Connect with us
Senigma
pokemon detective pikachu review
Pokemon Detective Pikachu (Warner Bros. Pictures)

Film

Pokemon Detective Pikachu Review: Film Live-Action Pertama dari Franchise Pokemon

Selain elemen misteri yang ditawarkan, penonton juga dihibur lewat berbagai komedi dan adegan lucu di film ini.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Film adaptasi video game memang memegang reputasi yang buruk, apalagi melihat kegagalan berbagai adaptasi yang jauh dari ekspektasi penonton. Tidak banyak yang tahu, Pokemon Detective Pikachu merupakan adaptasi dari video game dengan judul sama yang keluar di tahun 2016. Adaptasi franchise Pokemon ke layar lebar tentunya menciptakan antusiasme tersendiri baik bagi penggemar Pokemon maupun yang bukan. Hal ini tidak lepas dari identitas yang sudah dibangun Pokemon sebagai salah satu franchise terbesar serta ikonik yang sukses tidak hanya di Jepang tetapi internasional. Lalu apakah Pokemon Detective Pikachu berhasil memuaskan ekspektasi penonton?

Harus diakui, tujuan utama para penonton rela meluangkan waktu dan uang untuk menonton film ini tidak lain adalah melihat bagaimana Pokemon direalisasikan dan berinteraksi di dunia nyata. Detective Pikachu berhasil mewujudkan imajinasi serta impian para penggemar Pokemon yang sudah lama ingin melihat keseruan aksi Pokemon di dunia nyata. Berbagai penyesuaian minor yang dilakukan pada desain Pokemon terbukti efektif membuat Pokemon lebih realistis sehingga tidak terlihat aneh ketika muncul di dunia nyata. Dijamin para penggemar franchise Pokemon akan dipuaskan serta terhibur melihat aksi kelucuan Pokemon di film ini.

Pokemon Detective Pikachu bercerita tentang Tim Goodman yang berusaha memecahkan misteri hilangnya Harry Goodman, ayahnya sendiri. Cerita menjadi menarik ketika Tim bertemu dengan Pokemon milik ayahnya seekor Pikachu yang dapat berbicara. Petualangan Tim dan Pikachu dalam melakukan investigasi membentuk keseruan tersendiri yang menjadi fokus di film ini. Apalagi dalam petualangannya mereka mengungkap misteri dan konspirasi yang tidak pernah diungkap sebelumnya. Dari segi cerita bisa dibilang Pokemon Detective Pikachu tidak terlalu kuat dan biasa saja. Tidak ada hal yang membuat plot cerita menjadi menarik atau spesial. Cerita juga terkesan mudah tertebak sehingga penonton rasanya tidak mendapatkan informasi atau kejutan baru. Hal ini sepertinya bisa diwajari mengingat Pokemon sejak dulu memang mengangkat cerita yang ringan dan tidak terlalu serius.

pokemon detective pikachu review indonesia

Pikachu (Warner Bros. Pictures)

Film ini sepertinya kurang tepat bagi penonton yang ingin melihat pertarungan Pokemon seperti di video game maupun anime. Memang ada beberapa adegan aksi dan pertarungan tetapi sesuai dengan judulnya Pokemon Detective Pikachu lebih berfokus pada elemen misteri. Misteri yang dihadirkan pada plot membuat penonton ikut penasaran dan ingin tahu apa yang sebetulnya terjadi pada Harry Goodman. Ada kesan seperti sedang menonton buddy cop movie yang didapatkan penonton ketika melihat dinamika antara Tim dan Pikachu. Sayangnya, petualangan keduanya terasa terlalu gampang karena rahasia diungkap lewat eksposisi yang secara langsung diberikan kepada penonton. Tidak terlalu banyak usaha yang perlu protagonist lakukan sehingga mengurangi tensi yang dirasakan oleh penonton.

Selain elemen misteri yang ditawarkan, penonton juga dihibur lewat berbagai komedi dan adegan lucu di film ini. Salah satu adegan paling menghibur adalah ketika Tim dan Pikachu berusaha mendapatkan informasi dari Mr. Mime. Selain Mr. Mime, Psyduck juga bersinar karena berulang kali berhasil membuat penonton tertawa melalui tingkah lakunya. Aksi Pikachu yang suaranya diisi oleh Ryan Reynolds juga terbukti sukses membuat Pokemon Detective Pikachu menjadi tontonan ringan yang menghibur. Meskipun begitu, komedi di film ini tidak selalu sukses menghibur penonton. Mungkin bagi penonton yang berusia lebih muda akan lebih mudah terhibur tetapi bagi penonton dewasa banyak adegan yang rasanya tidak tepat sasaran dan gagal menghibur.

pokemon detective pikachu review indonesia

Detective Pikachu (Warnes Bros. Picture)

Visual dari film ini patut diapresiasi karena berhasil menggambarkan dunia Pokemon dengan sempurna. Penonton diperlihatkan keindahan Ryme City yang menjadi pusat cerita di film ini. Rasanya penonton ikut dibawa masuk ke dunia yang belum pernah dilihat sebelumnya. Penggunaan berbagai elemen warna juga memperindah setting dunia di film ini. Salah satu contohnya adalah warna lampu neon warna-warni yang menghiasi Ryme City di malam hari. VFX serta CGI yang digunakan juga berhasil membuat Pokemon terlihat hidup dan menyatu dunia nyata.

Jika ada satu hal negatif yang bisa dikritis adalah karakter manusia di film ini. Karakter cenderung dangkal sehingga membuat cerita menjadi kurang bisa dinikmati. Motivasi karakter protagonist Tim Goodman yang diperankan oleh Justice Smith terasa terlalu lemah dan tidak konsisten. Penonton rasanya sulit bersimpati dan suka pada karakter Tim. Karakter Lucy Stevens yang diperankan oleh Kathryn Newton juga terasa palsu dan tidak terasa sebagai manusia yang sebetulnya. Apalagi dari tingkah laku serta dialog yang diucapkan oleh Lucy seakan langsung diambil dari komik atau video game tanpa melakukan penyesuaian untuk film. Kedua kekurangan ini bukanlah salah dari aktor maupun aktris karena mereka terlihat sudah memaksimalkan materi dari karakter yang mereka perankan. Untungnya segala kekurangan yang ada di film ini berhasil ditutupi oleh peforma akting suara dari Ryan Reynolds.

Banyak orang yang merasa skeptis dengan konsep Pikachu yang dapat berbicara. Apalagi setelah mendengar bahwa Ryan Reynolds yang terkenal dari perannya sebagai Deadpool menjadi pengisi suara Pikachu. Namun, Ryan Reynolds terbukti berhasil memerankan Pikachu dan menjadi bintang utama di film ini. Rasanya tanpa kehadirannya, film Detective Pikachu akan menjadi biasa saja dan tidak memberikan dampak yang sama. Sulit sepertinya membayangkan aktor lain membawakan peran Pikachu selain Ryan Reynolds. Peforma akting suaranya yang sangat meyakinkan berhasil memicu tawa di adegan komedi dan membuat penonton tersentuh di adegan lainnya.

Secara garis besar Pokemon Detective Pikachu memberikan harapan baru bagi film adaptasi video game. Pokemon Detective Pikachu berhasil menghibur penonton dari berbagai kalangan usia dari yang muda hingga dewasa. Film ini rasanya akan sangat cocok dan menghibur jika ditonton bersama keluarga terutama yang memiliki anak-anak. Bagi orang dewasa, film ini pastinya akan memberikan nostalgia terutama bagi yang lahir di tahun 90-an. Meskipun ada beberapa poin negatif yang tidak bisa diabaikan, kehadiran Ryan Reynolds yang mengisi suara Pikachu terbukti krusial dan menjadi penyelamat yang menaikkan nilai dari film ini. Pokemon Detective Pikachu sukses membuka lembaran baru dan menjadi pelopor bagi franchise film live-action Pokemon lainnya. Akan sangat menarik menunggu proyek Pokemon lainnya, apalagi baru sedikit materi yang diangkat dari dunia Pokemon dan masih ada segudang materi yang berpotensi sukses diangkat menjadi film live-action.

Click to comment

Leave a Comment

suspiria suspiria

Rekomendasi Film Horror Bertema Sekte

Cultura Lists

ratu ilmu hitam review ratu ilmu hitam review

Ratu Ilmu Hitam Review

Film

love for sale 2 cast love for sale 2 cast

Love for Sale 2 Spoiler Review: Menyoal Masyarakat dan Pernikahan

Film

leverage leverage

Leverage (Rebeoriji: Sagijojakdan) Review

TV

Connect