Connect with us
Shine Your Eyes Review
Primo Films

Film

Shine Your Eyes Review: Sebuah Pencarian di Kota Sao Paulo

Misteri hilangnya sang kakak membawa Amadi menelusuri setiap sudut Kota Sao Paulo.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Shine Your Eyes merupakan karya filmmaker asal Brazil bernama Matias Mariani. Film ini pertama kali dirilis pada bulan Februari tahun 2020 di Berlin dan baru saja didistribusikan oleh Netflix pada bulan Juli lalu.

Persaudaraan adalah tema yang sangat lekat terasa dalam film ini. Shine Your Eyes bercerita tentang perjalanan seorang imigran asal Nigeria bernama Amadi (Okechukwu OC Ukeje) yang mencari sosok sang kakak di tengah kota Sao Paulo, Brazil. Keindahan Kota Sao Paulo berhasil ditunjukkan dalam film ini. Penonton seperti diajak ikut berpetualang menjejaki setiap sudut kota bersama Amadi.

Shine Your Eyes

Primo Films

Sao Paulo Menjawab Segala Misteri dan Pertanyaan

Amadi menyeberangi samudera atlantik demi mencari kakaknya yang hilang secara misterius di Brazil. Seorang rekan dari kampung halaman yang sama menyambut kedatangan Amadi di Sao Paulo. Bahasa Igbo dipakai oleh Amadi setiap kali ia berbincang dengan imigran asal Nigeria lainnya.

Amadi memiliki minat besar dalam dunia musik, sehingga menjadi musisi besar adalah cita-citanya. Ikenna menyukai angka dan statistik, sehingga ia memilih untuk terus belajar dan mengasah kemampuannya di universitas. Hal tersebut membuat Amadi selalu bangga dengan Ikenna, apalagi saat Ikenna sukses menjadi seorang professor statistika di sebuah universitas di Brazil.

Perjalanan itu secara tidak langsung membuat Amadi semakin mengenal kakaknya. Ikenna yang ia kenal dulu ternyata telah berubah menjadi orang lain di Sao Paulo. Dengan tekad yang kuat, Amadi terus mencari keberadaan kakaknya dan mencoba untuk menjawab setiap pertanyaan yang memenuhi isi kepalanya.

Menjelajahi Sao Paulo yang Menawan

Shine Your Eyes mengajak kita untuk menjelajahi Sao Paulo bersama Amadi. Sinematografi dalam film ini sangat memanjakan mata. Arsitektur-arsitektur besar dan unik menjadi sorotan utama dalam setiap scene, seperti sebuah salon tempat Amadi bekerja. Salon tersebut berada di sebuah pusat perbelanjaan besar yang dihiasi oleh banyak lampu warna-warni.

Sao Paulo penuh dengan keberagaman dan hal tersebut sukses ditangkap dalam film ini. Imigran asal berbagai negara mencoba untuk mencari kesempatan di Sao Paulo. Penonton dapat mendengar bahasa Inggris, Igbo, Portugis, Mandarin, bahkan Hungaria dalam beberapa dialog.

Dua aktor asal Nigeria, yaitu Okechukwu OC Ukeje dan Chukwudi Iwuji menjadi dua tokoh utama dalam film ini. Kedua aktor tersebut memerankan karakter kakak-beradik Amadi dan Ikenna dengan sangat baik. Karakter Amadi yang sangat menyayangi kakak dan keluarganya mampu mencuri simpati dari para penonton.

Secara keseluruhan, Shine Your Eyes adalah sebuah film yang wajib dinikmati, apalagi bagi penggemar genre drama. Film ini mampu menunjukkan usaha para imigran untuk beradaptasi di sebuah kota besar yang jauh dari rumah. Film ini menyadarkan kita bagaimana sebuah tempat memiliki cerita dan tradisinya sendiri.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect