Connect with us
Wendy Red Velvet
Photo via Soompi

Music

Wendy: Like Water EP Album Review

Eksplorasi kualitas vokal Wendy yang maksimal dengan materi lagu pop ballad.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Wendy Red Velvet akhirnya merilis mini album solonya yang bertajuk “Like Water” pada 5 April 2021. SM Entertaiment telah mengumumkan debut solo main vocal Red Velvet ini sejak Maret lalu. Tak tanggung-tanggung, penggemar dimanjakan dengan EP berisi lima track terbaru termasuk single utama, ‘Like Water’. Wendy juga bekolaborasi dengan rekan satu grupnya, Seulgi dalam lagu ‘Best Friend’.

Setelah mengeksplorasi konsep seksi dan edgy dari sub-unit IRENE & SEULGI, kali ini SM Entertainment hendak menunjukan kualitas vokal Wendy sebagai main vokal dari group Red Velvet. Meski kehebatannya dalam bernyanyi telah terbukti saat sedang bersama group-nya, Wendy kerap terdengar membawakan lagu-lagu K-pop yang quirky, catchy, dan up beat. Lebih didominasi dengan permainan aransemen lagu sebagai hook dengan lirik-lirik yang tidak terlalu menonjolkan teknik vokal maksimal, hanya sekedar enak didengar di telinga.

Melalui EP “Like Water” penggemar sekaligus Wendy sebagai penyanyi akan memasuki pengalaman musikalitas baru yang menyenangkan bagi dua belah pihak. ‘Like Water’ dipilih sebagai promotional single dengan genre pop ballad, kembali ke aransemen musik dengan instrumen-instrumen analog tanpa mixing effect yang terlalu tebal. Konsep komposisi ini juga akan kita dengarkan pada semua track dalam EP ini.

‘Like Water’ dibuka dengan petikan gitar dan sedikit sentuhan synth, memperdengarkan warna musik pop folk. Komposisi gitar yang diperdengarkan dari awal menjadi dasar dari komposisi, kemudian diberikan berbagai layer pada setiap verse. Memasuki verse kedua, dimasukan instrumen string yang akhirnya terus terdengar hingga akhir lagu untuk meningkatkan mood dan emosi dari lagu ‘Like Water’.

Selain memiliki aransemen yang paling balance antara ballad dan pop folk yang bright, ada pesan dan syukur yang disampaikan melalui lirik lagu ‘Like Water’, yaitu ungkapan terima kasih Wendy pada orang-orang yang selama ini mencintai dan selalu mendukungnya.

‘When This Rain Stops’ menjadi track ballad akustik yang didominasi dengan instrumen piano saja. Komposisi piano yang dihadirkan terdengar cukup standar pada awal lagu, kemudian secara bertahap semakin diakselerasi dengan note yang semakin teknikal dan padat. Perpadu sempurna membentuk harmoni dengan kualitas Wendy yang memukau. Ada dinamika nada, pergantian kunci yang smooth, hingga nada-nada tinggi yang membuat pendengar merinding karena terpesona.

‘Why Can’t You Love Me?’ menjadi track paling nge-pop dan playful dalam tracklist. Masih tetap terdengar cukup santai dan lembut, nuansa bubblegum pop cukup terasa dalam track satu ini. Instrumen gitar masih menjadi dasar dari komposisi musik, namun memiliki layer lebih banyak dibandingkan dengan track-track lainnya.

Kita kembali mendengar lagu ballad pada track ‘The Road’ yang pola dan vibenya cukup serupa dengan lagu ‘Like Water’, namun lebih terdengar otentik sebagai lagu ballad Korea yang lebih banyak aplikasi string instrumen, dan ketukan drum yang meningkatkan emosi.

Wendy Red Velvet

“Like Water” ditutup dengan track ‘Best Friend’ berkolaborasi dengan Seulgi. Kembali memperdengarkan komposisi dominan piano akustik yang lembut. Kemudian disambut dengan ketukan drum, dan double bass, memberikan warna musik swing yang melankolis sekaligus menghangatkan, cocok mengiringi lagu tentang persahabatan yang manis.

Sejak awal tahun 2021, SM Entertainment cukup banyak merilis proyek musik bertema ballad yang bisa dibilang cukup monoton dan membosankan. “Like Water” terasa lebih fresh dan menggugah karena kualitas dari Wendy sendiri sebagai penyanyi solo yang belum pernah kita lihat sebelumnya secara utuh.

Sebetulnya kebanyakan aransemen musik pop ballad yang mengisi EP ini sudah bukan materi baru, bahkan sangat familiar dan terasa klasik. Wendy berhasil memberikan “nyawa” pada setiap lagu yang diciptakan untuknya. Semua track mengandung vocal directing yang jelas hendak menonjolkan range dan teknik vokal professional dari Wendy.

Bagaikan air yang jernih dan mengalir tenang, “Like Water” berhasil memenuhi ekspektasi konsep pop ballad yang sempurna dari Wendy, salah satu penyanyi terbaik yang dimiliki oleh SM Entertainment.

Click to comment

Demi Lovato Demi Lovato

Demi Lovato: Dancing with the Devil… The Art of Starting Over

Music

Blxst Blxst

BLXST feat. Ty Dolla $ign & Tyga: Chosen Single Review

Music

Kang Daniel Kang Daniel

Kang Daniel: Antidote Single Review

Music

Dave Grohl, Mick Jagger Dave Grohl, Mick Jagger

Mick Jagger with Dave Grohl: Eazy Sleazy Single Review

Music

Advertisement
Cultura Live Session
Connect