Connect with us
Senigma
Super Junior

Music

Super Junior: Time_Slip Album Review

Kembalinya Boyband legendaris dengan warna musik lebih matang dan fresh.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

“Time_Slip – The 9th Album” merupakan album terbaru yang sudah dinanti-nanti dari boyband legendaris, Super Junior. Setelah penantian yang cukup lama, Super Junior akhirnya comeback dengan format 9 member setelah Kyuhyun, member termuda mereka, menyelesaikan wajib militernya.

Album ini membuat mereka terpilih menjadi Asia Spotlight Artist MTV untuk bulan ini. Dalam wawancaranya dengan MTV, Kyuhyun mengungkapkan, “Kita sudah tidak perlu lagi mengucapkan ‘selamat tinggal’ dan kita bisa menciptakan kenangan bersama hingga akhir”.

Dalam album ke-9 ini, para personil Super Junior sudah lebih dewasa untuk menulis dan mengomposisi lagu-lagu mereka sendiri. Begitu pula dalam menciptakan koreografi dan mengatur konsep konser mereka yang bertajuk “Super Show 8th”.

Album dibuka dengan 4 track yang telah dirilis sebagai single promosi untuk album “Time_Slip”. “The Crown” merupakan track dengan lirik yang mendeklarasikan kembalinya sebagai raja di industri musik K-pop. Dengan lirik yang percaya diri dan aransemen musik yang powerful dan megah.

“I Think I” merupakan single track dengan aransemen musik yang lebih santai. Semenjak beberapa tahun belakangan, Super Junior memasukan nuansa latin yang elegan pada lagu-lagu mereka. Unsur tersebut terdengar dalam track satu ini dengan aransemen piano dan beberapa lirik referensi dari bahasa amerika latin sebagai pemanis.

Berikutnya ada “SUPER Clap” yang akan menjadi single utama dalam album ini. Track ini memiliki nuansa musik disco dan pop retro yang dikemas dengan modern. Track ni merupakan salah satu yang memperdengarkan kita pada musik-musik pop Super Junior lawas.

Nuansa musik yang up beat masih dipertahankan hingga track “Game”. Track satu ini memiliki nuansa disco funk dengan riff gitar dan bassline yang dijadikan statement pada aransemen musiknya. Kita akan merasa seperti kembali ke lantai dansa pada tahun 80an melalui track ini.

Terdiri dari 10 track, 5 track pertama didominasi dengan berbagai track up beat. Memasuki track berikutnya, “Skydive”, Super Junior mulai menurunkan beat dengan musik yang lebih slow dan santai. Lagu-lagu slow yang dibawakan memiliki nuansa deep house dan R&B yang elegan, lebih terdengar modern dan futuristik. “Heads Up” merupakan salah satu track dengan sentuhan musik electro elegan yang sensual dan lembut.

“Stay With Me” juga memiliki nuansa aransemen musik seperti “Heads Up”, namun dengan nuansa yang lebih ceria. “No Drama” memiliki aransemen gitar yang dipadukan dengan beat R&B yang santai, dipadukan dengan vokal dari dua member bersuara emas; Yesung dan Kim Ryeowook yang mendominasi.

Album ditutup dengan track “Show”. Lagu satu ini memiliki nuansa musik yang retro dan membuat kita kembali pada Super Junior di masa lalu. Lagu ini juga sangat kental dengan nuansa musik organik dari industri K-pop 2000-an awal yang fresh. Terdengar akan sangat cocok dibawakan untuk membuka konser Super Show 8th yang akan segera digelar.

Secara keseluruhan, “Time_Slip” merupakan sebuah judul yang tidak asal disematkan untuk album comeback Super Junior. Melalui album ini, kita akan diperdengarkan lagu-lagu retro dan disco hingga lagu-lagu R&B dengan aransemen yang modern. Dalam satu album, Super Junior membawa jati diri mereka sebagai boyband angkatan awal yang juga mampu menciptakan lagu-lagu dengan aransemen modern.

Click to comment

Leave a Comment

Billie Eilish: Everything I Wanted Single Review Billie Eilish: Everything I Wanted Single Review

Billie Eilish: Everything I Wanted Single Review

Music

Syaharani and Queenfireworks: Aloha! Album Review Syaharani and Queenfireworks: Aloha! Album Review

Syaharani and Queenfireworks: Aloha! Album Review

Music

Alexandra Savior Alexandra Savior

Alexandra Savior: The Archer Single Review

Music

Rex Orange County: Pony Album Review Rex Orange County: Pony Album Review

Rex Orange County: Pony Album Review

Music

Connect