Connect with us
Senigma
spider man

Film

Perkembangan Film Animasi dari Masa ke Masa

Dimulai dari awal tahun 1900an ada banyak perkembangan dan perubahan yang membuat film animasi bisa seperti sekarang.

Di tahun 2018, para penggemar film dikejutkan dengan film Spider-Man terbaru yang kali ini keluar sebagai film animasi. Film yang dimaksud adalah Spider-Man: Into The Spider-Verse yang disutradarai oleh Bob Persichetti, Peter Ramsey dan Rodney Rothman. Spider-Man: Into The Spider-Verse berhasil memberikan pengalaman baru bagi penonton dengan visual dan tekhnik animasi yang mengagumkan. Dalam mengikuti perjalanan karakter Miles Morales, penonton seakan ikut diajak masuk ke dunia komik dan memberikan pengalaman yang bahkan tidak dapat dicapai oleh film live-action.

Visual luar biasa dari film ini tidak terlepas dari kerja keras dibalik proses produksinya. Dibutuhkan waktu dua tahun untuk menghasilkan animasi berdurasi sepuluh detik yang sesuai dengan visi producer mengenai gaya visual yang ingin dicapai. Film ini juga melibatkan begitu banyak animator dari belahan negara bahkan sempat merekrut sebanyak 177 animator. Perkembangan film animasi dari masa ke masa bukanlah proses yang instant. Dimulai dari awal tahun 1900an ada banyak perkembangan dan perubahan yang membuat film animasi bisa seperti sekarang.

felix the cat

The Silent Era (1900 – 1930)

Sebelum mencapai abad ke-20 sebetulnya manusia telah memiliki prinsip-prinsip animasi meskipun belum dapat menyempurnakannya. Dari alat-alat seperti Thaumatrope, Phenakitoscope, Zoetrope dan Praxinoscope manusia telah bermain dengan ilusi gambar yang bergerak. Baru di awal abad ke-20 para artist berusaha berlomba-lomba menyempurnakan tekhnik animasi. Humorous Phase of Funny Face (1906) dan Fantasmagoire (1908) adalah dua animasi pertama yang diciptakan. Humorous Phase of Funny Face dianimasikan menggunakan tekhnik stopmotion, sedangkan, Fantasmagoire dianimasikan menggunakan tekhnik menggambar tradisional. Keduanya masih sama-sama belum memiliki sebuah narasi dan masih terlihat sebagai sebuah eksperimen para artist dalam menggerakan gambar.

Di tahun 1914, Winsor Mcay mengeluarkan film animasi berjudul Gertie the Dinosaur. Gertie the Dinosaur adalah film animasi pertama yang menggunakan tekhnik keyframe. Pergerakan animasi di film ini sangat menganggumkan bahkan menjadi inspirasi untuk generasi animator berikutnya. Di tahun 1919, Felix the Cat yang dibuat oleh dua animator, Pat Sullivan dan Otto Messmer menjadi film animasi pertama yang berhasil menarik perhatian penonton secara luas. Film animasi ini hanya berdurasi sekitar 5 menit dan baru diiringi oleh musik.

Kesuksesan dari Felix The Cat mulai menurun ketika film animasi mulai menggunakan suara dan tidak hanya tergantung dengan iringan musik. Steamboat Willie adalah film animasi bersuara pertama yang keluar pada tahun 1928. Film animasi ini diproduksi oleh rumah produksi animasi Walt Disney yang ditemukan di tahun 1923. Film ini juga menjadi film pertama dimana bintang utama Disney, Mickey Mouse muncul ke layar kaca. Meskipun belum menggunakan dialog, Steamboat Willie menggunakan banyak efek suara untuk mendukung narasi cerita yang disampaikan.

Salah satu tokoh yang berpengaruh di era ini adalah Walt Disney. Ia menjadi pelopor perkembangan film animasi melalui rumah produksinya Walt Disney. Dari film-film animasi yang ia buat Walt Disney berhasil meraih 7 penghargaan Emmy Award dan 22 penghargaan Oscar.

looney tunes

The Golden Age of Animation (1930 – 1960)

Golden Age merupakan masa dimana film animasi mendapatkan banyak apresiasi dari masyarakat luas. Di masa ini film animasi mulai keluar dari masa hitam putih dan menggunakan warna. Film animasi pendek juga mulai berkurang peminatnya karena kemunculan televisi. Di era ini muncul banyak karakter-karakter kartun ikonik yang populer hingga sekarang. Mickey Mouse, Donald Duck, Bugs Bunny, Popeye, Tom and Jerry dan Betty Boop muncul di era ini. Di masa ini serial animasi masih hanya dinikmati di bioskop dan belum dapat dinikmati dari layar televisi.

Di tahun 1930, rumah produksi Warner Brothers pertama kali didirikan. Warner Brothers terkenal melalui serial animasi pendeknya Merrie Melodies dan Looney Tunes. Dari kedua serial ini Warner Brothers memperkenalkan karakter-karakter seperti Bugs Bunny, Daffy the Duck, Porky Pig dan Elmer Fudd.
Di era keemasan dari animasi ini, Walt Disney mengeluar mengeluarkan film panjang animasi pertama Snow White and The Seven Dwarfs. Film animasi bergenre fantasi musical ini diangkat dari cerita asal Jerman karangan Grimm bersaudara. Film ini dibuat dengan tehnik menggambar tradisional dan menghabiskan 1,5 juta seluloid. Film ini juga menjadi film yang membentuk identitas Disney dan membuat formula film fantasi musical yang bertahan hingga sekarang. Selain Snow White and The Seven Dwarfs, Disney juga mengeluarkan film panjang lainnya seperti Pinocchio, Fantasia, Dumbo dan Bambi.

the flintstones

The American Television Era (1960 – 1980an)

Kemunculan televisi memaksa para rumah produksi animasi untuk beradaptasi dan berlomba-lomba membuat serial animasi di televisi. Di era ini dua channel animasi terbesar pertama kali berdiri yaitu Disney Channel pada tahun 1983 dan Nickelodeon pada tahun 1977. Kedua channel ini menjadi pelopor yang membuat animasi dikenal lebih luas dan mengembangkan serial animasi di televisi.

Serial animasi pertama yang pertama kali tayang di layar televisi adalah Flintstones pada tahun 1960. Flintstones adalah serial karangan Hanna-Barbera yang dibuat untuk ABC. Serial animasi yang mengambil cerita di jaman batu ini sukses meraih kesuksesan dan berhasil tayang selama tiga dekade. Selain Flintstones, Yogi the Bear dan Pink Panther Show juga menjadi film animasi yang terkenal pada era ini. Di jaman ini juga merupakan masa dimana Anime atau animasi jepang mulai memberikan dampaknya pada penonton amerika dari serial Star Blazers dan Robotech.

toy story pixar

Modern Era (1980 – Sekarang)

Di era modern terjadi sebuah revolusi animasi karena kemunculan komputer yang dapat membuat CGI (Computer Generated Imagery) dan mengganti tehnik animasi tradisional. Tekhnik mengambar tradisional menjadi berkurang dan diganti oleh animasi tiga dimensi. Kemampuan komputer yang dapat membuat model 3D yang dapat digerakan mendominasi film animasi hingga sekarang. Film animasi pendek pertama yang menggunakan CGI adalah The Advantures of Andre and Wally B yang keluar pada tahun 1984. Film animasi ini dibuat oleh rumah produksi Graphic Group yang nantinya menjadi dasar dari berdirinya rumah produksi animasi Pixar. Pixar sendiri menjadi rumah produksi pertama yang pertama kali memproduksi film animasi 3D populer Toy Story di tahun 1995.

Perkembangan film animasi dari era hitam putih hingga sekarang berjalan dengan begitu pesat. Setiap tahunnya para penggemar film animasi dikejutkan dengan film – film animasi berkualitas yang dapat dinikmati di layar lebar. Film animasi pun sekarang dapat dinikmati oleh berbagai kalangan dari anak – anak hingga dewasa. Visual yang ditawarkan di film Spider-Man: Into The Spider-Verse menjadi sebuah bukti bahwa film animasi masih bisa berkembang lebih jauh lagi. Tidak ada yang tahu kira – kira tekhnologi dan revolusi baru apa yang akan merubah film animasi kedepannya. Peruahan bukanlah sebuah hal yang buruk, semoga rumah produksi animasi tidak berhenti melakukan inovasi dan selalu memberikan pengalaman baru bagi para penontonnya.

Click to comment

Leave a Comment

crazy love review crazy love review

Crazy Romance Review: Sajian Romansa Komedi Yang Menghibur

Film

suspiria suspiria

Rekomendasi Film Horror Bertema Sekte

Cultura Lists

ratu ilmu hitam review ratu ilmu hitam review

Ratu Ilmu Hitam Review

Film

love for sale 2 cast love for sale 2 cast

Love for Sale 2 Spoiler Review: Menyoal Masyarakat dan Pernikahan

Film

Connect