Connect with us
Watch Dogs Review
Ubisoft

Games

Watch Dogs Review

Cerita yang terasa datar menjadikannya kurang appealing.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Game dengan konsep open world sudah banyak bermunculan, terutama setelah kehadiran seri Grand Theft Auto yang populer di masa kini. Game tersebut memiliki ragam elemen yang membuat pemain tidak bosan.

Sebagian besar game yang mengusung genre tersebut umumnya berpaku pada ragam aksi layaknya film Hollywood. Akan tetapi, masih sedikit yang mengkombinasikan elemen aksi dan hacking dengan teknologi canggih. Salah satu di antaranya adalah game Watch Dogs.

Watch Dogs merupakan salah satu judul game triple-A dari Ubisoft yang dirilis pada 27 Mei 2014. Game yang sudah berumur lebih dari lima tahun ini hadir untuk ragam platform, yakni PC, PlayStation 3, PlayStation 4, Xbox 360, Xbox One, serta Nintendo Wii U.

Watch Dogs Review

Ubisoft

Watch Dogs menggabungkan elemen eksplorasi open world dengan hacking pada berbagai perangkat teknologi yang dihadirkan di dalamnya. Game ini mengisahkan tentang Aiden Pearce, pria paruh baya yang baru saja kehilangan keponakannya karena ditembak oleh orang tak dikenal. Untuk membalas dendam, ia berusaha mencari dalang di balik semua itu dengan bantuan kelompok hacker DedSec.

Seperti kebanyakan game bertema open world action adventure, Watch Dogs tampak meniru seri Grand Theft Auto dari segi penceritaannya. Aiden Pearce, sang karakter utama dalam game ini memiliki motif balas dendam sebagai penggerak cerita.

Cerita dalam Watch Dogs berjalan secara linear, dengan sedikit flashback yang memberikan insight lebih terkait plot. Secara keseluruhan, kisah yang ingin ditampilkan memiliki potensi, akan tetapi eksekusi penceritaannya yang terasa datar menjadikan game ini terasa kurang menggugah untuk diikuti alurnya.

Penceritaan Watch Dogs yang kurang menggugah juga berdampak pula pada karakter Aiden Pearce. Karakter utama yang pemain kendalikan digambarkan sangat straightforward dengan tujuannya. Alih-alih memiliki pengembangan karakter yang menarik, Aiden hingga akhir digambarkan tetap sama, membuat karakternya tidak terlalu berkesan.

Watch Dogs

Konsep Open World yang Penuh Distraksi

Watch Dogs berlatar di Chicago yang dimodifikasi. Representasi dunianya terasa luas dan pemain bisa menyusuri setiap daerahnya, bahkan sejak awal memainkan game ini tanpa harus menjalani beberapa misi utama.

Seperti game open world pada umumnya, pemain disuguhi berbagai macam transportasi untuk menjelajahi dunia dalam Watch Dogs. Mengendarai berbagai jenis kendaraan memberikan kesan realistis yang memiliki pengaruh unik dalam berkendara, sehingga menuntut pemain untuk memahami teknik berkendara pada masing-masing kendaraan. Akan tetapi, pemain tidak akan bisa mengendarai kendaraan berbasis udara, moda transportasi hanya terbatas pada darat dan air.

Selain menjalankan misi terkait cerita, pemain dapat melakukan berbagai macam hal, seperti berbagai side mission, melakukan bermacam-macam mini game, hingga mencari puzzle dengan balutan teknologi yang tricky. Berbagai elemen tersebut muncul untuk memberikan warna lebih dalam Watch Dogs dan cukup berhasil dalam eksekusinya, terutama ketika hal tersebut memberikan reward yang berpengaruh dalam gameplay secara keseluruhan.

Walau begitu, kehadiran side mission tersebut seringkali muncul melalui notifikasi di samping layar ketika pemain sedang bereksplorasi. Bahkan hadirnya pemberitahuan side mission ini bisa menjadi distraksi kala bermain, walau hal tersebut tidak muncul ketika sedang misi. Ini akan terasa sangat menyebalkan bagi beberapa pemain, terutama mereka yang ingin memahami jalan cerita dalam Watch Dogs.

Watch Dogs

Watch Dogs (PC)

Hacking Super Simpel

Hacking merupakan elemen utama dalam gameplay Watch Dogs. Hal ini juga penting, karena berpengaruh pula dalam jalan cerita yang dilalui pemain kala mengendalikan Aiden Pearce. Elemen ini dapat dieksekusi dengan hanya bermodalkan satu tombol seakan membuat pemain punya kendali penuh atas dunianya melalui cara yang menyenangkan .

Hacking berfungsi sebagai alat yang membantu pemain dalam melalui setiap obstacle. Pemain dapat melakukan hack pada hampir setiap perangkat elektronik, mulai dari ponsel, lampu lalu lintas, hingga jembatan. Ini juga dapat melegakan ruang gerak pemain, terutama ketika sedang terhimpit situasi sulit seperti dikejar puluhan polisi.

Grafis yang Masih Bagus Walau Sudah Cukup Berumur

Sebagai game open world, segi teknis adalah hal penting yang harus diperhatikan. Kala perilisannya, aspek inilah yang kerap dicerca, baik oleh para kritikus maupun gamer. Salah satunya yang paling sering dikritik adalah grafisnya. Pada promosinya, Watch Dogs tampil dengan grafis yang menawan ketika demo. Akan tetapi, aspek ini di-downgrade sehingga mengurangi keindahan visualnya.

Walau di-downgrade, grafisnya sendiri masih cukup terlihat memuaskan. Efek grafis yang diusung Watch Dogs tetap memberikan kesan realistis, terutama ketika pemain sedang mengeksplorasi Chicago.

Watch Dogs adalah game open world yang revolusioner dengan unsur hacking dan dunia yang penuh event serta disuguhi grafis yang bagus. Akan tetapi, cerita dan karakternya yang kurang berkesan membuat game ini minim appealing, terutama bagi yang menyukai genre seperti game ini.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect