Connect with us
Senigma
suspiria
Suspiria | Amazon Studios

Cultura Lists

Rekomendasi Film Horror Bertema Sekte

Berbagai film horror dengan kisah sekte sesat yang membuat kita bergidik.

Mendengar kata ‘sekte’ pasti akan membuat kita berasumsi tentang perkumpulan agama sesat yang menyembah iblis atau setan. Tema yang cukup suram dan mengerikan ini telah banyak diadaptasi menjadi berbagai karya film horror yang akan membuat kita bergidik. Film horor dengan tema cerita sekte identik dengan adegan-adegan dan fakta-fakta yang akan membuat penonton merasa tidak nyaman; mulai dari kegiatan yang menampilkan unsur sadistik hingga perilaku seksual yang menyimpang.

Tahun 2019 pun tidak lepas dari rilisnya berbagai judul film horor dengan cerita yang bertema sekte. Mulai dari “Midsommar” hingga yang terbaru adalah “The Lighthouse”. Tak ketinggalan sineas lokal, Joko Anwar juga merilis film bertema sekte terbaru yang berjudul “Perempuan Tanah Jahanam”.

Film dengan genre ini memiliki screenplay yang diawali dengan fase cerita yang tenang. Namun siap memberikan kejutan dengan plot twist yang mengerikan mendekati akhir kisah. Berikut beberapa rekomendasi film horror bertema sekte yang patut ditonton.

Suspiria (2018)

“Suspiria” yang disutradarai oleh Luca Guadagnino merupakan film remake dari “Suspiria” yang rilis pada tahun 1977. Bercerita tentang seorang penari Suzy Bannion yang diperankan oleh Dakota Johnson. Suzy adalah penari muda asal Amerika yang pindah ke Berlin untuk bergabung dengan Helena Markos Dance Co. Dibalik kegiatan menari yang menunjukan keanggunan dan keindahan, tersembunyi rahasia di sanggar tari tersebut yang berhubungan dengan kegiatan sekte penyihir.

Film versi remake ini memiliki sinematografi dan penampakan visual yang lebih indah jika dibandingkan dengan versi originalnya. Diawali dengan cerita yang menggantung dan penuh dengan makna terselubung, kita akan dikejutkan dengan adegan final yang “meledak”. Film horor satu ini tampak artistik sekaligus tidak nyaman dan gore secara bersamaan.

Hereditary (2018)

“Hereditary” merupakan salah satu film horor terbaik yang rilis pada tahun 2018 silam. Film disutradarai oleh Ari Aster, sineas berbakat yang juga menyutradarai film “Midsommar”. “Hereditary merupakan film debut Ari dalam memproduksi genre horor.

Bercerita tentang keluarga Graham yang baru saja ditinggal oleh sang nenek yang meninggal dunia. Belum sembuh dari kesedihan tersebut, mereka harus kehilangan anak kedua mereka, Charlie dalam sebuah kecelakan. Kesedihan yang dialami keluarga Graham menjadi pintu gerbang bagi mereka untuk terjerumus dalam rahasia keluarga yang disimpan oleh mendiang nenek selama ini.

“Hereditary” bukan film horor yang penuh dengan jumpscare dan kaya adegan. Film ini secara bertahap akan membawa kita menuju akhir yang tidak pernah kita duga semenjak pertama kali menonton film ini. Dibutuhkan kesabaran saat menikmati film horor bertema sekte satu ini.

Hereditary Review

Pengabdi Setan (2017)

Berikutnya ada film horor bertema sekte dari lokal yang berkualitas, “Pengabdi Setan”. Film ini merupakan buah tangan dari sineas ternama Indonesia, Joko Anwar. Film ini merupakan remake-prequel dari film horor lama dengan judul serupa yang disutradarai oleh Sisworo Gautama Putra.

Rini yang diperankan oleh Tara Basro, adalah anak pertama di keluarganya yang harus merawat saudara-saudaranya dan ibunya yang sakit. Hingga akhirnya sang ibu meninggal dunia dengan cukup mengejutkan. Semenjak meninggalnya ibu, Rini dan adik-adiknya diganggu oleh kekuatan supranatural yang diyakini adalah ibunya.

“Pengabdi Setan” merupakan salah satu film horor terbaik Indonesia di era modern. Film ini memiliki segala unsur yang mendukung sebagai film horor yang berkualitas. Mulai dari editing, sinematografi, dan scoring yang membangun suasana seram bagi penontonnya.

The Craft (1996)

“The Craft” merupakan salah film sekte ikonik dengan cerita yang paling ringan diantara judul-judul lain dalam list ini. Bercerita tentang Sarah, gadis lugu yang baru saja pindah ke Los Angeles. Sarah memiliki kekuatan telekinetik yang menarik perhatian Bonnie, Rochelle, dan Nancy. Mereka bertiga sedang mencari anggota keempat untuk melangsungkan sebuah ritual.

Film drama sekte satu ini kental akan cita rasa teenlit dan chick flick yang ringan, namun dikemas dengan tema gothic tentang witchcraft di era modern. Film satu ini tidak terlalu mengeksploitasi unsur sadistik dan gore. Namun tetap memiliki unsur sekte dengan komposisi yang pas melalui perspektif sekumpulan remaja.

The Witch (2015)

“The Witch” merupakan film garapan Robert Eggers dengan tema historical drama yang berlatar di Inggris pada tahun 1630-an. Sebuah keluarga dengan lima anak meninggalkan desa dan membangun peternakannya sendiri di dekat sebuah hutan belantara. Bukannya kehidupan yang makmur dan bebas, Thomasin dan keluarganya mengalami berbagai kutukan bertubi-tubi yang semakin hari semakin memperburuk kepercayaan masing akan Tuhan dan anggota keluarga satu sama lain. Thomasin sebagai anak gadis pertama dituduh sebagai penyihir yang membawa kutukan dalam keluarga tersebut.

“The Witch” memiliki nuansa yang sama dengan film “Hereditary” dan “Midsommar”. Tiga film tersebut berasal dari rumah produksi yang sama, A24. “The Witch” menyajikan cerita rakyat Eropa tentang penyihir yang dikemas dengan sinematografi dan editing artistik. Setiap pemain juga berkontribusi dengan penampilan akting yang maksimal dan menghidupkan film horor satu ini.

The Witch Review

Click to comment

Leave a Comment

ratu ilmu hitam review ratu ilmu hitam review

Ratu Ilmu Hitam Review

Film

love for sale 2 cast love for sale 2 cast

Love for Sale 2 Spoiler Review: Menyoal Masyarakat dan Pernikahan

Film

love for sale 2 review love for sale 2 review

Love for Sale 2 Review

Film

catch the ghost catch the ghost

Catch The Ghost Review

TV

Connect