Connect with us
The Outsider
Photo: Bob Mahoney/HBO

TV

The Outsider Review: Sosok Misterius yang Mencuri Kehidupan Manusia

Kasus kriminal yang berkembang menjadi peristiwa supranatural mengerikan.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

The Outsider merupakan miniseries HBO yang rilis pada awal tahun 2020. Diadaptasi dari novel Stephen King berjudul serupa, dibintangi oleh Ben Mendelsohn, Cynthia Erivo, dan Jason Bateman. Bercerita tentang Detektif Ralph yang harus menangani kasus pembunuhan anak dengan tersangka Terry Maitland. Semua petunjuk mengarah pada Terry, namun mati-matian Terry menyangkal bahwa dirinya bukan lah tersangka yang bertanggung jawab atas tindakan keji tersebut. Hingga akhirnya Ralph terjebak dalam situasi pelik dan meminta bantuan Holly Gibney, detektif freelance yang memiliki kemampuan deduksi unik.

Investigasi Kriminal yang Berkembang Menjadi Kasus Supranatural

Sejak adegan pertama pada episode pertama, The Outsider telah membangun nuansa suram dan horror. Mulai dari tanpa basa-basi langsung menuju TKP berdarah dan latar belakang karakter protagonis, Detektif Ralph yang masih berkabung karena anak laki-laki satunya yang belum lama meninggal. Awalnya kita akan berpikir bahwa serial ini bergenre investigasi kriminal yang rasional dengan semua bukti terpampang jelas. Hingga akhirnya mulai timbul berbagai kemungkinan irasional yang mengarah pada sesuatu yang berbau supranatural.

The Outsider

Photo: Bob Mahoney/HBO

Perjalanan kita akan cukup lama sebelum sampai pada titik tersebut. Sentuhan genre supranatural dan horror baru terasa ketika memasuki episode ketiga. Poin menarik dari kisah The Outsider adalah bagaimana memadukan hal rasional dengan sesuatu yang irasional. Tak sekadar diaplikasikan dalam kisah, namun pada protagonisnya juga sebagai perdebatan batin.

Ralph merupakan dektektif keras kepala dan keras hati, Ia tidak percaya pada hal-hal mistis sekalipun telah mengetahui berbagai teori dan hipotesis yang sangat kuat untuk menjadi sesuatu yang berupa fakta. Hal tersebut memberi materi perkembangan karakter pada Ralph yang bisa berubah seiring berjalanan cerita episode demi episode.

Berhasil Menghidupkan Cita Rasa ala Stephen King yang Suram dan Original

Bagi penggemar buku maupun berbagai karya adaptasi Stephen King, pasti bisa merasakan vibe khas dari setiap kisah raja horror tersebut. Hal ini karena Stephen King tak hanya memiliki gaya menulis yang original, namun setiap cerita yang Ia tulis memiliki beberapa trademark dan nuansa yang sama. Stephen King selalu memiliki karakter protagonis pria yang memiliki trauma atau sedang mengalami situasi emosional yang sulit. Kemudian menghadirkan fenomena atau makhluk mengerikan yang belum diangkat sebelumnya. Bisa diadapatasi dari mitos, legenda, bahkan ciptaan Stephen King sendiri.

Semua visi tersebut dieksekusi dengan baik dalam serial The Outsider. Meski setiap film dan serial adaptasi dikerjakan oleh sutradara yang berbeda, karya terbaik selalu berhasil menghidupkan ‘Stephen King factor’ yang mampu menarik perhatian penggemarnya.

Diawali dengan Fase Lambat dan Episode Terakhir yang Rushing

The Outsider diawali dengan lima episode pertama yang seharusnya bisa dipangkas lebih pendek. Episode pertama sudah tepat, episode kedua hingga lima seharusnya bisa dieksekusi menjadi cerita yang lebih padat. Investigasi terasa terlalu lama sebelum akhir episode lima. Sebagai penonton, kita bisa merasa bosan atau frustasi karena melihat banyaknya korban yang makin tersiksa.

Baru memasuki episode enam, emosi dan plot terasa lebih dinamis. Membuat kita selalu tidak sabar menantikan episode berikutnya. Episode kesembilan diakhiri dengan adegan penutup yang sangat mengugah, membuat penonton semakin semangat mengetahui akhir dari penyelidikan Detektif Ralph dan Holly. Namun, episode terakhir terasa sangat “ramai” dan rushing memasuki babak terakhir. Cukup mirip dengan akhir rushing pada film Gerald’s Game (2017) yang juga merupakan adaptasi novel Stephen King. Terasa seperti materi yang harusnya dijelaskan dalam satu episode, namun diringkas menjadi 10 menit saja.

Kemudian sosok misterius yang hendak diungkap juga terasa sangat sebentar kehadirannya. Membuat penantian selama sembilan episode terasa tak berarti bagi pengungkapan sosok tersebut.

Secara keseluruhan, The Outsider merupakan salah satu serial kriminal supranatural dengan eksekusi yang tepat. Terutam pada proses transisi antara sesuatu yang rasional dan sederhana, menjadi kasus yang kompleks dan irasional. Cukup seru untuk ditonton bagi penonton penggemar Stephen King atau serial bergenre investigasi dengan sentuhan supranatural. Kita bisa stream The Outsider di HBO Max.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect