Connect with us
Rafi Sudirman: When I’m All Alone Single Review

Music

Rafi Sudirman: When I’m All Alone Single Review

Bawakan lagu berlirik mellow dengan musik Pop Easy Listening yang ceria.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Rafi Sudirman merilis single terbaru yang bertajuk “When I’m All Alone”. Lagu ini merupakan single pertama untuk project musik Rafi selanjutnya pada tahun 2020, Ia telah berencana untuk merilis EP kedua. Sebelumnya Ia telah merilis EP pertama bertajuk Bedroom Mix, Vol. 1 pada tahun 2019 lalu.

When I’m All Alone merupakan lagu dengan tema yang memadukan kisah percintaan dan self-love. Dari judul dan cover lagu, mungkin awalnya kita akan memiliki ekspektasi bahwa lagu ini mengandung lirik patah hati dengan alunan musik Pop Ballad. For the element of surprise, Rafi Sudirman memang ingin memberikan sentuhan plot-twist untuk single terbarunya ini. Tak hanya dalam pemilihan aransemen musik yang bernuansa Pop easy listening, namun juga pada kisah yang ditulis dalam lirik lagu.

“Mungkin judulnya sedih banget ya, ‘When I’m All Alone. Tapi, saya di sini buat plot-twist dimana liriknya sedih, tapi vibe lagunya senang, karena memang tujuannya pesan yang ingin saya sampaikan tuh berlawanan dari judulnya yang sedih”, ungkap Rafi tentang lagu yang tulis dan compose sendiri ini.

Ditulis dalam lirik bahasa Inggris, setiap bait lirik mengandung kata-kata sederhana yang mudah dipahami. Pada babak awal lagu, kita akan mendengar kisah percintaan yang tampaknya hendak berakhir. Memasuki babak akhir lagu, terdengar lirik, ‘cause I’m so happy when I’m all alone..’ yang menunjukan kelapangan dada dalam menghadapi perginya sang kekasih.

Tak sekedar memberi ‘obat pelipur lara, Rafi hendak mengajak pendengarnya untuk mencintai diri sendiri sebelum mencintai orang lain melalui lagu When I’m All Alone ini.

Untuk aransemen lagunya, penyanyi lulusan “Di Atas Rata-Rata” ini, ingin bereksperimen dengan warna musik yang baru. Instrumen gitar, dengan efek electro yang lembut dipilih menjadi statement dari aransemen musik. Hingga memasuki verse kedua yang ditambah dengan instrumen bass dan beberapa unsur electro untuk mengakselerasikan musik pengering. Aransemen yang termasuk sederhana dan simple ini memberikan porsi lebih untuk Rafi Sudirman dengan kualitas vokalnya yang sudah tak perlu ditanya lagi.

Mungkin komposisi dan materi lagu ini bukan hal baru bagi kita yang sudah sering mendengar lagu Pop easy listening. Namun merupakan materi baru yang datang dari Rafi Sudirman. “Saya ingin single saya satu ini bisa berpengaruh untuk teman-teman di luar sana. Karena tujuan utama saya bukan pengen ngehits atau meledak atau yang lain-lain, malah pengennya tuh this song heals you”, itulah harapan Rafi Sudirman akan single terbarunya ini.

Click to comment

Leave a Comment

indra lesmana indra lesmana

Indra Lesmana: Little Things from the Heart Album Review

Music

Murphy Radio: Autumn/Sandy Single Review Murphy Radio: Autumn/Sandy Single Review

Murphy Radio: Autumn/Sandy Single Review

Music

Natinson Liga Dangdut Natinson Liga Dangdut

Natinson: Liga Dangdut Single Review

Music

musik indonesia dekade terakhir musik indonesia dekade terakhir

20 Karya Musik Indonesia Paling Penting Satu Dekade Terakhir

Music

Advertisement
Connect