Connect with us
Nocturne
Amazon Studios

Film

Nocturne Review: Membuat Kesepakatan Berbahaya dengan Seorang Iblis

Rasa iri, dengki, dan dendam yang membuat Juliet membenci saudara kembarnya sendiri.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Nocturne merupakan film bergenre horror yang ikut merayakan musim Halloween tahun 2020. Film ini baru saja dirilis pada tanggal 13 Oktober kemarin. Zu Quirke merangkap sebagai sutradara sekaligus penulis naskah. Genre horror psikologis ditambah dengan unsur-unsur demonic digunakkan untuk menambah atmosfer kengerian.

Sydney Sweeney kembali menunjukkan kemampuan aktingnya yang luar biasa dalam film horror ini. Ia berperan sebagai seorang pianis bernama Juliet. Madison Iseman melengkapi film ini ketika ia ditunjuk sebagai lawan main Sweeney. Iseman berperan sebagai Vivian, yaitu saudari kembar dari Juliet.

Rasa Iri Hati yang Membawa pada Perjanjian Berbahaya

Juliet dan Vivian telah menekuni dunia musik klasik sejak dini. Mereka berdua memilih alat musik yang sama, yaitu piano. Keseharian Juliet dan Vivian hanyalah berlatih piano, sampai akhirnya mereka memasuki sebuah sekolah seni musik saat remaja. Walaupun mereka berdua adalah anak kembar, namun kepribadian Juliet dan Vivian sangat berbeda.

Nocturne Review

Amazon Studios

Vivian merupakan perempuan yang penuh semangat dan aura positif, sedangkan kepribadian Juliet merupakan kebalikannya. Juliet adalah perempuan yang tertutup dan mudah tenggelam dalam lamunannya. Vivian dinobatkan sebagai pianis solo yang hebat. Ia mampu mengalahkan musisi lain, bahkan saudari kembarnya sendiri.

Tentu saja, kesuksesan Vivian merupakan keterpurukkan bagi Juliet. Secara diam-diam ia memendam rasa iri dan dendam pada saudari kembarnya sendiri. Ia merasa kesuksesan Vivian telah menutupi kemampuan dirinya yang tidak kalah hebat. Juliet merasakan kegagalan dan sempat menyerah sampai akhirnya ia menemukan sebuah buku misterius.

Gambar-gambar mengerikan dengan gaya medieval tergambar di dalam buku itu. Seolah-olah menyihir Juliet, buku itu mampu membuat dirinya menjadi penuh percaya diri. Ia berpikir untuk mengalahkan saudari kembarnya dalam sebuah kontes musik klasik. Secara tidak sadar, sebuah kesepakatan berbahaya telah terjadi antara Juliet dan seorang iblis.

Kisah Horror yang Lekat dengan Permasalahan Hidup Sehari-hari

Perasaan iri, takut akan kegagalan, dan tidak percaya diri merupakan perasaan yang kadang kita rasakan dalam keseharian. Nocturne menunjukkan bagaimana perasaan buruk yang kita rasakan dapat juga berdampak buruk pada orang lain dan juga diri kita sendiri.

Sydney Sweeney mampu menunjukkan buruknya dampak perasaan iri melalui tokoh Juliet dengan sangat baik. Ia sukses memerankan karakter Juliet yang awalnya melankolis dan mudah terpuruk, menjadi Juliet yang penuh dengan rasa iri dan dendam.

Zu Quirke sepertinya ingin menunjukkan pengorbanan para musisi klasik lewat film ini. Demi memiliki karya yang populer dan dapat dinikmati oleh orang banyak, para musisi klasik berlatih sejak berumur masih muda dan rela menyerahkan segalanya, bahkan hidupnya sendiri demi sebuah karya. Tema ini mengingatkan kita pada film bertema penari balet berjudul Black Swan (2010).

NOCTURNE film 2020

Amazon Studios

Cahaya berwarna kuning dipakai dalam Nocturne sebagai pertanda kekuatan seorang iblis yang mencoba menghasut Juliet. Latar tempat yang sepi dan gelap khas film horror juga digunakan dalam film ini. Lantunan nada-nada piano yang kental dengan nuansa horror mendominasi latar musik di awal film, namun musik tekno bertempo cepat lebih sering digunakan di pertengahan sampai akhir film, mungkin untuk menunjukkan jalan cerita yang mendekati klimaks.

Beberapa adegan berpotensi jumpscare sering muncul, namun film sama sekali tidak memberikan unsur kaget. Penonton dibiarkan siaga menebak-nebak kapan adegan jumpscare akan muncul, sayangnya penantian untuk berteriak karena kaget tidak muncul dalam film ini, bahkan sampai film berakhir. Nocturne menunjukkan bahwa film horror tidak perlu menyajikan banyak jumpscare demi menunjukkan atmosfer menyeramkan.

Secara keseluruhan, Nocturne merupakan sebuah film horror yang mampu menimbulkan teror dan ketakutan secara psikologi karena kisahnya yang relatable dengan kehidupan sehari-hari. Nocturne sudah dapat disaksikan di Amazon Prime mulai bulan Oktober.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect