Connect with us
why 70

Music

WHY 70: Candle Single Review

Debut unit electro pop terbaru, WHY 70 dengan single “Candle”.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Band berformasi trio asla Bengkulu, WHY 70 merilis single perdananya yang bertajuk “Candle”. WHY 70 memeluk genre indie electronic, synth pop, dan electro pop, hendak memperdengarkan materi musik yang modern dan fresh di telinga penikmat musik Indonesia.

“Candle” merupakan lagu yang ditulis oleh Iyam, vokalis dan gitaris WHY 07. Menceritakan tentang hilangnya kesadaran dan kewarasan seseorang diiringi perumpamaan cinta. Namun, dibalik nuansa musik yang cukup up-beat ini, Iyam menyatakan tidak tahu arti dan makna lagu yang Ia tulis tersebut.

“Kata-kata di lagu ‘Candle’ ini keluar begitu saja tanpa ada perasaan dan kejadian nyata, saya sendiri pun ga tau kenapa sampai nulis lirik seperti itu”, ungkap Iyam pada press resmi. Iyam juga mengaku bahwa ada kejadian mistis yang terjadi dalam proses produksi lagu “Candle” yang tidak bisa diceritakan olehnya. Jika ditelaah lebih dalam, lirik lagu “Candle” ini memang terkesan horror.

Untuk audionya, lagu ini diproduksi oleh WHY 70 dan Marina Arbi sebagai female voice. Proses perekaman dilakukan di WHY home recording dan Lister Studio. Kemudian di-mixing dan mastering oleh Iyam dan Dedi Santoso sebagai engineer.

“Candle” memiliki aransemen musik yang langsung mempresentasikan genre electro-pop. Begitu memasuki verse pertama, terdengar syair lagu yang dibawakan dengan kunci minor dan warna vokal Iyam yang breathy. Instrumen drum dan bass dalam komposisi lagu ini sangat dominan, memberikan sentuhan trip hop dan new wave pada keseluruhan komposisi.

Meski ada perubahan pola pada aransemen instrumen pada bagian tertentu, “Candle” terasa kurang powerfull dengan tempo yang terasa sedikit loyo dan monoton. Padahal secara keseluruhan komposisi “Candle” bisa dibilang bagus dalam berbagai unsur. Mulai dari vocal directing, kemudian berhasil menonjolkan instrumen utama yang dimainkan oleh tiap member WHY 70.

WHY 70 telah dibentuk sejak 2020 oleh Iyam yang pernah merilis solo EP bergenre dream pop. Andhika Triananda pada drum dan Yolanda Meidiantara pada bass bergabung yang kemudian membentuk unit trio electro pop ini. Dengan presentasi band electro pop sudah terdengar melalui single “Candle”, kita nantikan saja karya selanjutnya dari WHY 70 kedepannya.

Click to comment
Advertisement
Cultura Live Session
Connect