Connect with us
Rich Brian, Chung Ha: These Nights Review

Music

Rich Brian & Chung Ha: These Nights Review

Kolaborasi kejutan dengan tema disco ballad 80-an.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Akhir September lalu, kita dikejutkan dengan teaser kolaborasi dari Rich Brain dan Chung Ha dengan single terbaru bertajuk “These Nights”. Single ini telah resmi rilis pada 3 Oktober lalu. Karya kolaborasi ini merupakan salah satu single promosi untuk album “Head in the Clouds II” yang akan rilis pada 11 Oktober mendatang. Album ini merupakan album kompilasi track dari para penyanyi di bawah naungan 88rising.

“These Nights” merupakan lagu bertema cinta dengan nuansa musik disco ballad 80-an yang estetika. Bercerita tentang sepasang manusia yang sedang terbawah nuansa malam yang romantis dan tenggelam dalam momen tersebut. Dengan aransemen yang cukup simple, tetap terdengar nuansa city pop yang elegan dengan penulisan lirik ala musik pop komersial yang catchy.

Dilansir dari Soompi, Chung Ha juga terlibat dalam penulisan lirik untuk lagu ini. Sang diva K-pop mengaku antusia karena kolaborasinya dengan Rich Brian merupakan project kolaborasi internasional pertamanya. Chung Ha sendiri telah merilis single bertajuk “Snapping” untuk album terbarunya yang bertengger di peringkat pertama berbagai chart music Korea.

Lagu “These Nights” sangat sesuai dengan warna musik Chung Ha selama ini yang memiliki warna R&B dan Pop sexy yang elegan. Berbeda dengan Rich Brian yang menunjukan sisi lainnya melalui single satu ini.

Hal tersebut tampak jelas dalam konsep video klip “These Nights” yang juga berkonsep estetika 80-an. Rich Brian tampil dengan setelan nyentrik dengan gaya rambut yang sangat unik. Kita tidak akan melihat sosok rapper yang nge-swag dan cycinal dalam project kolaborasi satu ini.

Rich Brian juga tidak membawakan lagu slow pop ini dengan lirik rap dan suaranya yang dalam. Ia menyanyikan lagu dengan autotune super high pitch yang membuatnya terdengar sangat berbeda dari suara aslinya. Pilihan ini cukup menimbulkan pro kontra di antara para penikmat musik sang rapper yang telah berusia 19 tahun ini. Kemampuan rap dan suaranya yang berat sudah terlalu melekat pada jati diri Rich Brian.

Namun, jika kita mau memperhatikan lagi, ia menggunakan autotune bukan untuk menyamarkan suara aslinya seperti lagu-lagu pop komersial pada umumnya. Pilihan ini merupakan salah satu proses dalam memproduksi lagu “These Nights” yang bertema disco ballad lawas yang lebih cocok dengan suara stereo. Ia mengubah suaranya untuk menyesuaikan dengan konsep lagu.

“These Nights” sebetulnya bukan sebuah karya ajaib dengan komposisi musik yang superb. Aransemen musiknya elegan dan catchy dengan segala kesederhanaannya.Tak dipungkiri, nama besar Rich Brian dan Chung Ha di masing-masing pasar asal mereka membuat kolaborasi ini cukup mencuri perhatian dan membuat lagu ini menjadi single yang menjual.

Click to comment

Leave a Comment

The Strokes The Strokes

The Strokes: At The Door & Bad Decisions Single Review

Music

Museum Musik Indonesia Malang Museum Musik Indonesia Malang

Museum Musik Indonesia dan Dominasi Rock di Malang

Music

The Sounds Project Vol. 5: The Sounds Project Vol. 5:

The Sounds Project Vol. 5 Dengan Tampilan Baru

Entertainment

Billie Eilish No Time To Die Billie Eilish No Time To Die

Billie Eilish: No Time To Die Single Review

Music

Advertisement
Connect