Connect with us
Australia Tourism
lizzo grammy 2020
Lizzo | Emma McIntyre/Getty Images

Entertainment

4 Takeways dari Nominasi Grammy Awards 2020

Grammys 2020 akan disiarkan pada 26 Januari mendatang di CBS.

Nominasi Grammy 2020 resmi dirilis. Tak banyak kejutan dari nominasi pilihan juri di Academy untuk tahun ini. Beberapa nama musisi serta artis yang diharapkan untuk mendapatkan nods dari Grammy memang pada akhirnya masuk ke dalam nominasi. Walau pun tentunya, terdapat sederet yang juga cukup mengejutkan – dinilai tak mendapatkan yang seharusnya.

Lizzo, seperti diprediksi mendapatkan 8 nominasi Grammy Awards 2020. Billie Eilish dan Lil Nas X masing-masing menyusul dengan 6 nominasi. Ketiganya mendapatkan nominasi di kategori utama sekaligus; Album of the Year, Best New Artist, dan Record of the Year. Ariana Grande dan H.E.R. masing-masing mendapatkan 5 nominasi untuk tahun ini. Selain nama-nama di atas, yang memang sudah digadang-gadang akan pulang dengan nominasi dari Grammy 2020, ada Lana Del Rey, Vampire Weekend, Bon Iver, dan beberapa lain yang secara mengejutkan mendapatkan bagian dalam daftar.

Lalu selain itu, apa lagi yang bisa didapatkan dari nominasi Grammy 2020? Berikut ini merupakan 4 diantaranya.

Lizzo, nominasi tak sepenuhnya untuk lagu baru

Sepertinya tak akan heran lagi bila Academy memberikan nominasi untuk Lizzo di Grammy 2020. Mengingat rapper sekaligus penyanyi ini bukan hanya memiliki satu single viral. Namun mempertahankan dengan beberapa hits selanjutnya. Mencatatkan namanya di 8 nominasi untuk kategori berbeda, Lizzo pun digadang-gadang akan membawa beberapa trofi diantaranya.

Menariknya, walau pun popularitas sampai influence Lizzo di tahun ini tak terbantahkan, hits terbesar dari penyanyi ini, “Truth Hurts,” bukan merupakan rilisan album terbaru. Sebaliknya merupakan dari beberapa tahun sebelumnya. “Truth Hurts” mencapai puncak popularitas saat digunakan sebagai lagu tema di film original Netflix, Someone Great. Setelah itu lagu ini langsung meledak menjadi viral. Tentunya membuat nama Lizzo pun dikenal luas.

Walau bukan bagian dari album terbaru Lizzo di tahun ini, “Truth Hurts” sepertinya tak akan bisa disangkal lagi untuk membawa pulang trofi Record of the Year. Sedangkan Lizzo bisa saja mendapatkan penghargaan Best New Artist, bila nantinya Academy tak memutuskan Billie Eilish yang memenangkan trofi tersebut.

Indie mulai mendapatkan perhatian

Nominasi Grammy 2020 kali ini mulai menyertakan beberapa nama musisi serta artis indie di dalamnya. Tak hanya Lizzo yang memastikan dirinya melakukan self-promotion, namun juga beberapa artis serta musisi lain. Bon Iver masuk ke dalam nominasi Album of the Year dan Record of the Year tentu menjadi sebuah kejutan tersendiri. Mengingat musisi ini tak datang dari major label. Album ‘i, i’ dari Bon Iver juga mendapatkan nods di kategori Alternative Album.

‘Father of the Bride’ dari Vampire Weekend pun menggenggam nominasi untuk Album of the Year serta Alternative Album. Kejutan lain dari indie scene, ada Big Thief dengan ‘U.F.O.F.’ yang juga masuk ke dalam kategori Alternative Album. Pencapaian besar untuk para musisi indie di Academy tahun ini.

Taylor Swift tak dapatkan nominasi di Album of the Year

Pahitnya hubungan antara Taylor Swift dan Grammy rupanya kembali memuncak tahun ini. Setelah pada 2017 lalu, ‘Reputation’ menjadi album dari Swift yang paling sedikit mendapatkan nominasi di Grammy sejak debut. Kali ini sang diva pun hanya mendapatkan 3 nominasi untuk ‘Lover’. Bahkan album ini tak berada di deretan nominasi di Album of the Year.

Swift mencatatkan namanya di 3 nominasi Grammy pada tahun ini: Song of the Year untuk “Lover,” Best Pop Solo Performance untuk “You Need to Calm Down,” dan Best Pop Vocal Album untuk ‘Lover’. Mengecewakan? Pastinya mengingat ‘Lover’ dipercaya sangat layak untuk masuk ke dalam deretan Big 4 Nominations. Terutama setelah Swift sebelumnya sudah membawa pulang 2 penghargaan di kategori yang sama, dan sampai saat ini masih memegang rekor sebagai pemenang termuda.

Lana Del Rey raih 2 nominasi

Ini merupakan sebuah sisi menarik. Bila 3 nominasi Grammy 2020 untuk Taylor Swift dinilai sebuah kecurangan, maka 2 nominasi untuk Lana Del Rey justru dirayakan besar-besaran. Setelah merilis 5 album sejak debut, untuk pertama kalinya Lana membobol masuk ke nominasi di Big Four categories. Album dan title track ‘Norman Fucking Rockwell!’ meraih nominasi di Album of the Year dan juga Song of the Year. Pencapaian yang luar biasa tentu saja untuk Lana, walau pun kemungkinan membawa trofi di dua kategori tersebut cukup kecil.

Grammys akan disiarkan pada 26 Januari mendatang di CBS. Tak sabar untuk menunggu siapa yang akan menjadi pemenang?

Click to comment

Leave a Comment

martin scorsese the irishman martin scorsese the irishman

Jangan Menonton The Irishman Melalui Smartphone!

Entertainment

BTS Mama awards 2019 BTS Mama awards 2019

Daftar Pemenang Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2019

Entertainment

ami awards 2019 ami awards 2019

Pemenang Anugerah Musik Indonesia 2019 (AMI) Awards

Entertainment

asia artist awards 2019 asia artist awards 2019

Daftar Pemenang Asia Artist Awards 2019

Entertainment

Connect