Connect with us
billie eilish
Billie Eilish | Jo Hale/Getty Images

Cultura Lists

Video Klip Terbaik 2019

Tak hanya musik saja yang patut diapresiasi, konsep video klip juga.

Ada banyak musisi yang bersinar sepanjang 2019. Tetapi, bagaimana dengan konsep video klipnya? Sejak mengenal YouTube kita tak lagi hanya menikmati musik secara audio tetapi juga visual melalui gadget. Jumlah penonton sebuah video klip pun kini menjadi pencapaian bagi sebagian besar musisi. Banyak fans yang berlomba untuk menjadikan video klip panutannya memiliki jumlah penonton terbanyak.

Sam Smith – How Do You Sleep

Selama ini Sam Smith selalu terkenal dengan suara emasnya. Hampir semua musik yang ia rilis berhasil menempati puncak tangga lagu. Namun Sam membuat gebrakan dengan menari dalam video klip “How Do You Sleep”. Netizen menyebut Sam sedang channeling his inner Beyonce. Di sini Sam menunjukkan bahwa ia tak hanya sempurna dalam menyanyi tetapi juga lebih dari mampu dalam menari.

NIKI – Lowkey

Penglihatan kita tidak salah. Video klip ini memang berupa loop! Sungguh unik apalagi dengan warna biru indigo dan kuning lemon yang cerah. Niki tak hanya memiliki musikalitas yang baik tetapi juga memiliki selera unik. Video klip ini tak hanya aestetik dipandang tetapi membuat kita tidak kehilangan fokus pada musik ketika menikmatinya.

Normani – Motivation

Keputusan Normani untuk solo setelah dikenal melalui Fifth Harmony adalah benar. Ternyata ia memiliki kemampuan yang tak perlu diragukan sebagai seorang solois. Selain memiliki suara yang tak bisa diremehkan, kemampuan menarinya pun di atas rata-rata. Ciri khas tariannya yang menampilkan fleksibilitas tinggi patut diacungi jempol.

Isyana – Sikap Duniawi

Selain merilis album yang sangat Isyana dan lebih powerful dibanding album sebelumnya, video klipnya pun tak kalah menarik. Video klip Sikap Duniawi menggambarkan dengan baik idealisme seorang Isyana. Konsepnya memang sangat filosofis meski demikian inilah sesuatu yang perlu kita lihat di blantika musik nasional.

Hindia – Secukupnya

Hindia adalah salah satu musisi indie yang membiarkan karyanya tampil apa adanya. Ketika mendengarkan lirik lagunya atau menikmati video klipnya, kita dapat menelannya secara harafiah. Video klip berupa kumpulan footage dengan tulisan berisi curahan hati yang dikirim anonim benar-benar melengkapi musiknya. Footage ini tak hanya menjadikan video klipnya terasa personal bagi para penonton tetapi juga menyentuh hati di titik yang tak kita tahu bahwa kita memilikinya.

Beyonce – Spirit

Bila membahas betapa magisnya suara dan lagu-lagu yang dinyanyikan Beyonce, mungkin kita sudah biasa. Tapi video klip Spirit adalah salah satu yang terbaik dari Beyonce. Di sini kita bisa melihat kekayaan budaya dari Benua Afrika. Beyonce pun mengajak Blue Ivy tampil di dalamnya. Video klip ini juga menampilkan koreografi yang melengkapi lirik lagunya.

Ed Sheeran – South of The Border

Tahun ini Ed Sheeran menyajikan album yang begitu kaya karena lintas genre dan mengajak sangat banyak musisi untuk berkolaborasi. Selain perayaan musikalitas Ed Sheeran, South of The Border juga memiliki video klip yang menarik. Ada sentuhan latin di dalamnya karena ada Camila Cabello juga humor atas kehadiran Cardi B. Video klipnya sendiri bertema mata-mata.

Jessi – Who Dat B

Salah satu nilai plus dari video klip ini adalah tidak seperti video klip kebanyakan solois maupun idol K-pop lainnya. Jessi adalah salah satu rapper yang vokal. Tak hanya berani melawan kritikan publik terhadap fisiknya, ia juga berani dalam berpakaian. Jessi pun dikenal aktif membela seniman lain ketika mendapat kecaman publik.

Hwasa – Twit

Sebagai sebuah debut solo, Twit menampilkan Hwasa versi utuh yang mungkin sudah bisa kita terka sejak melihatnya di Mamamoo. Namun tentu sebagai sebuah proyek solo, Twit membuat Hwasa lebih bebas berkreasi. Hwasa tak hanya menampilkan kepercayaan diri yang tinggi tetapi juga selera fashion-nya yang unik.

Billie Eilish – Xanny

Bagaimana cara seorang Billie Eilish mengampanyekan kepada remaja seusianya untuk katakan tidak pada narkoba? Melalui debut penyutradaraannya dalam video klip Xanny. Sesuai dugaan, Xanny adalah istilah yang digunakan Billie untuk menyebut Xanax. Video klipnya sendiri sederhana dan akan membuat kita sedikit mengeryitkan dahi ketika melihat Billie disundut rokok.

The Weeknd – Heartless

Ada beberapa angle dalam video klip ini yang tak biasa dan justru menambah kesan dramatis. Seakan kita sedang menonton sebuah film kelas A. Tentunya kembalinya The Weeknd dalam merilis lagu akan dinantikan oleh para fansnya ditambah video klip yang unik ini. Meski mungkin bagi beberapa orang angle tersebut akan membuat pusing bila antara satu scene dan lainnya mengalami perpindahan terlalu cepat.

Joji & Jackson Wang ft. Swae Lee & Major Lazer – Walking

Joji mengubah dirinya menjadi monster lobster raksasa. Video klip ini terasa seperti mengambil ide film Godzilla. Apalagi setting kota yang dihancurkan monster lobster justru benar-benar terlihat seperti gedung buatan. Apalagi kemudian sebuah robot yang tak kalah aneh karena terlibat seperti produk film tahun 90-an muncul.

Click to comment

Leave a Comment

The Sounds Project Vol. 5: The Sounds Project Vol. 5:

The Sounds Project Vol. 5 Dengan Tampilan Baru

Entertainment

Film Tentang Psikoterapis Film Tentang Psikoterapis

Rekomendasi Film Tentang Psikoterapis

Cultura Lists

Billie Eilish No Time To Die Billie Eilish No Time To Die

Billie Eilish: No Time To Die Single Review

Music

Skena Musik Malang Skena Musik Malang

Skena Musik Malang “Antara Idealisme dan Realita”

Music

Advertisement
Connect