Connect with us
Andrea Turk: Dancing Away (With You) Single Review

Music

Andrea Turk: Dancing Away (With You) Single Review

Single ballad terbaru Andrea Turk untuk mengobati cinta yang tak terbalas.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Andrea Turk kembali merilis single terbaru bertajuk Dancing Away (With You) pada akhir April 2020 lalu. Lagu ini ditulis dan dikomposisi oleh Andrea sendirian saat sedang menghabiskan waktunya di kamar asrama dengan gitar listriknya.

Penyanyi 19 tahun ini sedang menuntut studi di California Institute of the Art di California, Amerika jurusan musik. Setelah menyelesaikan proses rekaman di Amerika, Andrea mengalami proses mixing dan mastering di Jakarta oleh Satrio Pratomo.

Inspirasi lagu ini diambil dari pengalaman cinta tak terbalas Andrea dan alunan nada yang secara natural terngiang terus dipikirannya. Dancing Away (With You) bukan lagu untuk “merayakan” patah hati dengan tangisan dan sakit hati. Lagu ini memiliki makna bagaimana ketika cinta kita bertahan hanya sebagai fantasi dan mimpi saja sudah cukup untuk membantu kita dalam proses menyembuhkan hati.

Seakan-akan kita sedang menari dengan orang yang kita sayangi dalam angan-angan ketika sedang berada di kamar sendirian. Terpapar secara puitis dalam lirik chorus, ‘one of these days I find myself alone in my room / dancing to navy blue / dancing away with you’. Andrea juga mendeskripsikan sosok yang dicintai dalam syair yang sensual dan elegan, semakin menunjukan kedewasaannya dalam menulis lirik.

‘Cigarettes with red red wine, silhouette of your lips in the night, wondering if you’d stay awhile’

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Cultura Magazine (@culturamagz) on

Konsep lagu ballad yang melankolis ini diimbangi dengan kualitas vokal Andrea Turk yang sudah tak perlu dipertanyakan lagi. Meski secara komposisi lagu ini termasuk minimalis dan sederhana, ada banyak improvisasi dan senandung nada yang terdengar natural dibawakan dengan suara emas Andrea.

Meski hanya diiringi oleh gitar elektrik dengan melodi yang monoton, Andrea telah menemukan komposisi chord yang pas untuk menciptakan alunan nada sederhana yang syahdu dan adiktif. Membuat pendengarnya terhanyut mendengarkan lagu ini sambil memperhatikan liukan vokal yang variatif.

Sebulan sebelum perilisan “Dancing Away (With You)”, Andrea berusaha menghubungi temannya untuk membantunya dalam menciptakan cover art lagu ini. Eva Yi adalah teman Andrea yang menciptakan cover art sederhana namun artistik dari single ini.

Andrea Turk: Dancing Away (With You) Single Review

Andrea Turk

Untuk video klipnya, ia meminta bantuan teman kampusnya, Anya Butler (Meppity). Lagu ini memiliki video klip sederhana dengan konsep looping animation yang memperlihatkan bayang-bayang Andrea yang sedang menari di kamarnya. Desain animasi kamar yang dihadirkan merupakan replikasi dari kamar lama Andrea sebelum ia meninggalkan tanah air untuk kuliah di luar negeri. Andrea juga mengaku memiliki kebiasaan menari sendiri di kamarnya sambil memutar lagu keras-keras.

“Dancing Away (With You)” merupakan proyek single Andrea Turk dengan banyak sentuhan pribadi yang tereksekusi dengan sempurna. Mulai dari penulisan lirik, kesederhanaan aransemen musik, hingga konsep single art yang melibatkan teman dekat dan memori. Kita bisa merasakan betapa dalam Andrea menghargai single terbarunya ini dengan segala kesederhanaannya.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect