Connect with us
Senigma

Games

World War Z: Suksesor Game Left 4 Dead?

World War Z berhasil membuat identitasnya sendiri dengan sistem kelas serta mode PvP yang unik bagi para pemainnya.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Masih ingat dengan film World War Z yang dibintangi oleh aktor papan atas Brad Pitt di tahun 2013? Film yang merupakan adaptasi dari novel berjudul sama karangan Max Brooks tersebut berhasil meraih kesuksesan komersil yang luar biasa saat itu. Tahun ini game developer Saber Interactive mengeluarkan sebuah game third person shooter World War Z berdasarkan novel yang sama. Tidak terlalu banyak informasi yang beredar dalam masa pembuatannya tetapi game World War Z sukses menjadi sebuah kejutan manis bagi para gamer di tahun ini. Bahkan banyak yang bilang bahwa World War Z merupakan alternatif bagi Left 4 Dead 3 yang tidak pernah didapatkan oleh para penggemarnya.

Mode utama di Game ini adalah mode campaign PvE dimana pemain ditugaskan untuk menyelesaikan misi pada setiap level dan berusaha bertahan hidup dari serangan para zombie. Pemain dapat menikmati game ini dengan mode offline atau single player dan hanya dibantu dengan bantuan bot. Namun, bermain dengan teman secara online adalah cara yang paling tepat untuk menikmati game ini. Mirip dengan zombie survival legendaris Left 4 Dead, pemain dapat memulai campaign dengan tiga orang teman atau pemain lainnya. Komunikasi dan kerja sama para pemain dibutuhkan agar berhasil menyelesaikan misi dan menyelamatkan diri dari serangan para zombie yang menyerang.

World War Z game

Setting dunia dari game World War Z mengikuti dunia yang sama dengan dunia pada novel dan film. Pemain dapat berpetualang dan menyelesaikan misi di empat belahan negara yaitu Moscow, New York, Jerusalem dan Tokyo. Setiap negara masing-masing memiliki tiga buah level yang harus diselesaikan kecuali Tokyo yang hanya memiliki dua buah level. Berpindah dari satu negara ke negara lain membuat pengalaman bermain menjadi menarik karena pemain dapat menikmati perbedaan signifikan dari setiap tempat.

Ada 16 karakter dengan desain unik yang dapat dipilih dan dimainkan oleh para pemain. Setiap negara memiliki pilihan 4 orang karaker yang masing-masing memiliki dialog serta background karakternya masing-masing. Sayangnya selain cerita serta dialog yang berbeda, tidak ada kelebihan khusus yang membuat perbedaan cara bermain antara satu karakter dengan karakter yang lain. Ada mekanisme lain yang ditawarkan untuk membuat setiap permainan terasa berbeda dengan yang lain yaitu sistem kelas.

World War Z game

Ada 6 kelas yang dapat dipilih sendiri oleh pemain dalam menjalankan misi di World War Z. Setiap kelas memiliki skill dan kelebihan masing-masing serta membawa senjata-senjata uniknya. Keenam class tersebut adalah Gunslinger, Hellraiser, Medic, Fixer, Slasher dan Exterminator.

Gunslinger memiliki spesialisasi berupa penggunaan senjata api dengan kecepatan menembak yang tinggi. Kelas ini merupakan salah satu kelas yang paling mudah untuk digunakan tanpa terlalu banyak mekanisme unik yang ditawarkan. Gunslinger memulai permainan dengan peralatan khusus yaitu sebuah granat yang dapat digunakan.

Hellraiser merupakan kelas dengan spesialisasi pengunaan bahan peledak. Dengan fokus pengunaan bahan peledak, Hellraiser berfungsi sebagai crowd control dalam tim untuk menghancurkan zombie sekaligus dalam jumlah yang banyak. Kelas Hellraiser memiliki peralatan khusus berupa bahan peledak C4 yang dapat digunakan untuk meledakan kumpulan zombie.

Medic adalah kelas yang berfungsi sebagai support dan menyediakan peralatan untuk memulihkan darah. Seperti game survival kebanyakan dibutuhkan kelas support yang dapat membantu tim untuk bertahan hidup dalam durasi yang lama. Medic memiliki peralatan khusus berupa stim pistol.

