Connect with us
Puka Beach
Puka Beach (Photo by Erwin Lim)

Travel

Rekomendasi Destinasi Liburan di Filipina

Seperti Indonesia, Filipina juga memiliki berbagai etnis dan kebudayaan yang beragam.

Asia Tenggara memang surga atas kekayaan alam dan budaya yang sangat beragam. Negara-negara kepulauan di Asia Tenggara selalu memiliki pesona tersendiri dalam menarik wisatawan, mulai dari wisata bahari, hutan, pedesaan, atau sekedar menghabiskan waktu di kota dengan berbagai hiburannya yang tak kalah menarik.

Jika tertarik untuk menelusuri kepulauan Asia Tenggara di luar Indonesia, Filipina merupakan pilihan tepat untuk masuk ke dalam wishlist liburan. Pandemi COVID-19 yang sudah berlangsung lebih dari satu tahun menjadikan kita sangat jenuh dengan pemandangan sehari-hari. Liburan adalah opsi yang menarik untuk menyegarkan kembali pikiran dan raga kita, supaya kuat menjalankan rutinitas yang kadang-kadang terasa berat.

Calle Crisologo

Calle Crisologo, Ilocos Sur

Mengapa kita harus mengunjungi Filipina? Terdapat beberapa alasan untuk itu. Pertama, biaya hidup yang tidak jauh berbeda dengan di Indonesia membuat kita dapat mengatur budget dengan lebih leluasa. Bahkan dalam beberapa hal, Filipina bisa lebih murah dari Indonesia, contohnya dalam hal akomodasi.

Kedua, bahasa Inggris telah cukup banyak digunakan di Filipina, sehingga hal ini akan memudahkan wisatawan dalam berkomunikasi dengan warga lokal. Akan sangat menyenangkan kalau kita bisa memperoleh informasi dan bergaul dengan warga lokal ketika liburan.

Ketiga, destinasi wisata yang lengkap, seperti pantai dan laut dengan air super jernih, hutan-hutan yang masih terjaga, bukit dengan pemandangan unik, bahkan wisata sejarah peninggalan kolonial pun tersebar luas, seperti gereja-gereja kuno sebagai bukti penyebaran agama katholik di Filipina.

Seperti Indonesia, Filipina juga memiliki berbagai etnis dan kebudayaan yang beragam. Ditambah lagi, Filipina merupakan bekas koloni Spanyol dan Amerika, sehingga telah terdapat percampuran budaya yang khas dan tidak bisa ditemui di Indonesia.

Menikmati Hawa Sejuk di Baguio, Benguet

Baguio merupakan kota di Provinsi Benguet yang penuh dengan destinasi wisata yang menyegarkan. Baguio telah dijuluki sebagai “City of Pines”, terkenal sebagai daerah sejuk yang populer dikunjungi ketika musim panas. Dari Manila, cukup diperlukan waktu sekitar 4-6 jam untuk sampai di wilayah ini.

Mirador Jesuit Villa Labyrinth

Mirador Jesuit Villa Labyrinth

Banyak pilihan resort di Baguio, salah satunya Mirador Jesuit Villa. Mirador Jesuit Villa menawarkan perjalanan sejarah dan spiritual dipadukan dengan jalur bambu, rumah retret Mirador, stasiun cuaca, labirin, hingga kafe outdoor yang menghadap kota dengan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan.

Armando’s Lemon Farm

Armando’s Lemon Farm

Jika ingin berjalan-jalan di sekitar kota Baguio, pastikan mampir ke Museum Bencab, mata akan dimanjakan oleh beragam visual arts. Provinsi Benguet juga terkenal akan perkebunannya, seperti Armando’s Lemon Farm dan Polig Berry Farm. Menikmati buah yang baru dipetik langsung sambil menikmati pemandangan kedengarannya asyik, bukan?

Arsitektur Gaya Spanyol di Ilocos Norte dan Ilocos Sur

Ilocos Norte dan Ilocos Sur adalah dua provinsi yang berbeda, namun masih dalam wilayah Ilocos. Kedua provinsi ini sama-sama memiliki pesona kebudayaan dan sejarah yang bisa membuat wisatawan seperti kembali ke masa lalu.

Kota Paoay, Paoay Sand Dunes (Bukit Pasir Paoay) yang terkenal, memberikan pengalaman berada di gurun yang seru dan mendebarkan bagi para wisatawan dengan kegiatan-kegiatan seru seperti sandboarding, ATV, dan naik truk 4×4.

Sandboarding di Paoay Sand Dunes

Sandboarding di Paoay Sand Dunes

Di Ilocos Norte, kita dapat berkunjung ke Gereja Paoay, salah satu gereja Katolik tertua di Filipina. Gereja ini dibangun pada tahun 1600-an. Gereja ini telah menjadi warisan budaya UNESCO dan memiliki aristektur yang unik.

