Connect with us
Senigma
Chung Ha, Idol yang Sukses Menjadi Solois

Entertainment

Chung Ha, Idol yang Sukses Menjadi Solois

Ia berada di peringkat keempat dalam Produce 101 tapi ialah yang paling sukses saat ini.

Pecinta survival reality show Korea? Pasti tidak asing dengan Produce 101. Acara televisi ini meraih popularitas maupun kesuksesan besar hingga franchise-nya dibeli oleh China dan Jepang. Season pertamanya terdiri dari 101 kontentan perempuan dari puluhan agensi yang memerebutkan 11 posisi untuk debut dalam sebuah proyek girl group bertajuk I.O.I. Salah satu kontestannya adalah Kim Chung Ha.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by 청하 CHUNG HA (@chungha_official) on


Kim Chung Ha lahir dengan nama Kim Chan-mi. Tahun ini usianya baru menginjak 23 tahun tapi ia telah sukses menjadi seorang solois. Ia lahir di Korea tapi sempat menghabiskan bertahun-tahun masa hidupnya di Amerika. Ini membuatnya fasih berbahasa Inggris. Tubuhnya tergolong mungil karena tingginya hanya 161 cm dengan berat 44 kg. Namun di balik tubuhnya itu ia memiliki kemampuan menari di atas rata-rata.

Sebenarnya minat pertama Chung Ha bukanlah menari melainkan menyanyi. Ia sempat melakukan audisi di YG Entertainment sebelum akhirnya berlabuh sebagai trainee JYP Entertainment. Chung Ha kecil telah suka bernyanyi di gereja dengan tergabung dalam grup paduan suara. Pengalamannya di atas panggung gereja membekas dalam hatinya. Sejak itu Chung Ha berpikir ia ingin menjadi seorang performer. Hal itu semakin terasah sejak ia mengikuti Produce 101.

Chung Ha telah menarik perhatian pemirsa sejak di episode kedua. Ia memerlihatkan kemampuan menarinya yang memikat. Sejak itu ia dikenal sebagai seorang dancer yang berkualitas. Chung Ha mampu menarikan sebuah lagu meski tanpa latihan. Tentunya, kreativitas semacam itu hanya bisa dimiliki seseorang yang benar-benar bertalenta. Padahal Chung Ha sendiri sempat akan menyerah dalam berlatih tari. Dulu ia hampir berhenti berlatih karena keterbatasan dana.

Chung Ha yang meninggalkan JYP Entertainment ternyata menemukan jodohnya dengan MNH. Ini adalah sebuah agensi lebih kecil yang sangat menghargai talentanya. MNH tak sedetikpun menyia-nyiakan bakat Chung Ha dengan membuatnya selalu aktif berkarya. Chung Ha debut pada 7 Juni 2017 dengan album “Hands on Me”. Lagunya sendiri bertajuk “Why Don’t You Know” yang video klipnya memeroleh 2 juta view dalam 6 hari. Di tangga lagu Genie dan Bugs, lagunya menduduki peringkat pertama.

Pada 2018, ia meneluarkan dua album sekaligus yaitu “Offset” dan “Blooming Blue”. Lagu yang berjudul “Roller Coaster” seketika memeroleh kesuksesan dengan memuncaki beberapa tangga lagu. Ia juga menampilkan keahliannya menari dalam video klip tersebut. Hal lain yang juga patut diacungi jempol adalah makeup maupun outfit Chung Ha yang selalu keren dan mampu mengeluarkan kharismanya. Untuk seorang solois yang berasal dari agensi kecil, penampilan Chung Ha terlihat sangat berkelas. Tidak tampak sama sekali seperti low budget.

Chung Ha juga menjadi langganan untuk diajak berkolaborasi dengan musisi lain. Ia dua kali berkolaborasi dengan musisi dari SM Entertainment. Pertama adalah “Wow Thing” ketika Chung Ha bernyanyi bersama Seulgi Red Velvet, SinB Gfriend, dan Soyeon G-Idle. Kedua dengan Yesung Super Junior dalam lagu “Whatcha Doin” yang colorful. Terbaru adalah kolaborasinya dengan Ravi VIXX, “Live”. Kepopuleran Chung Ha menunjukkan ia telah mendapat pengakuan dari jagat hiburan mengenai kemampuannya bermusik.

Chung Ha mengaku ia masih haus akan kolaborasi lain. Setelah “Gotta Go” meledak tahun ini dan ia mendapatkan berbagai penghargaan dari acara musik, kini muncul kabar reuni I.O.I. Menurutnya kolaborasi akan memberikan banyak warna. Meski demikian warna yang terlalu banyak juga akan menyulitkan sebuah persona untuk terlihat lebih menonjol. Chung Ha tentunya tidak semenonjol saat ini ketika dulu ia sepanggung dengan sepuluh orang idol lainnya.

Keputusan MNH untuk membuat Chung Ha debut sebagai solois sudah sangat tepat. Chung Ha kini mampu melakukan comeback dengan berbagai image dan konsep yang ia mau. Ia pun juga bisa lebih bebas mengeksplorasi kemampuan vokal maupun tarinya dan menyanyikan lagu-lagu yang sangat sesuai dengannya. Chung Ha yang memiliki suara soft dan wajah segar itu bisa beralih dari wajah innocent malu-malu menjadi sexy seperti dalam “Gotta Go”. Meski dulunya Chung Ha hanya peringkat keempat dalam Produce 101, ialah yang saat ini paling bersinar, paling aktif menelurkan karya, dan diakui kemampuannya.

Click to comment

Leave a Comment

Zirah Band Zirah Band

Zirah: Kuasa Single Review

Music

Mika: My Name Is Michael Holbrook Album Review Mika: My Name Is Michael Holbrook Album Review

Mika: My Name Is Michael Holbrook Album Review

Music

Super Junior Super Junior

Super Junior: Time_Slip Album Review

Music

raisa you raisa you

Raisa: You Single Review

Music

Connect