Connect with us
Super Mario Maker 2 Review

Games

Super Mario Maker 2 Review

Super Mario Maker 2 menawarkan sebuah mekanisme permainan dengan replay value yang tidak ada habisnya.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Super Mario Maker 2 bisa dibilang menjadi salah satu game Nintendo Switch yang paling ditunggu tahun ini. Bagaimana tidak? Sebagai suksesor bagi Super Mario Maker pertama, Super Mario Maker 2 menjanjikan beragam fitur menarik serta kompleks yang memberikan elevasi bagi pengalaman bermain game platform legendaris Mario bros. Pertama kali keluar pada tahun 1980an, Mario memang sudah menjadi salah satu ikon Nintendo bahkan menjadi salah satu pelopor genre platformer yang sukses hingga sekarang. Ada beberapa fitur atau mode permainan yang ditawarkan oleh Super Mario Maker 2 antara lain adalah story mode, course world dan makers mark. Setiap mode game memberikan pengalaman bermain yang berbeda serta unik bagi para pecinta Mario Bros.

Super Mario Maker 2 Review

Super Mario Maker 2 Review

Story Mode

Salah satu mode utama di game ini adalah Story Mode atau mode cerita dimana pemain bermain sebagai karakter Mario dan harus menyelesaikan misi untuk melengkapi cerita. Sebagai sebuah game platformer tentunya cerita yang akan ditawarkan oleh Super Mario Maker 2 bukanlah model cerita yang serius atau bahkan menjadi sebuah compelling storytelling. Super Mario Maker 2 memberikan cerita sederhana dimana Mario berusaha mengumpulkan koin emas untuk menjadi modal membangun kembali kastil untuk Princess Peach yang hancur pada awal cerita. Usaha Mario untuk membangun kembali kastil bagi Princess Peach membuat pemain harus melewati seratus level menantang demi mengumpulkan koin emas. Seratus level yang ditawarkan merupakan level yang dibuat secara professional yang masin-masing membawa keunikan serta level kesulitan masing-masing. Ada lima macam level kesulitan dari bintang satu sampai bintang lima. Bintang satu untuk level paling mudah sedangkan bintang lima untuk level paling sulit. Story Mode sepertinya akan menjadi sebuah mode yang sangat cocok untuk pemain casual atau solo yang ingin lebih bersantai menikmati game platformer ini tetapi sepertinya cara bermain paling ideal bukanlah melalui story mode.

Course World

Course World bisa dibilang merupakan mode paling ideal untuk menikmati keragaman mekanisme yang disajikan pada game Super Mario Maker 2. Mengapa? Lewat mode ini pemain dapat menikmati berbagai desain level yang dibuat oleh pemain dari seluruh dunia. Mode ini menjadi salah satu mode paling mengagumkan mengingat ada ratusan level baru setiap harinya sehingga pengalaman bermain Super Mario Maker 2 tidak akan ada habisnya. Nilai replayability ini menjadi sebuah poin positif sehingga pemain tidak akan cepat bosan menikmati Super Mario Maker 2. Selain dapat menikmati level buatan para pemain dari seluruh dunia, pemain juga dapat menikmati level buatan teman sendiri dengan memasukan kode level permainan. Melalui fitur ini pemain dapat membagi hasil karya atau level buatannya sendiri untuk menantang pemain lainnya.

Di mode Course World ini juga pemain diberikan sebuah mode tantangan yaitu ‘Endless Mode’. Melalui Endless Mode pemain dapat memilih jenis kesulitan level mulai dari easy sampai super expert. Pemain akan dihadapkan berbagai level yang dipilih secara acak buatan para pemain dari seluruh dunia dengan level yang sudah ditentukan. Para pemain akan berlomba dan bersaing secara global maupun dengan teman sendiri untuk mendapatkan skor tertinggi dalam mode endless tersebut. Bagi para pemain veteran sepertinya mode expert sampai super expert akan sangat cocok untuk dimainkan. Level dengan kesulitan easy dan normal akan terlalu mudah untuk pemain veteran tapi akan sangat cocok untuk pemain baru yang ingin mencoba tantangan ini.

Maker’s Mark

Bagi para pemain yang kurang ahli dalam memainkan game platformer tetapi tertarik untuk melakukan sebuah desain rancangan sebuah level, Super Mario Maker 2 memberikan kesempatan lewat mode Maker’s Mark. Melalui mode ini pemain dapat merancang atau melakukan desain levelnya sendiri dengan berbagai opsi serta variasi yang begitu beragam. Pemain bahkan dapat memilih jenis ‘style’ level yang akan digunakan, bahkan Super Mario Maker 2 memberikan kesempatan untuk memilih hampir serluruh desain style yang pernah ada dalam sejarah game Mario termasuk pada zaman game 16-bit hingga Mario yang sudah 3D. Dengan memilih jenis level yang akan digunakan pemain juga dapat mengakses fitur yang eksklusif pada zamannya untuk diimplementasikan pada desain level. Ragam opsi yang diberikan memberikan pengalaman luar biasa bagi para pemain yang lebih suka mendesain sebuah level daripada memainkan sebuah level. Dengan membuat levelnya sendiri pemain dapat membagi level atau kode level agar bisa dimainkan pada fitur Course World. Tidak hanya itu pemain bahkan dapat mendapatkan beragam reaksi, respon bahkan komentar dari pemain lain yaitu impresi mereka terhadap level yang para pemain desain. Melalui Maker’s Mark ini pemain dapat menantang teman atau pemain lainnya untuk mencoba menaklukan level yang pemain buat. Fitur Maker’s Mark ini juga diimplementasikan dengan efektif sehingga mudah dimengerti bagi para pembuat level yang masih baru atau amatir.

Ada berbagai kebebasan serta opsi untuk memilih bagaimana cara bermain Super Mario Maker 2. Hal ini sepertinya yang menjadi senjata utama dan memisahkan Super Mario Maker 2 dari game Mario lainnya. Dengan menggunakan sebuah mesin mutakhir yang tergolong baru yaitu Nintendo Switch, pemain dapat merasakan beragam level secara smooth dan optimal. Pemain dapat merasakan beragam emosi mulai dari rasa senang karena menciptakan level terbaik yang pernah ada, frustasi karena tidak dapat menyelesaikan sebuah level sampai kepuasan karena berhasil menaklukan sebuah level yang begitu menatnang. Super Mario Maker 2 menawarkan mode multiplayer namun untuk saat ini masih mode local atau co-op yang sudah bekerja dan belum ada kepastian dari mode online multiplayer bagi game ini. Hal ini tidak mengurangi kepuasan bermain Super Mario Maker 2 karena game ini cocok dimainkan bersama teman maupun hanya sendirian. Super Mario Maker 2 sudah dapat dibeli bagi kamu para gamer Nintendo Switch mulai dari tanggal 28 Juni 2019. Bagi kamu para penggemar game platformer dan Mario sepertinya Super Mario Maker 2 menjadi game wajib yang harus dimiliki sekaligus menjadi nostalgia pada game legendaris Mario Bros.

Click to comment

Leave a Comment

Connect