Connect with us
one ok rock renegades
Photo via Rocksound.tv

Music

ONE OK ROCK: Renegades Single Review

Lagu kolaborasi dengan Ed Sheeran untuk lagu tema film “Rurouni Kenshin: The Final”.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

ONE OK ROCK kembali dengan ledakan melalui lagu rock terbaru mereka, “Renegades”. Single ini merupakan lagu kolaborasi dengan Ed Sheeran yang mengambil bagian dalam proses penulisan lirik.

Kedua musisi ini sebelumnya memang sudah sempat berkolaborasi secara live. Mulai dari tur Ed Sheeran, Divide Asia 2019, kemudian pada salah satu konser ONE OK ROCK dalam tur Eye Of The Storm di Yokohama.

Meski dengan latar belakang musik yang sangat bertolak belakang, tampaknya tidak ada halangan bagi ONE OK ROCK dan Ed Sheeran untuk menghasilkan lagu baru yang spektakuler.

ONE OK ROCK: Renegades Single Review

“Renegades” merupakan single rock dengan semangat menggebu-gebu, masih menyajikan warna musik rock alternatif yang keras dari band asal Jepang ini. Lagu dibuka dengan senandung yang diiringi dengan string instrumen lembut, yang akhirnya menjadi melodi hook dari lagu ini. Energi yang besar terasa dari lagu ini terutama karena instrumen drum yang diletakan pada layer atas dalam komposisinya.

Pada bagian verse, dimasukan petikan gitar akustik yang memberikan cita rasa dari Ed Sheeran. Ketika memasuki chorus, instrumen full band yang nge-rock dimaksimalkan untuk menciptakan momentum yang meledak; gitar elektrik mengambil alih, dentuman drum semakin berdentum kencang.

Kita akan mendengar vokal teriakan dari Takahiro Moriuchi yang pas, tidak terlalu serak dan seagresif biasanya. Kali ini Takahiro mampu menyalurkan energi yang besar bukan melalui teriakan yang emosional, melainkan melalui lirik dan momentum yang telah dibangun sejak lagu dimulai.

Sebagai sentuhan dramatis dalam aransemen, memasuki bridge-chorus, instrumen lain diredam dan lebih menonjolkan instrumen drum dengan string instrumen samar-samar. Kemegahan yang kita rasakan dalam “Renegades” juga berkat mixing lagu yang diselimuti dengan efek gema pada tahap finishing-nya. Unsur tersebut didukung dengan suara choir yang menyenandungkan melodi hook yang kita dengar pada pembuka lagu.

ONE OK ROCK Renegades Rurouni Kenshin The Final

“Renegades” juga menjadi lagu original soundtrack dari film live-action “Rurouni Kenshin: The Final”. Lagu ini dimasukan dalam trailer promosional film dan berhasil memberikan kemegahan, semangat heroik, serta ekspektasi tinggi pada film kolosal yang diangkat dari salah satu anime samurai legendaris tersebut.

Menjadi lagu yang penuh dengan semangat melalui aransemen musiknya yang terdengar seperti ‘national anthem’, “Renegades” hendak menjadi suara bagi generasi muda masa kini.

Secara keseluruhan, lagu ini memiliki lirik tentang bagaimana generasi muda kerap diremehkan oleh yang lebih tua. Dengan segala keragaman dan keunikan yang lebih lantang di era modern ini, generasi muda mendapatkan tekanan semakin keras, seakan mereka adalah populasi dengan selera yang aneh hingga tuduhan bahwa mereka telah meninggalkan nilai moral.

“Renegades” menjadi seruan akan semangat pemberontakan dengan landasan yang jelas, didukung dengan semangat solidaritas antar sesama generasi.

Click to comment

Julia Michaels Julia Michaels

Julia Michaels: Not in Chronological Order Album Review

Music

The Armed The Armed

The Armed: ULTRAPOP Album Review

Music

Young Stoner Life Young Stoner Life

Young Stoner Life: Slime Language 2 Compilation Album Review

Music

PJ Harding & Noah Cyrus: People Don’t Change Album Review

Music

Advertisement
Cultura Live Session
Connect