Connect with us
Rina Sawayama
Photo: Jess Farran

Music

Rina Sawayama: Comme Des Garcons (Like The Boys) & XS

Angkat isu kapitalisme dan rasa percaya diri dengan musik R&B eksperimental.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Rina Sawayama baru saja merilis dua single terbaru yaitu Comme Des Garcons (Like The Boys) dan XS. Kedua single ini akan masuk dalam album debutnya yang akan rilis pada 17 April 2020 mendatang bertajuk Dirty Hit. Rina selalu memiliki pesan yang ingin disampaikan dalam setiap lagunya. Setelah membahas isu ‘microaggressions’ pada single STFU!, kali ini Rina mengangkat topik kapitalisme dan pentingnya rasa percaya diri.

Comme Des Garcons (Like The Boys) merupakan single dengan video klip yang dirilis terlebih dahulu pada Februari lalu. Melalui wawancaranya dengan Billboard, Rina hendak mengungkap rasa percaya dirinya sebagai badass woman melalui single ini. Ia juga mengaku terinspirasi dengan para kaum queer laki-laki masa kini yang sudah semakin vokal dan percaya dalam mengekspresikan diri mereka.

Single kedua ini memiliki aransemen musik disco-dance ala musik runway fashion yang elegan namun juga upbeat dan hip. Instrumen beat yang nge-bass sangat mendominasi, membuat musik terdengar berat namun tetap ditambahkan berbagai unsur beat pop yang memberikan variasi.

XS merupakan single terbaru yang dirilis pada 2 Maret 2020 kemarin. Dikutip dari Pitchfork, Rina Sawayama mengungkapkan bahwa lagu ini merupakan cemoohan pada kapitalisme di dunia yang sedang tenggelam. Dimana isu perubahan iklim dan kepunahan umat manusia sangat mungkin terjadi di masa depan, namun manusia masih bisa merilis kosmetik dengan warna pallette terbaru setiap minggunya. Dimana seorang selebritis sedang melakukan tour rumah mewah di Casablanca pada minggu yang sama sedang terjadi kebakaran di hutan Australia.

“Aku merasa bersalah karena aku juga telah buta, dimana membuatku depresi. Kita semua munafik, kita semua kita semua kapitalis, dan ini adalah jebakan, aku tidak melihat kita akan akan segera keluar (dari jebakan ini)”, tambah Rina.

Setelah bermain dengan musik rock pada lagu STFU!, Rina tampaknya ketagihan untuk menyelipkan genre tersebut pada lagu-lagunya. Rina bereksperimen dengan memadukan musik RnB 2000-an dengan rock sebagai aksen dalam aransemen yang muncul setelah hook pada XS. Terdengar sangat kontras, namun secara ajaib bisa terdengar cocok dan memberikan hasil aransemen musik yang kaya.

Menjadi soloist R&B merupakan tantangan besar bagi setiap musisi di era modern ini. Rina Sawayama merupakan salah satu yang berani tampil unik dengan materi yang berbobot. Melalui single Comme Des Garcons (Like The Boys) dan XS, jelas musisi satu ini hendak tampil dengan konsep original, eksperimental, dan pastinya mempresentasikan personanya yang eksentrik.

Click to comment

Leave a Comment

indra lesmana indra lesmana

Indra Lesmana: Little Things from the Heart Album Review

Music

Murphy Radio: Autumn/Sandy Single Review Murphy Radio: Autumn/Sandy Single Review

Murphy Radio: Autumn/Sandy Single Review

Music

Natinson Liga Dangdut Natinson Liga Dangdut

Natinson: Liga Dangdut Single Review

Music

musik indonesia dekade terakhir musik indonesia dekade terakhir

20 Karya Musik Indonesia Paling Penting Satu Dekade Terakhir

Music

Advertisement
Connect