidupannya dengan penuh kemewahan serta keuntungan yang ia dapat dari Batman. Berbeda dengan nasib Bill, ia harus hidup dengan serba kekurangan tanpa mendapatkan pengakuan sebagai pembuat dari Batman. Tragisnya, Bill Finger meninggal dunia sendirian di apartemen kecilnya pada tahun 1974. Bill dikubur di Potter Fields sebuah pemakaman umum yang biasa digunakan untuk orang-orang yang meninggal tanpa nama. Bill meninggal tanpa sebuah acara pemakaman yang layak, tanpa kehadiran keluarga dan pengakuan yang layak ia terima.

Bill Finger meninggalkan warisan berharga bagi para penggemar Batman. Ia adalah sosok yang membuat karakter-karakter populer Batman lainnya seperti Robin, Joker, Cat Woman, Riddler, Scarecrow, Penguin, komisioner Gordon, Bruce Wayne dan Dick Grayson. Bill Finger adalah orang yang membuat dan memberi ide tentang kota tempat tinggal Batman, Gotham City. Bill adalah sosok yang memberikan Batman sebuah kendaraan ikonik Bat Mobile serta istilah Bat Cave sebagai markas dari Batman. Kisah klasik mengenai masa lalu Bruce Wayne yang harus kehilangan orang tuanya saat anak-anak dan memotivasinya menjadi sosok Batman juga merupakan cerita yang ia buat. Bill Finger adalah orang yang bertanggung jawab membangun identitas Batman “The Dark Knight” yang kita ketahui sekarang.

Perjuangan mengenai kredit nama Bill Finger sebagai pembuat karakter Batman baru dimulai oleh Marc Tyler Nobleman. Marc adalah seorang penulis yang sebelumnya dikenal sebagai penulis buku mengenai pembuat karakter Superman. Tadinya Marc ingin menulis tentang Bob Kane sebagai pembuat karakter Batman, tetapi setelah melakukan beberapa penelitian ia menemukan ada sosok lain yang bertanggungjawab sebagai penulis dari Batman. Terpukul dengan kisah yang ia temukan mengenai Bill Finger, Marc berusaha mencari keturunan Bill Finger untuk mencoba melakukan klaim bahwa Bill Finger adalah pembuat dari karakter Batman. Sempat menemukan jalan buntu, Marc akhirnya mendapatkan sebuah titik terang ketika berhasil menemukan cucu dari Bill Finger, Athena Belinda Finger.

Bill Finger Sosok Pembuat Batman Yang Terlupakan

Setelah menjalankan beberapa prosedur yang harus dilewati, DC akhirnya memberikan kredit pertama pada Bill Finger sebagai pembuat Batman pada tahun 2016 di film “Batman V Superman: Dawn of Justice”. Perjuangan lebih dari tujuhpuluh tahun akhirnya berbuah hasil dan Bill mendapatkan pengakuan yang seharusnya ia terima sejak dulu. Baru sejak tahun itu muncul nama Bill Finger pada seluruh hasil karya dengan karakter Batman. Bill Finger adalah seorang genius yang tidak boleh kita lupakan. Jasanya dalam membuat karakter dan dunia Batman sangat berpengaruh dan tidak bisa dibandingkan.

Seluruh kisah Bill dari awal hingga mendapatkan haknya sebagai pembuat dari karakter Batman dapat dinikmati pada dokumenter buatan Hulu pada tahun 2017 “Batman and Bill.” Siapa yang mengira bahwa dibalik karakter ikonik Batman ada kisah dan tragedi rumit yang berlangsung hingga puluhan tahun? Siapa yang mengira ada pertarungan lebih sulit dibalik kisah Batman yang berusaha membersihkan Gotham City? Semoga ketidakadilan yang dialami oleh Bill Finger menjadi sebuah pelajaran dan tidak terulang lagi di masa yang akan datang.

Click to comment

Leave a Comment

Advertisement Cultura Lists
Connect