Connect with us
Spiral
Lionsgate

Film

Spiral Review: Spin-off yang Seakan Lupa Kulitnya

Diposisikan sebagai spin-off pada seri film Saw, Spiral seakan memberikan rasa yang jauh berbeda dengan main franchise tersebut.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Bagi orang-orang yang suka menikmati film dengan kadar kesadisan yang tinggi, seri film Saw harusnya tidak akan terdengar asing. Seri film yang sudah berjalan selama kurang lebih 17 tahun ini akhirnya muncul kembali melalui spin-off berjudul Spiral: From the Book of Saw atau mungkin bisa disebut dengan Spiral saja.

Spiral merupakan film dari Lionsgate dan Twisted Pictures yang disutradarai oleh Darren Lynn Bousman yang sudah empat kali menjadi director dalam seri film tersebut. Dibintangi oleh Chris Rock, Max Minghella, dan Samuel L. Jackson, film ini berkisah tentang Zeke, seorang polisi yang dikenal suka bertindak sendiri.

Suatu ketika, ia dihadapkan dengan satu kasus yang merenggut rekan-rekan kepolisiannya, yang modus operandi-nya menyerupai Jigsaw Killer beberapa tahun silam.

Premis yang disodorkan pada Spiral sebenarnya tidak terlalu sulit untuk dipahami, terutama bagi yang sejatinya menikmati seri Saw. Akan tetapi, berbeda dengan film-film Saw terdahulu yang cenderung rapi dalam menaruh plot point dan mampu memberikan kejutan, film spin-off ini justru seakan terlalu menyuapi penontonnya dengan berbagai hal. Inilah yang membuat efek kejut dari penceritaannya berkurang.

Tidak hanya itu, Spiral ini juga terlihat bingung ingin menempatkan ceritanya itu di mana, entah itu pada kisah utama mengenai Jigsaw atau malah memunculkan Saw dari semesta lain. Hal tersebut muncul karena film yang diproduseri pula oleh Chris Rock ini memberikan berbagai easter egg mengenai sang Jigsaw Killer itu sendiri, namun eksistensinya seakan hanya numpang lewat.

Akan tetapi, main culprit yang dibawakan dalam Spiral ini bisa dibilang lebih menarik. Bisa dibilang, dalang dalam film ini memberikan homage pada Mark Hoffman dan Logan Nelson yang ada dalam seri utama Saw, dengan minus hubungan dengan John Kramer yang jadi prominent character dalam seri tersebut. Motif dasarnya pun mudah pula untuk dipahami, meski memang big goal yang ingin dia bawa terasa terlalu tinggi bila dibandingkan dengan Jigsaw dan para pengikutnya yang lalu.

Poin yang jadi highlight dalam seri film Saw adalah penggunaan berbagai macam trap yang deadly pada korban-korbannya. Spiral pun juga menampilkan ragam trap yang tak kalah bikin ngilu. Walau konsep dari macam-macam jebakan dapat ditampilkan dengan cukup menarik, namun deadliness dari benda-benda mematikan tersebut tidak semengerikan para pendahulunya dan tidak benar-benar dibahas lebih jauh.

Spiral membawakan deretan aktor-aktris kenamaan, seperti Chris Rock, Samuel L. Jackson, Max Minghella, dan Marisol Nichols. Dari sekian nama tersebut, hanya Chris Rock yang terlihat tampil menawan dengan gelagat lone wolf-nya sebagai polisi. Selain itu, cast lainnya seakan tak bisa mengimbangi performa dari komedian sekaligus executive producer dari film ini, termasuk Samuel L. Jackson yang eksistensinya di sini tidaklah terlalu penting.

Secara garis besar, Spiral merupakan film misteri dengan selipan gore dan dark comedy yang menarik. Meski begitu, film yang jadi spin-off dari seri Saw ini belum sepenuhnya bisa diterima dalam deretan franchise yang sudah berjalan lama tersebut dengan segala detailnya yang berbeda jauh.

Click to comment

10 Rekomendasi Film Berlatar di Pesawat yang Menegangkan

Cultura Lists

Film tentang ayah Film tentang ayah

10 Rekomendasi Film Drama Bertema Fatherhood

Cultura Lists

Loki Review Loki Review

Loki Review: Petualangan Seru Loki Melintasi Waktu

TV

Ali dan Ratu-ratu Queens Ali dan Ratu-ratu Queens

Ali dan Ratu-ratu Queens Review: Mediocre Meski Penuh Rasa

Film

Advertisement
Cultura Live Session
Connect