Connect with us
Resident Evil 6
Photo: microsoft.com

Games

Resident Evil 6: Menarik Walau Melenceng Jauh dari Core Resident Evil

Resident Evil 6 berhasil dalam pencapaian action dan graphics.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Seri survival horror andalan Capcom ini selalu mampu memberikan rasa baru dalam setiap judul terbarunya. Akan tetapi, rasa itu tidak selamanya memuaskan. Seperti halnya Resident Evil 6 yang rilis Oktober 2012 lalu di PC.

Walaupun terdapat angka enam dalam judulnya, Resident Evil 6 sejatinya merupakan game ketujuh dalam seri survival horror. RE 6 juga merupakan judul ketiga yang merombak cara bermain dari seri ini secara penuh.

Resident Evil 6 Gameplay

Resident Evil 6 mengusung cerita baru, mengisahkan tentang kejadian yang melibatkan C-Virus. Para karakter andalan seperti Chris Redfield, Leon Kennedy, Ada Wong, hingga Sherry Birkin akan kembali beraksi dalam game ini. Didampingi dengan beberapa karakter baru, mereka berusaha menguak misteri terselubung di balik rangkaian kejadian terkait C-Virus tersebut.

Cerita yang Lebih Kompleks

Beberapa judul dalam seri Resident Evil biasanya mengusung penceritaan dari satu karakter utama. Namun, lain halnya dengan Resident Evil 6 yang tampil dengan cerita yang dapat dilihat dari empat sudut pandang. Hal tersebutlah yang membedakan Resident Evil 6 dengan dua judul Resident Evil sebelumnya. Di setiap segmennya, pemain akan diberikan insight mengenai konspirasi yang terjadi dalam game ini.

Pembagian segmen ini memberikan rasa baru dalam setiap playthrough-nya. Dengan dibaginya penceritaan menjadi beberapa segmen, setiap karakter diberi kesempatan untuk berkembang sehingga pemain bisa lebih peduli pada para karakter dan cerita secara keseluruhan.

Resident Evil 6 Gameplay

Resident Evil 6 Gameplay

Gameplay yang Jauh Lebih Seru

Resident Evil 6 merupakan judul ketiga dari seri kenamaan tersebut yang lebih action-oriented ketimbang survival horror. Pemain akan bertemu dengan ragam aksi yang memacu adrenalin. Poin tersebut menjadikan Resident Evil 6 akan sangat menghibur, terutama bagi yang mencari game penuh aksi.

Graphics Lebih Berwarna

Di setiap judul terbarunya, Resident Evil selalu berusaha untuk memberikan pembaruan. Salah satunya melalui graphics yang jauh lebih baik. Detail dan pewarnaan yang lebih segar membuat RE 6 tetap nyaman dimainkan walau dalam waktu lama.

Resident Evil 6 Gameplay

Bukan Seperti Resident Evil yang Dikenal Penikmatnya

Hal yang membuat Resident Evil terkenal adalah hadirnya elemen survival horror. Selain dihantui oleh para monster yang selalu mengintai, pemain juga harus bertahan hidup dengan sumber daya yang sangat terbatas diiringi dengan puzzle sepanjang permainan.

Akan tetapi, hal penting tersebut justru hilang dari Resident Evil 6. Demi memuaskan para penikmat game yang mainstream, Capcom menggantinya dengan game penuh aksi yang minim dengan elemen survival horror. Monster yang sangat sulit dihadapi dan puzzle yang membuat pemain berpikir keras dipastikan akan jarang ditemukan dalam game ini.

Resident Evil 6 Game

Tak dapat dipungkiri bahwa masing-masing dari empat segmen ini menghadirkan rasa yang berbeda dalam gameplay-nya. Akan tetapi, rasa tersebut hanya muncul pada paruh pertama, karena semua akhirnya kembali ke satu tema yang sama, yakni action. Bagian tersebut yang tak akan terlalu memuaskan, terutama bagi yang sudah mengikuti Resident Evil sedari kecil.

Kesimpulan

Resident Evil 6 adalah game yang berhasil dalam pencapaian action dan graphics. Akan tetapi, hilangnya cita rasa Resident Evil dalam judul ini belum bisa membuatnya terasa seperti seri yang dikenal para penikmatnya, walaupun sudah mengusung cerita sekelas film Hollywood yang penuh intrik.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect