Connect with us
The Knocks & Foster The People
Photo: Scott Kowalchyk/CBS

Music

The Knocks, Foster The People: Melody & Silence EP Album Review

EP cover lagu Bitter Sweet Symphony dari The Verve dan hits 90-an lainnya.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Foster The People (FTP) dan The Knocks merupakan dua grup musik yang belakangan ini sering berkolaborasi. Mulai dari merilis track ‘Ride or Die’ hingga track alternative electronic, ‘All About You’.

Kali ini keduanya merilis EP kolaborasi bertajuk “Melody & Silence”, berisi 3 track hits 90-an yang diaransemen ulang sesuai dengan warna musik mereka yang lebih modern yang kental dengan genre electronic dan indie pop.

Cover lagu ‘Bittersweet Symphony’ menjadi highlight dari proyek kolaborasi FTP dengan The Knocks. ‘Bitter Sweet Symphony’ merupakan track Britpop klasik dari unit rock The Verve, menjadi salah satu lagu paling ikonik dari tahun 1997 dengan aransemen ballad orkestranya yang khas, membuat pendengarnya langsung mengenali track tersebut mulai dari note pertama. Dalam versi cover ini, The Knocks mengaransemen komposisi musik ‘Bittersweet Symphony’ dengan unsur electronic.

Perubahan paling terdengar adalah instrumen string yang diubah dengan synth, kemudian musik diselimuti dengan lebih banyak layer yang membuat lagu ini terasa lebih modern, fun, dan groovy, berbeda dengan versi original yang lebih otentik dan megah. Dalam segi vokal, Mark Foster memiliki warna suara yang sangat sempurna untuk meng-cover track satu ini.

Setelah memperdengarkan track Britpop dengan nuansa alternative yang atmospheric, kita akan mendengarkan track rock ‘Devils Haircut’ yang dipopulerkan oleh Beck. Pada dasarnya lagu ini memiliki aransemen yang memadukan genre rock n’ roll, blues, kemudian diberi aksen D&B sebagai variasi pola dalam komposisinya. Jika komposisi instrumen rock dalam versi aslinya terdengar lebih raw dan “crunchy” karena efek distorsi, aransemen musik dari The Knocks terasa lebih “clean” dengan layer bass yang tebal, langsung terasa pada pembukaan lagu. Secara keseluruhan, komposisi ‘Devils Haircut’ merupakan versi yang lebih sederhana dari track originalnya, terasa diredam dengan mengandalkan lebih banyak komposisi dengan unsur electronic.

Track lawas ketiga yang discover dalam EP “Melody & Silence” adalah ‘South Side’ dari Moby feat. Gwen Stefani. ‘South Side’ versi The Knocks terasa lebih kental dengan warna musik alternative pop dan indie modern. Perbedaan mood akan terasa jelas, karena ‘South Side’ versi original terdengar lebih bright dengan aksen perkusi dalam komposisinya. Perkusi yang etnik diganti dengan aransemen instrumen drum yang terdengar lebih bervolume.

Kualitas vokal Mark Foster menjadi salah satu kelebihan dari proyek cover lagu-lagu ikonik ini. Mark Foster sendiri merupakan salah satu vokalis band yang memiliki ciri khas dan range vokal yang luas. Dalam track ‘Devil’s Haircut’, Ia berhasil mengambil range nada rendah yang pas, kemudian pada track ‘South Side’ Ia bahkan “memonopoli” bagian vokal tinggi dan rendah.

Secara keseluruhan, setiap track memiliki aransemen musik yang lebih banyak mengandalkan teknologi musik electronic yang menjadi root dari The Knocks. Berpadu dengan cita rasa indie pop dan indie rock dari Foster The People. Sementara setiap lagu original dari tahun 90-an yang di-cover memiliki aransemen yang lebih mengandalkan banyak musik analog.

Tidak berusaha menandingi, karena ketiga hits tersebut sudah sempurna dan timeless, The Knocks bersama Foster The People setidaknya telah berhasil memproduksi cover yang layak sebagai tribute.

Click to comment

Demi Lovato Demi Lovato

Demi Lovato: Dancing with the Devil… The Art of Starting Over

Music

Blxst Blxst

BLXST feat. Ty Dolla $ign & Tyga: Chosen Single Review

Music

Kang Daniel Kang Daniel

Kang Daniel: Antidote Single Review

Music

Dave Grohl, Mick Jagger Dave Grohl, Mick Jagger

Mick Jagger with Dave Grohl: Eazy Sleazy Single Review

Music

Advertisement
Cultura Live Session
Connect