Connect with us
sistar
Photo via kmazing.org

Entertainment

SISTAR: Pelopor Konsep Seksi di Dunia Musik Korea Selatan

Sistar sebagai pengusung konsep seksi di dunia musik Korea Selatan memiliki nilai plus lain untuk ditawarkan.

Grup yang beranggotakan Bora (Yoon Bo Ra), Hyolyn (Kim Hyo Jung), Soyou (Kang Ji Hyun), dan Dasom (Kim Da Som) ini memang sudah tidak aktif lagi setelah beberapa waktu untuk meninggalkan agensi dan melanjutkan karirnya di dunia akting maupun sebagai penyanyi solo. Namun, meskipun sebagai grup telah bubar, karya-karya dari grup ini akan selalu dikenang oleh para penggemar musik K-pop karena mereka adalah salah satu grup yang selama berkarir selalu setia mempopulerkan konsep seksi secara lirik maupun video klip.

SISTAR bisa jadi merupakan sebuah gebrakan baru yang dilakukan Starship Entertainment terhadap konsep-konsep di dunia grup idola Korea Selatan. Ketika kebanyakan grup idola wanita pada periode sekitar tahun 2009 hingga 2011 kebanyakan debut dengan konsep girlish, grup ini hadir dengan konsep seksi dengan lagu debut “So Cool”. Selain konsep seksi yang mereka bawa, grup idola ini juga terkenal oleh kekuatan vokal dari para anggotanya yang memang di atas rata-rata.

Konsep seksi bisa dibilang sesuatu yang baru untuk para penggemar musik Korea Selatan di seluruh dunia. Ketika para penggemar sedang terlarut dalam euforia dengan grup idola wanita dengan paras menawan dan lagu-lagu yang merepresentasikan sikap wanita pemalu, SISTAR hadir dengan konsep seksi dan berani.

Masyarakat Korea Selatan pada umumnya memiliki keunikan dalam menggambarkan konsep seksi untuk seorang wanita dalam hal berpakaian. Gaya seksi dalam berpakaian menurut wanita-wanita Korea Selatan adalah dengan memamerkan bagian paha namun menutupi bagian dada. Namun, berpakaian SISTAR yang lebih bisa dibilang “terbuka” dan melawan penggambaran konsep seksi yang tradisional ini masih mendapat respon positif dari para penggemar K-pop di negara asalnya maupun di luar negeri.

Selain itu, konsep seksi yang dibawa SISTAR juga memang agak mirip dengan konsep seksi yang beredar di negara-negara Barat. Seperti yang telah kita ketahui bersama biasanya anggota-anggota grup idola wanita di dunia K-pop harus memliki paras menawan dengan kulit yang putih pucat. Namun, SISTAR hadir dengan sebuah gebrakan dimana tiga dari empat anggota mereka yang menawan memiliki kulit yang agak gelap yaitu Hyolyn, Bora, dan Soyou dengan badan berbentuk S-line yang dimana lebih pemahaman seksi yang mereka bawa merupakan seksi yang lebih “barat”.

Selain bisa dibilang sebuah grup idola wanita pembaharu dalam hal konsep yang “melawan arus”, SISTAR juga merupakan grup yang memang mempengaruhi para penggemar musik Korea Selatan untuk tidak hanya berfokus pada penampilan fisik anggota. Mereka juga menggiring sudut pandang para penggemar K-pop untuk lebih memberikan perhatian penuh terhadap bakat sang idola. Pada awal kemunculan SISTAR, Dengan kekuatan vokal yang sangat luar biasa dari keempat anggotanya, SISTAR mencuri perhatian berbagai kalangan. Gaya menyanyi dan suara khas dari para anggota memang menjadi sangat ikonik untuk para penggemar.

Meskipun demikian, masik banyak penggemar dari K-wave memang lebih memperhatikan penampilan sang idola dibandingkan dengan bakat yang mereka miliki. Sehingga, tidak jarang beberapa grup idola pria maupun wanita yang dianggap kurang menawan dari segi penampilan bisa dikatakan “pensiun dini” atau pun hiatus panjang hanya berselang beberapa tahun, bahkan beberapa bulan, dari waktu mereka debut meskipun mereka berbakat. Namun, SISTAR membuktikan bahwa kekuatan vokal dan konsep khas yang dibawa membuat mereka layak dikenang sebagai grup idola wanita pelopor penggebrak nilai tradisional budaya K-wave.

Click to comment

Leave a Comment

HAIM Summer Girl HAIM Summer Girl

Track of The Week: Katy Perry, Ariana Grande, HAIM

Cultura Lists

missy elliott vma 2019 missy elliott vma 2019

Nominasi MTV VMA (Video Music Award) 2019

Entertainment

Freya Ridings Freya Ridings

Freya Ridings, Bintang Baru dari Britania

Entertainment

bastille bastille

Track of The Week: Emili Sande, Bastille, Endah N Rhesa

Cultura Lists

Advertisement
Connect