Connect with us
Uncut Gems Review
A24

Film

Uncut Gems Review: Adam Sandler Menggila Tanpa Ampun

Adam Sandler menunjukkan sisi egoisnya sebagai penggila judi di tengah kota New York.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Jika mendengar nama Adam Sandler, mungkin kita langsung terbayang seorang aktor yang sering tampil di film komedi dengan performa konyolnya. Selama puluhan tahun di industri perfilman, Adam Sandler telah menguasai dunia komedi dan berhasil membuat begitu banyak penontonnya tergelak tawa. Akan tetapi, kali ini Adam Sandler menawarkan sisi lain dirinya dalam film bergenre crime drama garapan Josh dan Benny Safdie.

Berkisah tentang seorang penjual perhiasan yang sangat karismatik, diperankan oleh Adam Sandler dengan aksen khas orang Yahudi Amerika di Kota New York. Karakter bernama Howard Ratner ini memiliki “bisnis” sampingan selain menjual perhiasan. Ia terobsesi dengan perjudian pertandingan basket yang membuatnya gali lubang tutup lubang dengan cara menggadaikan perhiasan berharga yang ia temui. Akan tetapi, usahanya untuk menang banyak kali ini tidak berjalan lancar sesuai perkiraannya.

Uncut Gems Review

A24

Jika menyukai film berbau gangster dengan adegan tembak-tembakan, pukul-pukulan, film ini mungkin cocok. Namun Uncut Gems (2019) menawarkan lebih dari itu. Film ini memberikan alur kisah yang padat dalam dunia perjudian sambil secara implisit menunjukkan bahwa ini adalah keadaan berbisnis dalam dunia kapital yang serakah.

(Warning: mild spoilers)

Sejak awal film diputar, layar dan speaker akan langsung dipenuhi oleh berbagai macam warna dan suara dialog banyak orang. Safdie bersaudara memang terkenal akan teknik-teknik mereka yang inventif. Seperti dalam Uncut Gems, mereka memberikan arahan sinematografi yang sangat melelahkan karena hampir tidak ada adegan dimana penonton dapat menarik napas.

Film yang sebagian besar mengikuti karakter utamanya ini akan selalu mengikuti pergerakan sang karakter mulai dari berlari, dipukul, menelepon, menggadaikan barang, menuju pertemuan penting, dan banyak hal lainnya.

Semua adegan dengan pergerakan banyak tersebut nampaknya tidak cukup untuk Safdie bersaudara karena dialog yang muncul juga tidak ada hentinya. Dalam satu adegan, bisa ada lima orang yang berbicara sekaligus dengan tingkat volume yang sama sehingga hampir sulit untuk mengikuti pembicaraannya.

Uncut Gems Review

A24

Akan tetapi, itulah kehidupan seorang lelaki yang memutuskan untuk menyelam ke dalam kehidupan penuh resiko. Mungkin jika orang tersebut setidaknya cukup pintar dan kuat untuk menjalani kehidupan seperti itu, semua akan berjalan lancar saja. Namun karakter yang diperankan oleh Adam Sandler ini sangat jauh dari kata kuat dan pintar.

Dia membuat keputusan seenak jidatnya, melupakan janji-janji bisnis yang sudah ia buat, dan kabur dari masalah yang mengejarnya. Bahkan dengan segala faktor itu, ia masih ingin mendapatkan uang yang lebih banyak, dengan resiko yang lebih tinggi.

Safdie bersaudara juga sepertinya memang suka memperkeruh keadaan karakter utamanya. Mereka tidak ingin membuat Howard menjadi protagonis tradisional yang memiliki niat baik ataupun titik terang dari masalahnya. Mereka hanya ingin memberikan kisah tentang naik turun kehidupan, hanya saja lebih berfokus pada bagian turunnya.

Uncut Gems Review

A24

Meski begitu, Safdie bersaudara sepertinya tidak meminta penonton untuk mencap Howard sebagai orang yang buruk. Hanya saja, sesuai dengan latar tahun 2012, keadaan ekonomi memang seperti itu. Tidak ada transaksi yang berjalan dengan pasti, semakin lama semua transaksi semakin menjadi seperti perjudian, dan Howard hanya berada di dalam arusnya.

Para sutradara sekaligus penulis Uncut Gems juga tidak tanggung-tanggung membuat kisah ini menjadi dark comedy. Dengan menyorot kelas atas dalam dunia kapitalis yang masih serakah, mereka memutuskan untuk membuat karakternya menjadi seorang Yahudi. Sangat memenuhi stereotip bahwa orang Yahudi di Amerika biasanya adalah pemilik kekayaan.

Dalam film ini, Adam Sandler bersinar tidak seperti biasanya. Jika dalam film komedi biasanya ia akan melakukan kesalahan dan penonton tertawa, dalam Uncut Gems ia akan melakukan kesalahan dan penonton akan merasa lelah. Seakan ingin mengatakan kepada karakternya untuk berhenti menjadi orang bodoh dan mulai berpikir secara logis dan tidak serakah.

Adam Sandler melampaui dirinya dengan memerankan seorang karakter egois, impulsif, dan pembohong akut. Selama itu juga, ketika penonton merasa tertekan akan betapa bodohnya sang karakter, Adam Sandler tetap memerankannya dengan penuh keyakinan bahwa pilihannya tepat dan dia adalah manusia paling pintar sedunia.

Pada akhirnya, keserakahan milik mereka yang berada di dalam dunia kapitalis hanya akan membawa kerugian. Bukan hanya untuk diri sendiri, namun juga untuk orang-orang di sekitarnya. Uncut Gems dapat disaksikan di Netflix.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect