Connect with us
our boys hbo review
HBO

TV

Our Boys: Diangkat Dari Kisah Nyata Konflik Palestina-Israel

Limited series HBO terbaru berdasarkan kisah nyata yang tragis.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Setelah sukses dengan limited series mereka “Chernobyl” Mei lalu, kali ini HBO memiliki series terbaru berjudul “Our Boys”. Dalam total 10 episode, kita akan disuguhkan cerita tentang salah satu konflik yang terjadi antara Israel dan Palestina yang chaos dan menyayat hati. Satu lagi sejarah yang patut diangkat dalam sebuah media hiburan komersial untuk membuka mata penontonnya.

Telah tayang dengan episode pertama pada 12 Agustus lalu, sudah ada 5 episode yang ditayangkan oleh HBO. Berlatar pada musim panas tahun 2014, tiga remaja Yahudi diculik dan dibunuh oleh Hamas, organisasi radikal Muslim dari Palestina. Atas nama solidaritas agama, rakyat Israel pun berkabung dan membabi buta menyuarakan protes dan kebencian mereka pada orang Palestina. Hingga akhirnya seorang remaja Palestina ditemukan tewas dengan jenazah yang telah hangus terbakar.

“Our Boys” menyajikan sudut pandang cerita dari berbagai perspektif krusial agar penonton memahami keseluruhan cerita. Mulai dari sudut pandang Avishay (Adam Gabay), satu dari jutaan umat Yahudi yang merasakan kemarahan dan benci pada umat Muslim Palestina. Hingga Mohammed Abu Khdeir, remaja Palestina yang merepresentasikan satu dari banyaknya umat Muslim Palestina yang sama sekali tidak ada sangkut pautnya dengan tragedi yang telah terjadi.

Ketika kedua sisi tersebut menunjukan kemanuasiaan dan emosional dari peristiwa ini, ada Shin Bet, seorang detektif yang menangani investigasi dalam peristiwa ini. Melalui perspektif ini, kita akan lebih berpikir secara rasional dan menggunakan logika ketika menghadapi peristiwa yang kacau karena “label’ solidaritas dan kemanusian yang salah.

Episode pertama dibuka dengan berita hilangnya tiga remaja Yahudi malang tersebut dan bagaimana masa Yahudi terbentuk dengan harapan dan doa yang berkabung dan rapuh. Siap pecah kapanpun ketika doa mereka tidak didengar. Diakhiri dengan scene tenang namun menggelisahkan dan mulai membangun rasa penasaran kita sebagai penonton untuk menantikan episode berikutnya.

Alur cerita dengan kronologis dan keterangan tempat yang jelas, “Our Boys” cukup mudah untuk diikuti jalan ceritanya. Dengan sinematografi yang “kasar” dan terkesan standar, sebetulnya berhasil membangun nilai realistis dan natural untuk menyampaikan kisah ini. Cukup banyak cuplikan berita dan rekaman footage yang ditampilkan dalam serial ini, membuat penonton merasakan gejolak Israel-Palestina yang saat itu penuh dengan pemberitaan yang semakin membakar amarah sekaligus membuat masyarakat gelisah. Serial ini juga dibawakan dalam bahasa asli, Arab dan Ibrani, memberikan nilai tambah lagi untuk nuansa natural yang menjadi latar dari film ini.

Masih mengudara di HBO setiap hari Senin, “Our Boys” bisa jadi salah satu limited series terbaik dan terbaru HBO yang patut kita tonton untuk membuka pandangan. Isu perang agama masih terjadi di dunia modern yang beradab ini, masih banyak orang yang hanya melihat semua konflik dari satu sisi dan main hakim sendiri.

“Our Boys” diproduseri oleh Movie Plus dan co-production oleh Kl’s Keshet Studio dan HBO. merupakan hasil ciptaan dari Hagai Levi, Joseph Cedar, dan Tawfik Abu-Wael, sederet sineas dari Israel.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect