Connect with us
Senigma
Zirah Band
Photo: Harsodo Widhastomo

Music

Zirah: Kuasa Single Review

Lirik yang relevan tentang keresahan di dunia kerja konservatif.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Zirah adalah band rock asal Jakarta yang baru saja merilis single terbaru mereka “Kuasa”. Sebelumnya Zirah telah merilis tiga single lainnya; “Pusaka Pertiwi”, “Merduka”, dan “Siapa Kamu?”. Setiap lagu yang dibawakan oleh band dengan empat personil wanita ini selalu terinspirasi dari pengalaman pribadi maupun fenomena sosial yang terjadi di sekitar mereka.

Dalam single “Kuasa” giliran sang vokalis, Alyssa Isnan, curhat soal pengalaman kerja di sebuah kantor sebagai staff administrasi. Alyssa kala itu sebetulnya juga tidak punya pengalaman bekerja di dunia administrasi, membuatnya melakukan apa pun yang diminta oleh pimpinan kantornya sekalipun perintah tersebut tidak masuk akal.

Dengan penulisan lirik yang simple, lantang, dan to the point, “Kuasa” bisa menjadi lagu kebangsaan bagi kita yang terjebak dalam situasi serupa. Lagu dikemas dengan aransemen rock n roll dan grunge yang cadas dengan porsi yang cukup tepat. Diawali dengan dentuman drum yang repetitif, kemudian melodi gitar masuk pada bagian hook.

Perpaduan musik dan lirik dalam lagu “Kuasa” menggambarkan perasaan depresi dan sisi diri kita yang ingin memberontak dari pimpinan kerja yang menggunakan kekuasaan mereka dengan tidak bijak.

Dengan sentuhan musik yang masih raw dan idealis, “Kuasa” masih lemah untuk mendukung ketenaran Zirah Band di industri musik Indonesia yang sebetulnya telah terbuka dengan musisi-musisi indie. Sebagai lagu yang menganut konsep rock dan terdengar mengambil referensi warna musik dari Led Zeppelin hingga Black Sabbath, masih ada beberapa unsur instrumen yang harus diperkuat pada musik Zirah.

Lagu kuasa memiliki ide lirik yang sudah relevan dan dibawakan dengan cara “puitis”. Aransemen gitar terutama pada bagian hook juga telah memberikan kekuatan pada single satu ini. Sayangnya, aransemen drum pada lagu ini masih terdengar standar bahkan kurang powerful untuk mendukung dua unsur kuat yang telah disebutkan sebelumnya.

Secara keseluruhan, “Kuasa” telah menambah koleksi single Zirah dengan ciri khas yang semakin mantap dalam menentukan materi lirik. Mungkin masih butuh jam terbang dalam menciptakan aransemen yang kuat untuk konsep musik rock yang powerful untuk mendukung lirik yang berani dan lantang.

Click to comment

Leave a Comment

Billie Eilish: Everything I Wanted Single Review Billie Eilish: Everything I Wanted Single Review

Billie Eilish: Everything I Wanted Single Review

Music

Syaharani and Queenfireworks: Aloha! Album Review Syaharani and Queenfireworks: Aloha! Album Review

Syaharani and Queenfireworks: Aloha! Album Review

Music

Alexandra Savior Alexandra Savior

Alexandra Savior: The Archer Single Review

Music

Rex Orange County: Pony Album Review Rex Orange County: Pony Album Review

Rex Orange County: Pony Album Review

Music

Connect