Connect with us
Senigma
SuperM: SuperM - 1st Mini Album Review

Music

SuperM: SuperM – 1st Mini Album Review

Debut paling ambisius dari SM Entertainment.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

4 Oktober 2019 telah menjadi tanggal yang paling dinanti-nanti oleh para penggemar K-pop, SuperM, supergroup dari SM Entertainment akhirnya debut dengan formasi member terbaik dari boyband besar. Mulai dari Taemin dari SHINee, Kai dan Baekhyun dari EXO, beserta Lucas, Ten, Mark Lee, dan Taeyong dari NCT. SuperM debut melalui Billboard dan telah merilis jadwal tour Amerika dengan tajuk “We Are The Future”.

SuperM merupakan project paling ambisius dari SM Entertainment yang hendak mendominasi industri musik global. Tak hanya ingin menjadi raja di industri musik Korea, SuperM diharapkan dapat mempresentasikan agensi ini mata internasional.

“Jopping” merupakan salah satu track dalam album self-titled yang dipilih menjadi single utama. Keinginan mendeklarasikan nama besar mereka yang siap bersaing di industri musik internasional pun tampak dalam video klip single mereka yang terlihat megah dan mahal.

Track ini juga menjadi lagu pembuka dengan aransemen musik yang megah. Memadukan beberapa warna musik dance seperti techno dan deep house pada bagian hook-nya. Ditambahkan pula warna musik rock pada beberapa bagian lagu.

Formasi member yang didominasi dengan member dengan kemampuan rap, “Jopping” memiliki banyak porsi rap yang berpadu dengan vokal Baekhyun yang tinggi mendekati akhir lagu. Track “Jopping” memiliki aransemen yang memadukan root musik K-pop dengan warna yang disesuaikan dengan pasar di industri internasional, khususnya Amerika.

“I Can’t Understand The Rain” menjadi track kedua dengan aransemen musik yang didominasi dentuman genderang yang memberikan warna etnik pada musik latar. Terdengar pula instrumen oriental yang lembut dipadukan dengan musik pop yang powerful. Track ini memiliki konsep fusion kontras antara kekuatan dan kelembutan yang menciptakan keagungan.

Satu lagi track yang catchy dan tampak menonjol dalam SuperM self-titled album ini adalah “Super Car”. Lagu ini terdengar familiar dari trailer formasi lengkap dari member SuperM yang telah dirilis pada akhir September kemarin.

Track “Super Car” lebih memiliki warna musik K-pop yang kental ala SM Entertainment yang selalu catchy dan menghentak. Mereka memiliki berbagai lagu dengan berbagai elemen yang digabungkan dalam satu lagu (tak semuanya tereksekusi dengan baik). “Super Car” merupakan salah satu aransemen dengan berbagai elemen yang dieksekusi dengan sempurna. Mulai dari unsur trap, hip hop, dan techno terdengar semarak dan berkelas.

Sementara track “2 Fast” dan “No Manners” memiliki beat yang paling lembut dibandingkan dengan ketiga track yang telah disebutkan. Memberikan flow yang seimbang pada keseluruhan album debut SuperM.

Adapun dua track instrumental dari track “Jopping” dan “I Can’t Understand The Rain”. Secara keseluruhan, SuperM merupakan project SM Entertainment yang tidak sekedar ambisius, namun menyajikan karya yang memang layak bersaing di industri musik internasional.

Click to comment

Leave a Comment

Mika: My Name Is Michael Holbrook Album Review Mika: My Name Is Michael Holbrook Album Review

Mika: My Name Is Michael Holbrook Album Review

Music

Super Junior Super Junior

Super Junior: Time_Slip Album Review

Music

raisa you raisa you

Raisa: You Single Review

Music

mika mika

Track of The Week: Mika, Megan Trainor, Raisa

Cultura Lists

Connect