Connect with us
George Harrison and his musical mentor Ravi Shankar in 1967AP
George Harrison and his musical mentor Ravi Shankar in 1967 (Photo: AP)

Music

Wonderwall Music: Album Perdana George Harrison Dan Kecintaannya Pada India

Tak hanya Lennon, McCartney & Ringgo Star, George Harrison pun nyatanya memiliki ciri khas dalam album perdananya Wonderwall Music.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Hubungan romantis antara George Harrison dan musik India mungkin salah satu kisah sejati musisi yang akan selalu dikenang oleh para penggemar. George Harrison yang merupakan pemain gitar dari grup musik kenamaan asal Livepool, The Beatles, adalah pencinta sejati musik-musik berbau etnik khususnya musik India.

Harrison sendiri pernah mengungkapkan pada beberapa majalah musik ternama bahwa musik-musik etnik, khususnya musik India, sudah terlalu merasuk dalam jiwanya sehingga ia dengan senang hati berbagi dan memperkenalkan keunikan musik tersebut sepanjang hidupnya. Salah satu usaha Ia untuk memperkenalkan musik etnik ke dunia luar adalah dengan merilis album Wonderwall Music pada tahun 1968.

Wonderwall Music merupakan album studio debut dari sang musisi. Album yang direkam di London dan Mumbai ini berisikan lagu-lagu tema dari film yang disutradarai oleh Joe Massot berjudul Wonderwall di tahun yang sama. Keseluruhan isi dari album ini merupakan lagu-lagu instrumental dengan suasana ketimuran yang sangat kental dan beberapa lagu memang diisi oleh sedikit suara-suara vokal yang berbahasa non Inggris. Album ini akan membawa para pendengarnya untuk menyelami dan menikmati bunyi-bunyi instrumen-instrumen musik dari India semacam sitar, tambura, swarmandal, dilruba, sarod, santur, dan tabla.

Wonderwall Music: George Harrison, Album Perdana, dan Kecintaan pada India

Wonderwall Music

22 lagu yang terdapat dalam album ini dirasa memiliki keunikannya masing-masing. Meskipun mayoritas lagu di album ini mempunyai cita rasa India yang kental, beberapa lagu juga memiliki kedekatan bunyi dengan musik negara maupun aliran musik lain seperti atmosfir musik Tiongkok di lagu “Red Lady Too”, musik pop di lagu “Party Seacombe” dan “Wonderwall To Be Here”, serta musik country di lagu “Cowboy Music”. Dengan hadirnya beberapa gaya musik lain di album ini menunjukan pengetahuan musik yang di atas rata-rata dari sang musisi selain juga memperkaya isi dari album.

Oleh karena itu, sebagai salah satu album yang menjadi pionir penggabungan musik global, album ini bisa dikatakan sebagai mahakarya sang gitaris terhadap dunia musik. Banyak musisi-musisi yang sangat terinspirasi dengan komposisi musik yang terdapat dalam album ini. Salah satu contoh grup musik yang memiliki keidentikan dengan gaya bermusik George Harrison di album ini adalah Kula Shaker.

Kula Shaker memainkan aliran musik “raga rock” memiliki perpaduan dari bunyi yang dihasilkan alat musik umum seperti gitar listrik, drum, bass, dan keyboard bersama dengan instrumen-instrumen musik dari India semacam sitar, tambura, swarmandal, dilruba, sarod, santur, dan tabla yang kurang lebih mirip dengan apa yang George perkenalkan di album ini.

Beragam pujian dari pelbagai majalah maupun musisi dunia tertuju pada album unik ini. Kebanyakan memang berisikan apresiasi dari keberanian George Harrison yang menjadi figur penting dan terdepan dalam memperkenalkan musik timur ke pendengar negara-negara barat. Selain itu, ada juga yang memang memuji kejeniusan sang musisi dalam memadukan musik India dengan musik pop dan rock dan meramunya menjadi sebuah karya yang luar biasa.

Untuk yang senang mendengarkan musik instrumental atau pun musik yang berbau-bau etnik, tidak ada salahnya mencoba mendengarkan album ini. Penulis merekomendasikan album ini untuk dinikmati disaat suasana yang memang sedang butuh fokus dan ketenangan ditemani oleh secangkir teh atau kopi.

Click to comment

Leave a Comment

anak garuda cokelat anak garuda cokelat

Anak Garuda, Single Terbaru Cokelat

Entertainment

kpop kpop

Kpop Tracks of The Month

Cultura Lists

ed sheeran ed sheeran

Ed Sheeran: No.6 Collaborations Project Album Review

Music

HAIM Summer Girl HAIM Summer Girl

Track of The Week: Katy Perry, Ariana Grande, HAIM

Cultura Lists

Connect