Fixer adalah kelas yang berfungsi sebagai supplier dalam tim. Keberadaan Fixer menjadi penting disaat terdesak terutama ketika para pemain kehabisan peluru atau amunisi ketika menjalankan misi. Fixer memiliki peralatan khusus berupa supply bag yang dapat digunakan untuk mengisi amunisi para pemain.

Slasher merupakan kelas yang spesialisasinya adalah pertarungan jarak dekat atau melee. Bisa dibilang bermain mengunakan kelas slasher adalah cara bermain yang paling memuaskan, pemain dapat menggunakan pedang atau senjata melee lain untuk menghantam dan menghancurkan gerombolan zombie. Slasher memiliki peralatan khusus berupa stun gun yang dapat menghentikan pergerakan zombie secara sementara.

Exterminator merupakan kelas yang spesialisasinya melawan horde zombie dengan jumlah besar. Keberadaan Exterminator menjadi penting terutama untuk momen-momen intens ketika zombie melakukan swarming. Exterminator memiliki peralatan khusus berupa bom Molotov yang dapat digunakan untuk membakar zombie dalam radius yang cukup besar.

Variasi kelas yang ditawarkan membuat setiap pengalaman bermain menjadi unik dan berbeda. Selain adanya variasi dalam kelas, game ini juga menawarkan variasi zombie spesial yang memiliki kemampuan khususnya masing-masing. Meskipun tidak terlalu banyak, World War Z menawarkan 4 zombie spesial yaitu Screamer, Hazmat, Creeper dan Bull. Screamer memiliki kemampuan spesial untuk memanggil zombie-zombie lain untuk menyerang para pemain. Hazmat akan meninggalkan sebuah racun dalam radius yang cukup besar ketika mati dan dapat melukai pemain seiring berjalannya waktu. Creeper adalah zombie yang akan bersembunyi dan melompat ke arah pemain dan membuat pemain tidak dapat bergerak. Bull adalah zombie besar yang menggunakan armor dan merupakan salah satu zombie paling berbahaya di game ini. Para zombie di dalam game ini bahkan dapat melakukan gerakan memanjat tembok ikonik seperti pada filmnya di tahun 2013.

Dapat dibilang total durasi dari seluruh level di game ini pendek dan tidak terlalu panjang. Namun sama seperti Left 4 Dead, game ini menawarkan sebuah replay value bagi para pemain. World War Z merupakan game yang dapat dinikmati berulang kali tanpa mengurangi keseruan serta fun yang ditawarkan. Pemain dapat mencoba menyelesaikan game ini berulang kali dan melakukan eksperimen menggunakan kelas yang berbeda.

Selain menawarkan pengalaman PvE yang menarik, World War Z juga memiliki mode PvP yang dapat dinikmati para pemain. Tidak tanggung-tanggung ada lima mode PvP yang dapat dinikmati oleh pemain untuk bersaing dengan para pemain lainnya. Kelima mode tersebut adalah Swarm Domination, King of The Hill, Swarm Deathmatch, Scavenge Raid, dan Vaccine Hunt. Kelima mode PvP membawa keunikan gameplay masing-masing dan menciptakan pengalaman bermain yang asik.

World War Z dapat dimainkan melalui PS4, XBOX One, serta melalui PC. Sayangnya, untuk para pemain PC game World War Z merupakan game eksklusif yang hanya dapat dibeli melalui Epic Game Store dan tidak bisa dibeli melalui Steam. World War Z sukses menjadi kejutan dan memberikan nostalgia dengan mode co–op campaign yang serupa dengan Left 4 Dead. Tidak hanya menjadi sebuah imitasi dari Left 4 Dead saja, World War Z juga berhasil membuat identitasnya sendiri dengan sistem kelas serta mode PvP yang unik bagi para pemainnya. Bagi para penggemar game, film zombie, atau penggemar Left 4 Dead game ini adalah game yang wajib dimainkan.

Click to comment

Leave a Comment

Gamescom 2019 Gamescom 2019

Delegasi Indonesia Mendapat Perhatian Developer Besar di Gamescom 2019

Games

stranger things 3 the game review stranger things 3 the game review

Stranger Things 3: The Game Review

Games

Nintendo Switch Lite review Nintendo Switch Lite review

Nintendo Switch Lite Console Handheld Terbaru dari Nintendo

Games

auto battler game auto battler game

Auto Battler, Genre Game Terbaru dan Paling Populer Tahun 2019

Games

Connect