Connect with us
Sara Fajira feat. Eddie Tripleks

Music

Sara Fajira feat. Eddie Tripleks: Julite Single Review

Dengar Sara Fajira nge-rap di single terbarunya tentang disorientasi diri.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Sara Fajira kembali merilis single terbaru bertajuk “Julite” pada 12 Februari 2021. Kali ini berkolaborasi dengan Eddie Tripleks yang mengisi komposisi musik untuk mengiringi lirik rap yang ditulis oleh Sara Fajira sendiri.

“Julite” merupakan lagu tentang seseorang yang memiliki masalah dengan dirinya sendiri, seperti memiliki gangguan kepribadian ganda atau disosiatif identitas. “Ini tentang aku berkelahi dengan pikiranku sendiri, dua kepribadian melawan satu sama lain. (Antara) Pikiran yang rusak dan pikiran yang stabil. Tapi sekali lagi, hanya dalam pikiranku (saja) yang memikirkan terlalu banyak tentang diriku yang rusak”, ungkap Sara melalui press resminya.

Sara Fajira feat. Eddie Tripleks

Sara Fajira feat. Eddie Tripleks

Ditulis hampir secara keseluruhan dalam bahasa Inggris, Sara menulis lagu hip-hop rap dengan energi yang swaggy. Cukup kontras dengan kerapuhan yang sebetulnya terkandung dalam lirik “Julite”. Jika disimak, pada bagian verse dibawakan dengan teknik vokal rap yang cukup mengejutkan dari Sara yang lebih dikenal dengan suara ala indie pop dengan liukan nada yang lembut. Pada bagian verse berisi tentang sisi negatif yang mengintimidasi diri; terlalu banyak berpikir, gelisah, depresi, stres, dan semua pikiran negatif yang disimpan di pikiran sendiri.

Kemudian pada bagian bridge menuju chorus, dibawakan Sara dengan kualitas warna vokal yang sudah tidak asing lagi bagi kita, dengan liukan dan nada tinggi menuju banger dari lagu. Diselipkan lirik dalam bahasa Indonesia ‘julit amat sih’ sebagai hook pada lagu yang cenderung hip-hop ini.

Pada bagian verse, Sara Fajira sudah cukup berhasil menulis lirik rap dalam bahasa Inggris yang berima dan memiliki flow yang enak. Berpadu dengan aransemen musik hip-hop rap dengan nuansa trap yang megah, Sara juga telah mengeksekusi bagian rap dengan sangat asik. Hype terus terjaga dengan baik hingga bridge menuju hook, namun sesampainya pada bagian chorus, terasa sedikit anti klimaks. Tidak ada peningkatan tempo maupun nada rap yang memberikan statement yang seharusnya krusial pada chorus lagu rap.

Namun secara keseluruhan, “Julite” merupakan single terbaru dari Sara Fajira memiliki konsep lirik dan aransemen yang terasa tulus dari musisi yang terkenal lewat track “Lathi” bersama Weird Genius. Dalam single kali ini, “Julite” lebih menonjolkan dirinya dalam lagunya, bahwa Ia adalah pemeran utamanya. Sebelumnya kita cenderung melihat Sara berdampingan dengan musisi-musisi besar seperti Melly Goeslaw hingga Titi DJ. Dimana Ia cenderung mengikuti style maupun genre yang menjadi root dari para musisi tersebut.

Kita masih menunggu-nunggu, sebetulnya genre dan persona seperti apa yang menjadi identitas dari Sara Fajira sebagai musisi? Semoga setelah “Julite”, kita bisa menikmati karya-karya baru tunggal dari Sara Fajira.

Click to comment

Marion Jola, Danilla, Ramengvrl Marion Jola, Danilla, Ramengvrl

Marion Jola, Danilla, Ramengvrl: Don’t Touch Me Single Review

Music

Lana Del Rey Lana Del Rey

Lana Del Rey: Blue Banisters, Text Book & Wildflower Wildfire

Music

Rag’n’Bone Man: Life in Misadventure Album Review

Music

Olivia Rodrigo Olivia Rodrigo

Olivia Rodrigo: Sour Album Review

Music

Advertisement
Cultura Live Session
Connect