Connect with us
Senigma
stranger things 3 the game review

Games

Stranger Things 3: The Game Review

Review game Stranger Things 3: The Game versi PC, game 16-bit bagi penggemar Stranger Things.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Setelah lama ditunggu Stranger Things musim ketiga akhirnya dapat dinikmati lewat jasa layanan streaming Netflix pada awal bulan ini. Bersamaan dengan keluarnya musim ketiga, Stranger Things juga mengeluarkan sebuah game dengan art style 16-bit berjudul Stranger Things: 3 The Game. Dari segi visual saja game ini dengan cepat menimbulkan rasa nostalgia pada game awal tahun 90-an yang bisa dimainkan pada console Super Nintendo Entertainment System atau SNES yang mayoritas gamenya menggunakan art style yang sama. Bagi penggemar Stranger Things, sepertinya game ini dapat menjadi salah satu media alternatif untuk berpetualang dan menikmati dunia Stranger Things buatan Duffer Brothers. Hebatnya Stranger Things 3: The Game dikeluarkan hampir pada seluruh platform yaitu Nintendo Switch, Xbox One, Playstation 4, PC, iOS dan Android. Berikut adalah review bagi Stranger Things 3: The Game versi PC atau komputer.

Dari segi cerita Stranger Things 3: The Game mengambil cerita yang sama dan identik dengan Stranger Things musim ketiga. Pemain dapat menikmati cerita yang dibagi kedalam 8 chapter sesuai dengan setiap episode pada serialnya. Kesamaan cerita yang dimiliki menciptakan sebuah dilemma yaitu yang mana terlebih dahulu harus dilakukan, menonton serial Stranger Things atau langsung memainkan gamenya? Di satu sisi pemain ingin menghindari spoiler yang diberikan pada game tetapi di sisi lain jika pemain menonton serial Stranger Things terlebih dahulu pengalaman bermain Stranger Things 3: The Game tidak akan memberikan kesan yang sekuat seharusnya. Untuk para penggemar serial televisi sepertinya lebih baik menonton serialnya terlebih dahulu untuk menghindari spoiler yang ada di versi game stranger things.

stranger things 3 the game review

Stranger Things 3 The Game

Lalu apa kelebihan dari versi game jika cerita yang dihadirkan sama persis dengan cerita yang diberikan pada serial televisi? Stranger Things 3: The Game memang mengambil cerita yang sama persis tetapi diluar plot utama ada berbagai side quest yang diberikan untuk memperlihatkan beberapa detail yang tidak ada pada serial televisi. Meskipun begitu side quest yang ditawarkan tidak memberikan dampak besar atau signifikan sehingga hanya sedikit eksplorasi ‘baru’ yang bisa dinikmati oleh pemain. Bagi penggemar berat Stranger Things, game ini sepertinya menjadi kesempatan untuk mengelilingi atau melakukan eksplorasi kota Hawkins secara bebas lewat karakter favorit di serial Stranger Things.

Dari segi teknis, kontrol yang ada di game ini bisa dibilang kurang pas terasa canggung dan tidak ideal. Dari setting utama atau default, pemain mengontrol karakter yang digunakan menggunakan mouse dan keyboard. Penggunaan mouse pada game ini menciptakan impresi seperti game ‘point and click’ sehingga penonton tidak mendapatkan kepuasan dalam melakukan command atau perintah untuk menyerang musuh atau menghancurkan beberapa barang yang ada di lingkungan. Hal ini membuat gameplay terasa monoton karena pemain hanya melakukan ’click’ atau button mashing pada mouse secara berulang. Mungkin pada versi lain selain PC masalah ini tidak akan terasa dan tidak mengganggu gameplay seperti yang dirasakan oleh pemain versi PC. Seharusnya masalah ini dapat dihindari karena dengan niatan menjual game pada berbagai platform, porting yang dilakukan seharusnya disesuaikan sehingga kontrol tetap ideal bagi versi manapun.

Dalam melakukan eksplorasi di game ini pemain dapat mengontrol hingga 12 karakter banyaknya. Keduabelas karakter yang menjadi playable character antara lain adalah Hopper, Joyce, Eleven, Mike, Dustin, Lucas, Will, Jonathan, Nancy, Billy, Max dan Erica. Setiap karakter memiliki basic attack yang berbeda-beda menggunakan senjata masing-masing sekaligus memiliki special attack yang berbeda. Dengan kemampuan yang berbeda, pemain seperti harus memecahkan ‘puzzle’ dengan memilih kemampuan karakter yang tepat untuk melewati rintangan yang menghalangi. Pemain memiliki health bar yang bisa diisi lewat ‘hati’ yang menjadi consumable drop ketika mengalahkan musuh atau dapat ditemukan di sekitar lingkungan atau environment. Menggunakan special attack juga tidak bisa sembarangan, special attack menghabiskan special bar yang bisa diisi lewat consumable berupa sebuah botol soda. Pemain juga terkadang mengontrol lebih dari satu karakter dan dapat melakukan kerjasama atau switch sehingga mendapatkan kebebasan untuk memilih cara bermain.

Dari segi visual tidak terlalu banyak yang bisa dikomentari. Stranger Things 3: The Game menggunakan art style yang begitu indah mengingatkan pemain pada game pada tahun 90-an. Interface yang digunakan juga dibuat dengan sederhana dan mudah dimengerti. Bagi para pemain yang suka atau rindu dengan model game retro seperti ini, Stranger Things 3: The game sepertinya menjadi pilihan yang tepat. Tidak hanya dari segi visual, mekanisme permainan atau gameplay di Stranger Things 3: The Game juga mengingatkan penonton pada mekanisme permainan klasik di SNES. Stranger Things 3: The Game juga memiliki opsi local multiplayer, jika memiliki teman yang sama-sama penggemar Stranger Things mode local multiplayer ini patut dicoba.

Secara garis besar game ini bisa dibilang cukup mengecewakan dan tidak memberikan impresi luar biasa seperti serial originalnya di Netflix. Mekanisme kontrol yang terasa tidak cocok untuk versi PC menjadi poin negative yang krusial karena merusak pengalaman bermain game ini. Selain itu, cerita yang sama persis tanpa perubahan signifikan juga menghilangkan tujuan atau ‘purpose’ dari keberadaan game ini. Bahkan, bisa dibilang game ini hanya menjadi kesempatan untuk meraih uang sebanyak-banyaknya. Gameplay monoton yang membuat pemain berulang kali melakukan ‘click’ pada mouse juga terkesan sangat malas. Satu-satunya poin positif yang dapat diberikan tidak lain adalah visual luar biasa yang digunakan pada game ini. Mungkin, game ini hanya dapat dinikmati bagi para gamer yang ingin mendapatkan pengalaman lebih diluar serial originalnya. Bagi pemain yang ingin membeli versi PC dari game ini sebaiknya berpikir ulang karena porting yang dilakukan jauh dari ekspektasi.

Click to comment

Leave a Comment

Gamescom 2019 Gamescom 2019

Delegasi Indonesia Mendapat Perhatian Developer Besar di Gamescom 2019

Games

Nintendo Switch Lite review Nintendo Switch Lite review

Nintendo Switch Lite Console Handheld Terbaru dari Nintendo

Games

Stranger Things season 3 review Stranger Things season 3 review

Stranger Things Season 3 Review: Bahaya Lama Kembali Ke Kota Hawkins

TV

auto battler game auto battler game

Auto Battler, Genre Game Terbaru dan Paling Populer Tahun 2019

Games

Connect