Paoay Church

Paoay Church

Di Ilocos Sur, jalanan Calle Crisologo yang terkenal di Vigan City selalu menjadi destinasi liburan yang menyenangkan bagi wisatawan. Suasana jalan raya kuno dengan bangunan khas Spanyol terpelihara dengan indah, apalagi di malam hari dengan lampu-lampunya, merupakan pemandangan yang sayang dilewatkan. Jadi, jika berkunjung ke Filipina, jangan sampai lewatkan yang satu ini.

Boracay yang Klasik Tetap Wajib Dikunjungi

Liburan ke Filipina sama sekali tidak lengkap kalau tidak bersantai di pantai dengan pasir putihnya yang menawan dan langit birunya yang menghampar luas.

White Beach Filipina

White Beach (Photo by Erwin Lim)

Di pesisir barat, terdapat White Beach yang diiringi oleh pohon palem, bar, dan restoran. Di pesisir timur, terdapat angin kencang yang menjadikan pantai Bulabog sebagai wisata atraksi air. Tidak jauh dari sana, terdapat dek observsai di gunung Luho, menyajikan pemandangan pulau yang menawan.

Banyak sekali aktivitas yang bisa kita lakukan di pulau kecil Boracay. Mulai dari snorkeling, scuba diving, berpetualang ke destinasi pantai, island hopping, spa, hingga beragam restoran dan nightlife untuk melepas penat pun bisa kita dapatkan di Boracay.

Boracay Island

Boracay Island

Menariknya lagi, pemerintah Filipina memberlakukan regulasi baru dimana terdapat pembatasan bagi pebisnis yang ingin menanam modalnya di Boracay, sehingga tidak terjadi over development. Jika regulasi ini terus berjalan dengan baik, keindahan alam dan kekhasan Boracay akan terus terjaga.

Rizal, Surga Bagi Para Pecinta Seni

Di Provinsi Rizal, terdapat Pinto Art Museum dan galeri Art Sector yang menawarkan beberapa karya terbaik dari dunia seni kontemporer Filipina. Lokasi ini terkenal akan pameran bergaya mission style dan dikelilingi oleh taman yang rimbun dan cocok untuk bersantai. Para wisatawan yang datan juga disuguhi dengan pemandangan pegunungan dan danau yang luar biasa.

Pinto Art Museum

Pinto Art Museum

Rizal juga memiliki hidden gems, salah satunya adalah Burrow Café di mana pengunjung bisa menyatu dengan alam di ruang rimbun yang dikelilingi hutan lebat. Untuk menuju kesini kalian harus menuruni 76 anak tangga dari jalan utama. Bagaimana, unik sekali bukan?

Mencicipi Manisnya Bacolod

Jika  tertarik untuk berwisata yang memanjakan lidah sekaligus dimanjakan oleh suasana pedesaan, Bacolod bisa masuk daftar selanjutnya. Bacolod adalah ibu kota provinsi Negros Occidental, sering disebut sebagai ibu kota gula Filipina. Mengapa dinamakan begitu? Jawabannya karena Bacolod merupakan lokasi yang sentral dalam kawasan penghasil gula di Filipina.

Casa Gamboa

Casa Gamboa

Salah satu tempat menginap yang direkomendasikan adalah Casa Gamboa, sebuah bangunan yang didirikan oleh Aguinaldo Severino Gamboa dan istrinya, Alicia Lucero Gamboa pada tahun 1939. Setelah itu, kita bisa berkeliling mengunjungi The Ruins atau yang dikenal juga dengan Taj Mahal Filipina, menikmati pameran seni visual di Bacolod Art District, serta menikmati masakan klasik Visayan dari Emma Lacson’s House, Ann Co Cakes, dan El Ideal Bakery.

The Ruins

The Ruins

Satu hal lagi yang menarik dari Bacolod adalah MassKara Festival yang diadakan tiap tahun. Meriahnya festival ini telah memberi kesempatan bagi turis lokal maupun internasional untuk bersenang-senang.

Ketika nanti pintu pariwisata dunia terbuka kembali, atraksi-atraksi baru maupun yang sudah ada sejak lama akan siap menyambut masyarakat.

Click to comment

10 Rekomendasi Film Berlatar di Pesawat yang Menegangkan

Cultura Lists

Film tentang ayah Film tentang ayah

10 Rekomendasi Film Drama Bertema Fatherhood

Cultura Lists

Rekomendasi Film Bertema Mafia Rekomendasi Film Bertema Mafia

10 Rekomendasi Film Bertema Mafia

Cultura Lists

Xtreme Netflix Xtreme Netflix

10 Rekomendasi Film Terbaru Netflix (Juni 2021)

Cultura Lists

Advertisement
Cultura Live Session
Connect