Connect with us
Australia Tourism
UNI Bali
All photos by Dicky Bisinglasi

Food & Drink

Uni Restaurant + Bar Bali

Memadukan inspirasi hidangan Asia dan kontemporer dengan banyak sentuhan Bistro Prancis.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Satu lagi rekomendasi pilihan fine dining di Bali, Uni Restaurant and Bar namanya. Restaurant yang bertempat di jalan Pantai Berawa No. 99, Canggu, Bali ini dibuka awal Oktober lalu. Uni Restaurant & Bar mendeskripsikan dirinya sebagai “casual fine diner” berkapasitas 70 kursi.

Pertama kali melewati pintu masuk kita akan merasakan suasana hangat sorot lampu kekuning-kuningan yang cukup kuat. Dekorasi tanaman rambat yang menjuntai dari atap hingga aksen dapur terbuka di tengah ruangan menjadi pusat perhatian dimana kita dapat melihat live cooking. Interior dan furniture berbahan dominan kayu berjajar rapih menambah kuat kesan geometris dan mewah. Tema restaurant ini adalah kolaborasi seni dan design Steven dan Design Assembly. Salah satu dekorasi dindingnya merupakan karya seniman Prancis Yaz dan koleksinya Fair Le Off.

Uni Restaurant Bali

Steve & Nico

Chef Steven “Steve” Skelly dan Master Mixologist Nicolas “Nico” Lento adalah dua motor pelopor Uni Restaurant and Bar ini. Sebagai bagian dari group Mexicola yakni Luigi’s, Da Maria dan Mexicola sendiri, Steve dan Nico adalah bagian tak terpisahkan. Di Uni, Chef Steve memadukan inspirasi hidangan Asia dan kontemporer dengan banyak sentuhan Bistro Prancis. Menu-menu ini merupakan perpaduan citarasa Jepang dan hidangan-hidangan modern yang “canggih” mengimbangi karya-karya eksperimental Nico dengan minumannya yang tak kalah unik.

Uni Bali

Uni Restaurant + Bar Bali

Steve menjelaskan; “Seafood dan sayuran yang berbahan lokal disajikan dengan pengaruh Jepang dan Prancis dalam gaya modern.” Dia mengaku tidak main-main dengan memadukan kombinasi rumit dan “gila” dalam menu-menunya. Lebih lanjut dia menjabarkan bahwa Uni adalah tempat para pengunjung dapat makan beberapa kali dalam seminggu, bukan hanya acara-acara khusus saja.

Uni menyajikan dua menu berbeda akan tersedia, dengan pilihan a la Carte dan pilihan citarasa Asia. Kami berkesempatan mencicipi makanan ringan Tuna Tartare Cone dengan dua pilihan Tuna atau Hanamachi (Rp 35,000). Bentuknya bak cone ice cream, kecil namun citarasa tuna segarnya sangat kuat. Menu ini disajikan dalam sebuah tatakan logam yang membuat tampilannya cukup unik, mewah! Tuna Tartare Cone dipadu-padankan dengan wine Vino n8 2014 Riserva Frizzante Pinot Noir + Chardonnay.

Menu pembuka pertama adalah Snapper Carpaccio dengan Fern (pakis-pakisan), Shallot dan kemangi (Rp 85,000) yang disajikan dalam piring datar dan minyak adas (dill oil). Menu ini dipasangkan dengan perpaduan minuman Vodka, Sweet Vermouth, Calamansi preserve dan Verbena yang menggugaj selera.

Kami melanjutkan ke Lasagna Kepiting dengan rempah lembut dan emulsi jahe (Rp 110,000) yang lebih “ke Jepang-Jepangan”. Menu ini terasa sangat lembut dan lumer di lidah dengan perpaduan citarasa kepiting, jahe dan rempah hangatnya yang terpadu dengan pairing Molly Docker Verdelho tahun 2016.

Barramundi Calamari

Barramundi Calamari

Menu utama kami memilih ikan Barramundi, Calamari, Mushroom dan Bone Sauce (Rp 160,000). Hidangan satu ini terasa sangat sesuai sebagai menu utama karena cita rasa kulit ikannya yang gurih dan crispy melengkapi citarasa sebelumnya. Pair dari menu ini adalah Desciendes de j Palacios Petalos Mencia 2016 membuat lidah terasa cukup pekat.

Sampailah kami pada menu pencuci mulut kombinasi Passion Fruit (Markisa) Souffle, Chantilly Cream dan Passion Fruit Sauce (Rp 70,000), rasa asamnya terasa menyegarkan mulut dan menetralisir rasa-rasa makanan sebelumnya yang membuat cita rasanya lengkap. Menu ini pairing dengan Raw Acacia Honey Mead yang rasa dan aromanya menyerupai minuman cokelat.

UNI Restaurant Bali

Menu-menu di Uni Restaurant and Bar dipasangkan (pairing) dengan daftar minuman eksperimental yang akan mencakup sederetan sake, low proof cocktails, teh dan wine tradisional. Nico menjelaskan bahwa wine disajikan se-minimum mungkin, namun diganti dengan minuman-minuman eksperimental karyanya. Pairing-nya akan termasuk cocktail, teh, wine alami, dan sake yang menyesuaikan citarasa menu makanannya. Meskipun begitu, wine tetap menjadi salah satu pilihannya. “Wine dipasok dari seluruh dunia, termasuk eksperimental dari Lucy Margaux, Wine klasik seperti Bollinger La Grande Année. Cocktail-cocktail kreatif juga akan banyak pilihan, termasuk ramuan gin yang dicampur dengan lemon, peach, air mawar dan kelapa aromatik, dan campuran Sherry Campari, Sherry, jus stroberi dan jus acar” imbuh Nico.

Uni Restaurant and Bar rasanya pantas masuk daftar yang harus dikunjungi akhir 2019 ini. Uni buka 7 hari seminggu mulai pukul 18:00 hingga tengah malam.

Uni Restaurant + Bar
Jl. Pantai Berawa No. 99

Open Daily from 6.00PM – 12.00AM

Food & Drink 9/10
Atmosphere 8/10
Service 7/10

Click to comment

Leave a Comment

Belajar Mencintai Alam dari Masyarakat Adat

Culture

Heart Reef Pontoon Australia Heart Reef Pontoon Australia

Travel Guide: Itinerary to Australia 2020

Travel

black friday black friday

Pro Kontra Black Friday Dari Masa Ke Masa

Lifestyle

Death Doula Death Doula

Death Doula Sebagai Teman Menjelang Kematian

Lifestyle

Connect