Connect with us
Australia Tourism
watermelon semangka
Unsplash

Lifestyle

Semangka Menjadi Pelengkap Foto Instagram dan Lambang Musim Panas

Semangka juga memengaruhi tren makeup dan menjadi camilan fancy.

Ada dua alasan mengapa orang senang memposting menu makan sehatnya di Instagram. Pertama: tentu saja untuk mengampanyekan pola hidup sehat. Kedua: makanan tersebut bila difoto sungguh insta worthy. Salah satunya adalah semangka. Buah sekaligus sayuran ini sangat populer di musim panas. Negara-negara yang menganut empat musim umumnya akrab dengan semangka. Namun sebenarnya semangka bukan berasal dari negara yang menganut empat musim. Semangka berasal dari wilayah gurun di Benua Afrika.

semangka

Semangka tumbuh secara liar di selatan Benua Afrika hingga kini. Buah yang 92%-nya terdiri dari air ini merupakan salah satu makanan penting bagi berbagai suku di sana. Salah satunya adalah Suku Kalahari. Sebab, semangka tahan terhadap kondisi kering dan mampu menyimpan banyak air. Proses domestikasi semangka tercatat sejak 5000 tahun lalu di Mesir. Bahkan semangka dianggap dapat menjadi sumber makanan di akhirat. Karena itulah pada sebagian makam raja-raja kita dapat menemukan semangka di dalamnya.

Dari Afrika, semangka dibawa ke negara-negara lain melalui Laut Mediterania. Pada abad ke-10 semangka menemukan jalannya ke Cina yang kini menjadi salah satu penghasil terbesar semangka. Di abad ke-13, Suku Moor membawanya ke Eropa. Sebenarnya tujuan Suku Moor dari Maroko pergi ke Eropa adalah untuk menaklukkan Spanyol dan Portugis. Di tengah perjalanan mereka memetik semangka dan membawanya ke Eropa. Orang-orang Spanyol yang melakukan penjelajahan lalu menemukan Benua Amerika. Merekalah yang memperkenalkan semangka di Amerika.

Selain sebagai buah, semangka juga termasuk ke dalam keluarga sayur mayur. Ia bersaudara dengan timun, labu kuning, dan labu siam alias cucurbitaceae. Itulah mengapa seluruh bagian semangka dapat dimakan. Meski hal ini tidak populer di Indonesia, kulit semangka adalah camilan yang umum di luar negeri. Kulit semangka dapat dioseng, diacar, dan dijadikan bahan baku salad. Kebiasaan lain yang tak umum di Indonesia tetapi umum di negara lain adalah menaburkan garam ke potongan semangka. Tujuannya agar meningkatkan rasa manis daging buahnya. Rasa manis semangka diketahui menurun ketika disimpan di dalam kulkas dan garam justru dapat membangkitkannya.

Semangka juga kini acapkali dinikmati bersama keju feta. Tujuannya tentu agar lebih fancy sekaligus instagramable. Versi yang lebih rumit menggunakan lebih banyak bumbu seperti minyak zaitun, merica, bawang, dan cuka balsamik. Tentu saja ini sangat berbeda dengan lidah orang Indonesia yang lebih suka menambahkan semangka ke dalam sop buahnya. Namun dimakan dalam bentuk polos maupun diolah menjadi makanan lain semangka tetaplah menarik mata. Dengan warnanya yang merah menyala, semangka cocok dijadikan properti foto musim panas. Tren ini mencapai puncaknya di tahun 2017 ketika influencer dari berbagai belahan dunia menggunakan potongan buah semangka sebagai aksesoris foto mereka. Selain itu, aksesoris berbentuk semangka seperti tas atau jepit rambut pun ikut laku keras.

Glow Recipe Watermelon

Glow Recipe

Tren terhadap semangka tak hanya menyerang dunia kuliner dan media sosial. Semangka mulai merambah industri kosmetik. Kesuksesan awal semangka berawal dari industri kecantikan Korea yang meliriknya sebagai bahan baku skincare. Semangka diketahui mampu menghidrasi kulit dengan baik, exfoliator, anti peradangan, dan anti radikal bebas. Selain itu semangka dianggap cocok untuk berbagai jenis kulit. Dimulai dari brand Glow Recipe yang mengangkat kedigdayaan semangka dalam industri kecantikan, kini berbagai brand kosmetik dari seluruh dunia berlomba menggunakannya. Termasuk dengan brand asal Indonesia, misalnya Emina.

Semangka termasuk menjadi buah yang populer di Jepang. Ini karena petani-petani di Jepang memutuskan untuk menumbuhkan semangka yang berbentuk kotak. Ternyata hal ini dilakukan agar semangka muat disimpan dalam kulkas. Namun pada dasarnya harga buah-buahan di Jepang tergolong mahal sehingga semangka yang berbentuk spesial pun memiliki harga lebih tinggi lagi. Bahkan semangka dapat ditumbuhkan dengan bentuk wajah manusia. Jepang juga memiliki varian semangka hitam yang tumbuh di Okinawa.

Suikawari

Suikawari | cupidojapan.com

Popularitas semangka menghasilkan budaya Suikawari. Asosiasinya sampai terbentuk tahun 1991 lalu meski kini sudah bubar. Suikawari adalah seni memecahkan semangka menggunakan tongkat. Orang yang ingin memecahkan semangka harus menutup matanya, persis seperti atraksi memukul pinata. Tak hanya di Jepang saja, ada banyak festival semangka di Amerika menunjukkan buah sekaligus sayur ini benar-benar dicintai publik. Contohnya Desoto County Watermelon Festival, Winston-Dillard Melon Festival, Potwin Kansas Watermelon Festival, dan masih banyak lagi. Diketahui ada negara lain yang menyelenggarakan festival semangka seperti China, Rusia, dan Bulgaria.

Click to comment

Leave a Comment

Heart Reef Pontoon Australia Heart Reef Pontoon Australia

Travel Guide: Itinerary to Australia 2020

Travel

black friday black friday

Pro Kontra Black Friday Dari Masa Ke Masa

Lifestyle

Death Doula Death Doula

Death Doula Sebagai Teman Menjelang Kematian

Lifestyle

Food Truck yang Makin Berjaya di Asia

Culture

Connect