Connect with us
Senigma
Noel Gallagher’s High Flying Birds: This Is The Place Album Review
Photo: Dyan Roberts

Music

Noel Gallagher’s High Flying Birds: This Is The Place Album Review

Eksperimen Noel Gallagher dengan warna musik space rock.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

“This Is The Place” merupakan mini album terbaru dari Noel Gallagher’s High Flying Birds. Mini album satu ini merupakan kelanjutan dari “Black Star Dancing” yang telah dirilis pada Juni 2019 lalu. Terdiri dari 5 track baru sekaligus remix, Noel menunjukan keberaniannya dalam bereksperimen dengan warna musik yang ia minati.

Berkarir dengan formasi band baru dengan bayang-bayang Oasis pastinya akan menimbulkan ekspektasi untuk setiap lagu baru yang akan Noel ciptakan. Masih banyak orang yang membandingkan karya terbarunya dengan lagu-lagu lama Oasis.

Memang terdengar jelas setiap lagu-lagu Oasis ditulis dan diaransemen sesuai dengan selera Liam Gallagher. Warna musik tersebut masih terdengar di album terbaru Liam, “Why Me? Why Not.”. Namun, “This Is Place” jelas memiliki warna musik yang berbeda dan merupakan warna asli dari Noel Gallagher. Tak ada yang salah dengan hal itu.

Mini album ini dibuka dengan track pertama sekaligus single pertama bertajuk “This Is The Place”. Keputusan yang benar untuk memilih track ini sebagai single utama, aransemen lagu ini sangat menarik dan catchy untuk didengarkan. Diawali dengan aransemen bassline yang berat dan dipadukan dengan drum techno dan synth yang memberikan nuansa space rock.

Satu lagi hal yang menarik dari aransemen lagu “This Is The Place” adalah unsur etnik ala musik tradisional yang akan sangat familiar untuk pendengar dari Indonesia. Elemen tersebut memberikan fusion yang menarik antara unsur musik rock, cosmic, dan instrumen etnik yang “meledak”.

“A Dream Is All I Need To Get By” merupakan lagu dengan beat yang lebih lambat dan santai untuk didengarkan. Dengan aransemen gitar dan drum yang dipoles dengan efek vintage nostalgia dan bridge yang sedikit powerful. Kenyataan bahwa Noel belum meninggalkan genre rock terbukti dari lagu satu ini. Nuansa slow rock masih terasa dalam aransemennya.

Berikutnya ada “Evil Flower”, track eksperimental yang memiliki nuansa rock alternatif dan psychedelic. Aransemen melodi gitar dalam lagu ini memberikan unsur rock n’ roll sementara unsur synth dan techno lainnya mengemas musik menjadi lebih menarik. Track satu ini merupakan salah satu track dengan warna musik yang absurd dan lirik repetitive ciri khas lagu psychedelic.

Dua track lainnya merupakan wujud keterbukaan Noel Gallagher pada musik modern. Kita bisa mendengarkan versi remix techno house dari track “This Is The Place” dari Dense & Pika. “Evil Flower” juga mendapatkan versi remix oleh The Reflex Revision.

Secara keseluruhan, “This Is The Place” merupakan karya eksentrik dengan rasa unik dari Noel Gallagher’s High Flying Birds. Warna musik eksperimental yang ia sebut sebagai rock space menunjukan keterbukaannya untuk mencoba berbagai cara baru dalam menciptakan komposisi sebuah musik. Ia mungkin tidak memenuhi ekspektasi dari penggemar lama yang menyukai musik rock n’ roll yang “raw”, namun keberaniannya dalam menunjukan warna musik terbarunya perlu diapresiasi.

Click to comment

Leave a Comment

Mika: My Name Is Michael Holbrook Album Review Mika: My Name Is Michael Holbrook Album Review

Mika: My Name Is Michael Holbrook Album Review

Music

Super Junior Super Junior

Super Junior: Time_Slip Album Review

Music

raisa you raisa you

Raisa: You Single Review

Music

mika mika

Track of The Week: Mika, Megan Trainor, Raisa

Cultura Lists

Connect