Connect with us
Sunmi
Photo via Billboard.com

Music

Sunmi: Tail Single Review

Comeback dengan konsep seksi melalui single terbaru, “Tail”.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Pada 23 Februari 2021, Sunmi menggelar showcase online untuk perilisan single terbarunya, “Tail”. Untuk comeback tahun ini, Sunmi tampaknya kembali menantang dirinya dengan memulai era baru, konsep baru.

Meski telah sukses dengan single sebelumnya, “pporamppippam”, mantan member girlband Wonder Girls ini tak lantas terus bermain dengan konsep yang sama. Jika single sebelumnya seperti “pporamppippam” dan “LALALAY” memiliki konsep ceria yang selalu memancarkan pesona Sunmi dengan keunikan karakternya, “Tail” memiliki konsep yang lebih dewasa dan elegan.

Sunmi selalu menghadirkan pesona sebagai wanita sexy dan quirky melalui setiap proyek comebacknya. Namun, dalam era “Tail”, Sunmi tampak lebih tegas dan tanpa basa-basi “mengeksploitasi” sisi ‘sexy and bold’-nya. Setiap lagu yang ditulis dan dinyanyikan Sunmi selalu memiliki pesan atau sumber inspirasi yang unik juga.

“Tail” sendiri merupakan lagu yang terinspirasi oleh perilaku hewan yang kerap mengekspresikan emosinya dengan menggerakan buntutnya. “Ketika mereka sedang senang, mereka (binatang) menekuk atau menggerakan buntutnya, ketika sedang merasa tidak nyaman, mereka akan mengekspresikannya dengan memukul dengan buntutnya. Aku berpikir itu sangat menawan”, ungkap Sunmi saat live stream konferensi persnya.

Kita juga bisa melihat koreografi untuk “Tail” menunjukan gerakan-gerakan yang menyerupai buntut hewan pada beberapa bagian. Sunmi bekerja sama dengan Janelle Ginestra dalam proses menciptakan koreografi tarian “Tail” yang seksi dan sensual.

“Tail” memiliki warna musik yang tajam dan tempramental, terinspirasi dari emosi kucing. Aransemen musik pop yang dihadirkan lebih dark dan edgy, dengan unsur-unsur suara synth dan kick drum, kemudian diberi statemen yang membuat lagu ini terdengar sensual dengan riff gitar. Ada elemen dark yang cukup mengingatkan kita pada single lama Sunmi, “Noir”. Apalagi ketika memasuki chorus, vokal directing-nya cukup serupa dengan single dark-quirky tersebut. Namun “Tail” memiliki warna musik yang terasa lebih modern secara keseluruhan.

Sunmi bisa tampil dengan berbagai konsep yang berbeda setiap meluncurkan single maupun album terbaru. Namun, sebagai salah satu idol senior di industri K-Pop, Sunmi memang memiliki alasan untuk tetap bertahan hingga saat ini; yaitu keberanian dan keunikannya dalam mempresentasikan musiknya. Hal tersebut sekali lagi terlihat melalui “Tail”. Selain “Tail”, Sunmi juga merilis track pendamping berjudul “What The Flower” dalam yang patut didengarkan juga.

Click to comment

Julia Michaels Julia Michaels

Julia Michaels: Not in Chronological Order Album Review

Music

The Armed The Armed

The Armed: ULTRAPOP Album Review

Music

Young Stoner Life Young Stoner Life

Young Stoner Life: Slime Language 2 Compilation Album Review

Music

PJ Harding & Noah Cyrus: People Don’t Change Album Review

Music

Advertisement
Cultura Live Session
Connect