Connect with us
On The Rocks
Apple TV+

Film

On The Rocks Review: Hubungan Ayah dan Anak Perempuannya yang Penuh Komedi

Usaha Felix membantu masalah keluarga yang dialami puterinya.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

On The Rocks merupakan film bergenre drama komedi yang baru saja dirilis pada awal bulan Oktober tahun ini. Sofia Coppola kembali ke dunia perfilman dengan menyutradarai sekaligus menulis naskah film On The Rocks. Coppola juga kembali memilih aktor senior Bill Murray untuk berperan dalam film terbarunya, setelah sebelumnya Murray juga berperan di film Lost in Translation (2003) yang ia sutradarai.

Bill Murray dan Rashida Jones beradu peran sebagai ayah dan anak. Tentu saja penampilan Murray sangat ditunggu-tunggu dalam film ini setelah lamanya ia tidak muncul di layar kaca perfilman sebagai pemeran utama. Seperti yang sudah diduga, penampilan Murray dalam film ini mendapatkan banyak pujian karena perannya sebagai Felix.

On The Rocks

Apple TV+

Berawal dari Sebuah Kecurigaan

Seperti kebanyakan ibu rumah tangga lainnya, hari-hari Laura (Rashida Jones) disibukkan dengan kedua puteri kecilnya. Menyiapkan sarapan, mengantar anaknya ke sekolah, menyiapkan makan malam, dan menemani anak-anak tidur sudah menjadi kesibukannya.

Sebelum menikah dan punya anak, Laura adalah seorang penulis terkenal. Keadaan rumah yang selalu ramai ditambah dengan kesibukannya sebagai seorang ibu nampaknya tidak mendukung kegiatan tulis-menulis Laura. Di sisi lain, suaminya, Dean (Marlon Wayans) bekerja full time di sebuah perusahaan. Di mata Laura, Dean adalah suami yang gila kerja, namun tetap mencintai keluarganya.

Dean semakin sibuk dengan pekerjaannya. Ia harus bertugas ke tempat-tempat jauh dengan rekan kerja dan kliennya. Dean jarang ada di rumah dan Laura merasakan hubungan dengan sang suami mulai merenggang. Laura mulai mempertanyakan apa yang salah dari hubungan keduanya. Banyak persepsi dan kecurigaan yang muncul dalam kepala Laura.

Laura semakin curiga saat ia menemukan sebuah tas kosmetik wanita di dalam koper milik Dean. Panik dan tidak tahu apa yang harus ia lakukan, Laura akhirnya meminta pendapat ayahnya, Felix (Bill Murray). Sang ayah mempercayai Dean telah berselingkuh dengan perempuan lain. Demi meyakinkan puterinya, Felix mengajak Laura untuk memata-matai sang suami.

On The Rocks

Apple TV+

Drama Komedi yang Penuh Pesan Kekeluargaan

Karakter Felix adalah karakter yang paling menghibur dalam film ini. Felix yang diperankan oleh Bill Murray merupakan seorang ayah yang terkenal playboy. Ia bercerai dengan sang istri karena pandangan hidup yang ia punya, yaitu tidak bisa berkomitmen hanya dengan satu wanita sepanjang hidupnya.

Sebagai puteri satu-satunya, Laura memiliki hubungan yang rumit dengan sang ayah. Di satu sisi ia membenci perilaku Felix, namun di sisi lain ia selalu mengagumi karakter ayahnya yang supel dan punya banyak teman. Mustahil bagi Laura untuk membenci sang ayah sepenuhnya.

Candaan lucu dan komentar sarkastik dari Felix memperkuat kesan komedi dalam film ini. Ditambah dengan penampilan Felix yang selalu berpakaian serba rapi dan hobi bersiul, sehingga membuat karakternya semakin unik dan playful.

Pesan kekeluargaan juga sangat kental dalam film ini. Karakter Felix yang menghibur sangat kontras dengan karakter Laura yang serius dan kaku. Perbedaan karakter keduanya sering memicu perdebatan. Felix ingin membantu sang puteri menyelesaikan permasalahannya, namun di sisi lain, Laura tidak mempercayai nasihat ayahnya.

Adegan Felix yang mengajak Laura kebut-kebutan dengan mobil tua di tengah Kota New York merupakan adegan yang tidak terlupakan dalam film ini. Latar tempat yang awalnya didominasi dengan warna-warna pucat, seolah menjadi penuh warna setiap kali Laura berdua dengan ayahnya yang penuh kejutan. Latar musik yang ceria dan menyegarkan juga dipilih untuk menambah kesan komedi dalam film ini.

On The Rocks merupakan film yang ringan, namun tetap menghibur dan penuh pesan positif. Dengan durasi film yang tidak sampai 2 jam, film drama komedi ini sangat cocok dinikmati untuk mengisi akhir pekan bersama keluarga atau orang tersayang. On The Rocks dapat dinikmati di aplikasi Apple TV+.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect