Connect with us
The Two Popes Review
Netflix

Film

The Two Popes Review: Paus Agung Juga Manusia

Melihat sisi manusiawi dari seorang pemimpin agama Katolik.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

“The Two Popes” merupakan Netflix Original Movie terbaru yang sudah bisa di-streaming mulai 20 Desember 2019. Disutradarai oleh Fernando Meirelles dan ditulis oleh Anthony McCarten berdasarkan kisah nyata dari persahabatan antara Paus Benediktus dan Kardinal Jorge Bergoglio yang sekarang kita kenal sebagai Paus Francis.

Ketika Paus Yohanes II meninggal pada tahun 2005, seluruh kardinal dari seluruh penjuru di dunia dipanggil ke Vatikan untuk pemilihan Paus Agung baru. Ketika semua kardinal menjagokan Jorge Bergoglio dari Argentina, Joseph Ratzinger dari Jerman ‘lah yang terpilih sebagai pemimpin agama Katolik yang baru.

Memasuki tahun 2012, skandal besar membuat gereja katolik dan Vatikan mengalami krisis kepercayaan dari para umat dan masyarakat dunia. Hal ini juga memposisikan Paus Benediktus dalam posisi yang buruk. Sementara di Argentina, Jorge sedang mempersiapkan surat pengunduran dirinya dalam pelayanan terhadap gereja Katolik. Namun, Tuhan tampaknya memiliki rencana lain untuk kedua pemimpinan agama ini.

Bukan Film Tentang Agama, Melainkan Tentang Seorang Pemimpin Agama yang Juga Manusia

Pemimpin agama biasanya dilihat sebagai sosok yang agung dan suci tanpa dosa. Kita terkadang lupa kalau mereka juga manusia biasa dengan segala kelemahan dan gejolak pribadi. “The Two Popes” bukan film yang mengupas prinsip maupun hukum-hukum agama Katolik, melainkan sisi manusiawi dari seorang Paus Agung.

Seperti halnya film-film biografi lainnya tentang pemimpin negara maupun ilmuwan yang berinovasi, film ini bercerita tentang dua orang pemimpin agama yang menghadapi kesalahan dan keraguan mereka dalam beragama.

The Two Popes Review

Netflix

Ketika kita berpikir mereka adalah orang-orang spesial dengan “akses” lancar berbicara dengan Tuhan, mereka terkadang juga mengalami kesesakan dan kesulitan dalam berdoa. Mereka juga bisa kesepian dan membutuhkan teman untuk berbicara dan berunding. Hal yang tak hanya dialami umat Katolik, namun semua orang yang memiliki agama dan rutinitas berdoa.

Akting dan Chemistry Memukau dari Jonathan Pryce dan Anthony Hopkins

Kita akan melihat dua karakter menarik yang dibawakan oleh dua aktor berbakat dalam “teh Two Popes”. Terkenal melalui perannya sebagai High Sparrow dalam serial Game of Thrones, Jonathan Pryce tampil sebagai pastor yang akan mencuri hati kita dengan kesederhanaan dan pemikirannya yang terbuka sebagai Jorge Bergoglio.
Sementara Anthony Hopkins berperan sebagai Paus Benediktus yang konservatif dan memiliki kepribadian kaku. Lepas dari kedua sifat dan pemikiran mereka yang bertolak belakang, terjalin hubungan persahabatan yang menarik dari kedua karakter ini.

Keduanya menghadirkan akting yang otentik dan terlihat sangat natural. Jonathan Pryce juga disebutkan seringkali berimprovisasi, memiliki fitur wajah yang sama, serta memiliki selera humor yang membuatnya memenuhi kriteria untuk memerankan Paus Francis.

Lucu, Intens, Serta Menyentuh Hati

“The Two Popes” merupakan film yang sangat padat dialog dan berbagai potongan kisah sejarah dari masing-masing karakter. Terdapat banyak adegan dimana Paus Benediktus dan Kardinal Jorge menghabiskan waktu bersama dan hanya berbicara. Mereka juga ternyata meminum wine dan makan pizza untuk makan siang mereka.

Jauh dari kata ‘membosankan’, “The Two Popes” memiliki alur cerita yang membangun emosi penonton dengan komposisi yang pas. Ada sentuhan humor ringan yang akan membuat kita tertawa. Ada pula momen hangat yang akan menyentuh hati kita akan dua karakter “agung” ini. Dan pastinya momen serius dengan dialog yang intens dan membuat kita tegang. Semuanya dibawakan dengan alur naik turun yang pas dan membuat kita tidak mudah bosan.

Sinematografi film “The Two Popes” mengambil beberapa footage dari berita lama, serta teknik pengambilan gambar semi dokumenter yang tampak amatir. Hal ini justru memberikan ciri khas sinematografi yang otentik dengan teknik editing yang pas.

Secara keseluruhan, “The Two Popes” merupakan film yang memperlihatkan kita sisi kemanusian seorang Paus Agung dengan eksekusi yang sempurna. Mulai dari penulisan naskah, pengarahan, casting, hingga berbagai unsur teknikal dalam film ini, semuanya berpadu menghasilkan sebuah film biografi yang otentik dan unik untuk sebuah isu yang serius.

Dengan berbagai nilai unggul dalam ulasan ini, “The Two Popes” layak menjadi salah satu jajaran film terbaik dari tahun 2019.

Click to comment

Leave a Comment

Harriet (2019) Harriet (2019)

Rekomendasi Film Tentang Hak-Hak Sipil

Cultura Lists

Cam (2018) Netflix Cam (2018) Netflix

Cam Review: Film Cyber Thriller Netflix Terbaik

Film

Spinning Out Review Spinning Out Review

Spinning Out Review: Bukan Serial Tentang Ice Skating

TV

Romantic Doctor, Teacher Kim Season 2 Review Romantic Doctor, Teacher Kim Season 2 Review

Romantic Doctor, Teacher Kim Season 2 Review

TV

Advertisement
Connect