Connect with us
Imperator Furiosa Mad Max Fury
Imperator Furiosa (Mad Max Fury Road) | Warner Bros.

Cultura Lists

Perempuan-perempuan Tangguh dalam Film dan Serial TV

Mengapresiasi karakter-karakter perempuan tangguh dalam film & serial TV di Hari Kartini.

Film dan serial televisi tak pernah sepi dari ide-ide luar biasa. Namun masih banyak kritikan yang terus dialamatkan pada industri ini. Salah satunya adalah keterwakilan perempuan. Masih banyak film maupun serial TV yang menggambarkan perempuan dalam karakter-karakter penuh stereotip. Padahal, dengan menggambarkan perempuan hanya dari satu kacamata, hal ini akan mendorong bias. Seakan semua perempuan digambarkan seperti yang ada dalam film maupun serial.

Di Hari Kartini ini, saatnya kita mengapresiasi karakter-karakter perempuan tangguh yang ada dalam film maupun serial TV. Kita perlu mendukung adanya karakter perempuan yang beragam sehingga perempuan tidak digambarkan itu-itu saja.

Perjuangan Kartini maupun pahlawan lainnya tak boleh hanya berhenti dari segi pendidikan. Perempuan tak hanya harus terdidik tapi juga diakui perannya oleh masyarakat.

Louise Banks arrival

Louise Banks

Louise Banks – Arrival (2016)

Louise adalah seorang ahli bahasa yang berusaha menginterpretasikan pesan dari alien yang datang ke bumi. Ini mungkin salah satu film sci-fi paling sendu selain Gravity maupun Interstellar. Film ini memang memberikan plot twist yang menyakitkan karena ternyata Louise sudah tahu apa yang akan terjadi. Namun kita akan melihat Louise sebagai seorang perempuan yang begitu tegar menghadapi takdirnya.

Murph – Interstellar (2014)

Berkat Murph, kode yang dapat membantu keberlangsungan hidup umat manusia dapat dipecahkan. Murph memahami bahwa “hantu” yang ada di kamarnya sebenarnya adalah makhluk dari dimensi lain. Awalnya Murph mengira bahwa ia dikhianati sang ayah yang tak pernah kembali dalam perjalanan ke luar angkasa. Namun Murph akhirnya berhasil melampaui seluruh batasan jarak dan waktu untuk bertemu sang ayah di hembusan napas terakhir.

Gamora Marvel

Gamora

Gamora – Guardian of The Galaxy (2014)

Zoe Saldana mungkin adalah satu dari sedikit aktris yang mampu terlihat keren dan cantik walau berperan sebagai alien berkulit hijau—atau biru. Ia memerankan Gamora yang kuat dan berani. Dari sorot matanya saja kita bisa tahu seberapa tegas Gamora pada pendiriannya. Walaupun Guardian of The Galaxy dikenal menarik dan lucu, tokoh Gamora justru membuat film ini menjadi lebih lengkap.

Rita Vrataski – Edge of Tomorrow (2014)

Tak hanya berperan sebagai tentara yang memiliki rekor hebat dalam membunuh alien, Rita juga berperan sebagai mentor bagi William yang masuk dalam time loop. Rita memberi tahu William bagaimana ia harus memenangkan pertempuran dengan para alien. Setiap kali William terbunuh, waktu akan kembali berputar di masa ia hidup sehingga ia kembali ke medan perang.

Eowyn – The Lord of The Rings (2001-2003)

Mungkin beberapa orang lebih fokus pada bagaimana Eowyn yang cintanya bertepuk sebelah tangan. Namun ia adalah seseorang yang gagah berani dan maju ke medan pertempuran bersama seorang hobbit. Ia juga tidak takut dalam melawan salah satu pelayan terkuat Sauron. Eowyn melakukannya karena begitu sayang pada sang raja yang juga pamannya sendiri.

Evelyn Salt

Evelyn Salt

Evelyn Salt – Salt (2010)

Sebagai seorang mata-mata saja sebenarnya Evelyn sudah benar-benar tangguh. Namun ketangguhannya diuji ketika ia dituduh sebagai pengkhianat. Evelyn juga tak dapat menemukan suaminya dan tak memiliki siapapun yang dapat membantunya.

Katnis Everdeen – The Hunger Games

Katniss Everdeen

Katniss Everdeen – The Hunger Games (2012)

Katniss adalah kepala keluarga bagi ibu dan adik perempuannya. Ialah yang berburu dan mencarikan mereka makanan. Ia juga yang rela untuk menggantikan adiknya masuk ke dalam games di mana hanya ada satu pemenang yang dapat bertahan hidup. Hidup Katnis yang benar-benar sulit tidak membuatnya menjadi orang yang pasrah. Katniss justru terlatih bermental baja.

Rey – Star Wars: The Force Awakens (2015)

Salah satu hal yang dipuja-puja oleh publik dari karakter Rey adalah ia berpakaian tertutup. Mungkin hanya 10% dari bagian tubuhnya terlihat. Mengapa ini menjadi hal luar biasa? Sebab seringkali karakter perempuan di industri hiburan harus memenuhi standar kecantikan tertentu—yang berdasarkan sudut pandang lelaki. Misalnya cantik, langsing, dan seksi. Namun Rey mendobrak standar itu.

Kill Bill

The Bride | Artwork by Mike Mitchell

The Bride – Kill Bill (2003)

Terbangun dari koma di rumah sakit dalam kondisi keguguran dan tubuh yang sulit digerakkan, The Bride berhasil kabur. Ia juga akhirnya membalas dendam kepada orang-orang yang telah menyakitinya.

Imperator Furiosa

Imperator Furiosa

Imperator Furiosa – Mad Max: Fury Road (2015)

Ia berusaha kabur dari seorang tiran yang hidup dengan cara sangat-sangat menjijikkan. Di sini kita akan melihat banyak adegan balapan d gurun tandus dengan kendaraan yang super besar. Imperator Furiosa benar-benar tokoh yang super badass. Selain karena karakter dan plot dari film ini yang memang unik, Charlize Theron sendiri betul-betul berhasil memerankan tokoh tersebut.

Hua Mulan – Mulan (penanyangan ditunda)

Seandainya film ini sudah dirilis kita akan melihat perempuan badass dari China yang terjun ke medan perang demi menggantikan sang ayah. Sayangnya ini adalah salah satu film yang ditunda rilisnya karena pandemi global. Tapi dari versi animasinya sendiri, Mulan memang tipe perempuan jagoan. Ia tak hanya menyamar menjadi lelaki tapi juga bertarung dengan sungguh-sungguh.

Geum Ja – Hyena (2020)

Geum Ja adalah pengacara oportunis, mata duitan, dan bermuka tebal. Memang kedengarannya gambaran karakter seperti ini negatif. Namun justru di sini titik menariknya. Kita seringkali melihat karakter perempuan digambarkan bersaing dengan perempuan lain memerebutkan seorang lelaki. Tetapi di kdrama ini, Geum Ja saling merebut klien dengan pengacara saingannya yang juga seorang lelaki. Justru kdrama ini menunjukkan baik perempuan maupun lelaki sama-sama ambisius dalam berkarir.

Dong Baek – When The Camellia Blooms (2019)

Umumnya, ada dua cara orang memandang single parent. Pertama, ia menyedihkan karena tidak memiliki suami sehingga patut dikasihani. Kedua, ia adalah perebut suami orang. Namun kedua stigma tersebut dipatahkan oleh Dong Baek di serial When The Camelia Blooms. Ia sangat percaya diri, memiliki wibawa, dan tegas dalam menjalani hidupnya. Ia menunjukkan bahwa orang tidak bisa memandangnya sebelah mata.

Sun Young – Chief of Staff (2019)

Seringkali dalam politik perempuan hanya ditampilkan sebagai pelengkap. Entah sebagai jubir yang cantik atau seseorang yang hanya bisa menangani isu perempuan. Namun di sini Sun Young menunjukkan bahwa ia mampu bermain dalam intrik-intrik politik. Ia berani mengambil risiko, cerdas, dan berdedikasi tinggi.

Seok Hee – Graceful Family (2019)

Kalau melihat sinopsisnya mungkin kita mengira Seok Hee adalah tokoh menyedihkan. Dibuang sang ayah, sang ibu dan kakek meninggal, serta hampir direbut seluruh warisannya. Justru di sini ia menunjukkan sikap berani dan tak merasa khawatir.

Marvel's Jessica Jones

Marvel’s Jessica Jones

Jessica Jones – Jessica Jones (2015)

Pesona utama dari tokoh Jessica Jones justru karena ia sangat-sangat manusiawi. Ia bukan karakter yang sempurna. Sayangnya, dalam beberapa film, seringkali karaker perempuan yang badass digambarkan berlebihan. Misalnya, rambut yang tak pernah berantakan walau sedang berperang. Atau wajah yang selalu terlihat sempurna walau sudah tercebur ke dalam lumpur. Jessica takkan terlihat seperti itu.

Eleven – Stranger Things (2016)

Bagaimana seorang anak perempuan yang memiliki kekuatan mampu mengontrolnya dan perlahan tumbuh semakin kuat. Inilah yang membuat Millie Bobby Brown menjadi bintang muda yang bersinar terutama di Hollywood. Karakternya sangat disukai para penonton dalam Stranger Things.

Daenerys Targaryen GOT

Daenerys Targaryen

Daenerys Targaryen – Game of Thrones (2011-2019)

Ada banyak kontroversi dari serial GOT ini. Ditambah lagi endingnya yang membuat banyak penggemar kecewa. Terlepas dari itu semua—juga dugaan bahwa serial ini seksis—Daenerys adalah tokoh yang luar biasa. Meski ia dinikahkan paksa dan memiliki saudara abusif, ia mampu berdiri di atas kakinya sendiri.

Click to comment

Leave a Comment

Advertisement
Cultura Podcast
Connect