Connect with us
The Smashing Pumpkins Cyr
Photo via wallofsoundau.com

Music

The Smashing Pumpkins: Cyr Single Review

Eksperimen baru Billy Corgan dengan musik dance rock yang sudah lama dirindukan.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

The Smashing Pumpkins telah merilis dua single terbaru bertajuk ‘Cyr’ dan ‘Colour of Love’ pada akhir Agustus 2020. Kedua track ini juga membawa kabar resmi album terbaru yang sedang dalam pengerjaan. Billy Corgan, James Iha, Jimmy Chamberlin, dan Jeff Schroeder melakukan produksi dan recording track-track tersebut di Chicago.

Kali ini Billy Corgan memadukan musik rock yang sudah menjadi identitas The Smashing Pumpkins, dengan unsur musik electro melalui instrumen keyboard dan synth. Mulai dari track ‘Cyr’, yang didominasi dengan instrumen keyboard dengan racikan chord repetitive namun memberikan statement. Tidak seperti track-track rock sebelumnya yang sangat menonjolkan distorsi gitar agresif. Menciptakan perpaduan hybrid dance rock. Mengingatkan kita pada musisi seperti Eurythmics hingga Soft Cell, namun lebih keras karena The Smashing Pumpkins masih menyematkan aransemen rock.

Tantangan bagi band-band veteran adalah bagaimana menciptakan musik yang revelan dengan zaman, tanpa kehilangan jati diri yang membesarkan nama mereka di masa lalu. The Smashing Pumpikins merupakan salah satu yang mampu membuat genre musik yang dibilang sudah lewat zaman kembali relevan. Billy Corgan sebagai pencipta lagu juga selalu terbuka dengan berbagai genre musik, Ia menyukai perubahan, namun bersama band-nya sudah memiliki core sebagai identitas yang kuat. ‘Cyr’ merupakan salah satu bentuk eksperimen mereka dalam bermusik yang kali ini patut mendapatkan pengakuan di industri musik modern.

Selain warna vokal Billy yang sudah menjadi “jantung” The Smashing Pumpkins, ‘Cyr’ juga mengandung lirik yang masih mengandung topik seperti lagu-lagu mereka selama ini. “Cyr merupakan kebodohan distopik. Semacam satu jiwa melawan dunia, dengan latar kesetian yang bergeser dan waktu yang berlalu dengan cepat. Bagiku, hal tersebut memiliki makna pengharapan sekaligus meremehkan akan apa yang mungkin dan tidak mungkin dengan iman”, ungkap Billy  tentang track ini.

Selain ‘Cyr’, ‘The Colour of Love’ menjadi single yang juga dirilis dalam rangkaian pengumuman album terbaru mereka. ‘Cyr’ telah mengobati kerinduan kita akan musik dance rock 1970-an serta menjadi pembuka untuk ekspektasi yang membuat kita makin tidak sabar menyambut album terbaru The Smashing Pumpkins.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect