Connect with us
Your Name Engraved Herein
Netflix

Film

Your Name Engraved Herein: Antara Preferensi Seksualitas dan Kepercayaan

Sutradara Kuang-Hui Liu menambahkan kisah pribadinya dalam film ini.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Taiwan menjadi negara Asia pertama yang melegalkan pernikahan sesama jenis sejak tahun 2019. Namun, sama seperti kebanyakan negara di benua Asia lainnya, preferensi seksualitas masih tabu untuk dibahas. Sutradara Kuang-Hui Liu memutuskan untuk menggarap sebuah film bertema LGBT berjudul “Your Name Engraved Herein” dengan tujuan untuk membagikan pesan toleransi ke berbagai belahan dunia, khususnya Asia.

Chu Yu-ning menulis naskah untuk film ini dengan beberapa selipan kisah realita dari Sutradara Liu. Kisah ini diambil dengan latar belakang tahun 1987. Saat itu Taiwan baru saja lepas dari darurat militer. Kebebasan sudah didepan mata, namun kebebasan tidak dirasakan oleh dua tokoh remaja laki-laki di film ini. Perjuangan untuk jatuh cinta, pencarian jati diri, dan kepercayaan yang bertolak belakang menjadi tema utama dalam Your Name Engraved Herein.

Your Name Engraved Herein Review

Netflix

Bukan Film Roman yang Romantis

Saat pertama kali bertemu dengan Wang Birdy (Jing-hua Tseng), Chang Jia-han (Edward Chen) tahu bahwa Birdy adalah anak yang nyentrik. Jia-han tertarik dengan dunia musik, sedangkan Birdy tertarik dengan dunia perfilman. Keduanya semakin akrab saat mereka memutuskan untuk menggarap film bersama di masa depan.

Jia-han dan Birdy menghabiskan banyak waktu bersama. Mereka banyak melakukan hal-hal kurang ajar khas para remaja. Bagi Jia-han, mereka berdua adalah partner in crime. Kehidupan asrama Jia-han tidak lagi membosankan sejak ia bertemu dengan Birdy. Rasa nyaman yang ia rasakan semakin bertambah, sampai akhirnya ia menyadari perasaannya terhadap Birdy sudah melawati batasan persahabatan.

Jika dibandingkan dengan film romansa lainnya, “Your Name Engraved Herein” tidak menggunakan momen-momen atau kata-kata manis untuk menunjukkan perasaan kedua tokoh utama. Alih-alih penuh dengan adegan romantis, film ini malah sering diselingi dengan adegan perkelahian. Genre coming of age nampaknya lebih cocok untuk mendefinisikan film ini, dibandingkan dengan genre drama romantis.

Your Name Engraved Herein

Netflix

Sutradara Liu Menggambarkan Sulitnya Kehidupan Homoseksual di Tahun 80-an

Sutradara Liu dan Chu Yu-ning banyak menggunakan historical events untuk melengkapi film ini, mulai dari pencabutan darurat militer, hingga meninggalnya presiden Chiang Ching-kuo. Setting tempat didominasi dengan suasana sekolah asrama, namun beberapa kali film menunjukkan kunonya Kota Taipei di tahun 1987.

Homoseksual dan preferensi seks lainnya masih sangat tabu pada saat itu. Adegan kekerasan serta perundungan terhadap para homoseks digambarkan secara explicit dalam film ini. Chang Jia-han semakin takut untuk membuka dirinya pada teman-teman dan orang tuanya, ditambah kepercayaan yang ia imani harus bertolakbelakang dengan preferensi seksualnya. Jia-han ingin jatuh cinta tanpa perasaan bersalah di hadapan society dan juga Tuhan-nya.

Film ini memiliki sinematografi yang apik, contohnya adegan di menit-menit terakhir saat Jia-han menghabiskan waktunya dengan Birdy di sebuah pantai. Suara Crowd Lu menambah rasa pilu pada beberapa adegan tear-jerking dalam film ini. Crowd Lu dipercaya untuk menyanyikan official soundtrack Your Name Engraved Herein. Bahkan, sinematografi dan official soundtrack dari film ini berhasil memenangkan nominasi Best Cinematography dan Best Original Film Song dari Golden Horse Award tahun 2020.

Edward Chen dan Jing-hua Tseng adalah dua aktor muda yang belum banyak memiliki pengalaman di dunia perfilman, namun pengalaman mereka tidak menutupi kemampuan akting luar biasa yang dimiliki oleh kedua aktor ini. Sutradara Liu bahkan memberikan pujian pada kedua aktor ini karena mampu memerankan kedua tokoh utama dengan penuh penjiwaan. Bahkan pada beberapa scene yang sulit, Chen dan Tseng mampu menyelesaikannya dalam satu kali take.

Terdapat sedikit kekurangan dalam film ini, yaitu plot cerita yang terkadang terasa dipercepat dan melompat-lompat. Namun, secara keseluruhan, “Your Name Engraved Herein” merupakan film berkualitas dan penuh dengan nilai-nilai yang diharapkan dapat dipahami oleh banyak orang. Film ini dapat dinikmati di Netflix sejak bulan Desember tahun 2020.

Click to comment
Advertisement
Cultura Live Session
Connect