Connect with us
New Fork City: Sunday

Music

New Fork City: Sunday Single Review

Lagu akustik terbaru New Fork City untuk temani hari Minggu.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

New Fork City memasuki babak baru dalam perjalanan bermusiknya dengan merilis single baru bertajuk “Sunday” pada 15 Februari 2021. Proses produksi lagu ini dilakukan secara terpisah, dimana rekaman dilakukan di rumah sang vokalis, Ubay, kemudian Tri Priajaya sebagai audio engineer yang juga mengisi melodi pada track ini.

“Sunday” diaransemen langsung oleh Ubay, “Jadi sebenernya itu lagu pattern-nya udah gua buat tahun 2015 dengan judul ‘Sunday’ juga. Liriknya diganti sama Lucky, terus gue tambahin petikan sama melodinya”, ungkap Ubay.

New Fork City: Sunday

New Fork City – Sunday

Lagu “Sunday” menceritakan tentang keresahan seseorang yang hanya memiliki waktu luang satu hari yaitu pada hari Minggu. Dengan segala kesibukan pada enam hari sebelumnya, dalam satu hari tersebut pun minim waktu untuk sekedar istirahat atau bercengkrama dengan kawan-kawan. Karena pada hari Minggu juga masih ada kegiatan lain yang harus orang lakukan seperti melaksanakan kewajiban untuk beribadah.

“Makin nambah usia, gue gak punya hari lain lagi untuk sekedar nongkrong sama temen-temen”, ungkap Ubay tentang inspirasi dari lirik lagu “Sunday”.

“Sunday” dibawakan dengan aransemen musik akustik dengan gitar dalam rhythm maupun melodi. Secara keseluruhan, komposisi gitar yang dihadirkan secara sederhana dan repetitif. Meski ada permainan petikan melodi yang terdengar teknikal, tidak terlalu ada momentum dalam keseluruhan komposisi; tak ada hook yang catchy maupun directing vokal yang menonjol pada setiap bagiannya.

Cuma ada pada mendekati bagian penutup, diselipkan puisi dengan efek suara speaker yang kasar. Efek tersebut digunakan untuk merepresentasikan kekesalan dan kegelisahan pada orang yang sudah tidak punya banyak waktu luang lagi dalam lagu ini. Meskipun begitu, intensitas suara yang diselipkan ini tidak terlalu keras dan tetap seimbang dengan mood yang sudah diterapkan pada lagu dari awal.

“Sunday” akhirnya terdengar sebagai salah satu lagu ambient pop yang patut dimasukan dalam playlist lagu-lagu santai. Tidak terlalu remarkable, namun cukup ada untuk menemani kita. Lagu-lagu seperti ini pada umumnya memiliki nilai personal dari musisinya; it’s not mainstream, but personal. Meski memiliki lirik yang relevan, namun ditulis dan dikomposisi dengan gaya yang idealis.

Melalui “Sunday”, New Fork City berharap lagu tersebut dapat menjadi lagu pengantar di hari Minggu menuju hari-hari menyibukkan berikutnya.

Click to comment

Marion Jola, Danilla, Ramengvrl Marion Jola, Danilla, Ramengvrl

Marion Jola, Danilla, Ramengvrl: Don’t Touch Me Single Review

Music

Lana Del Rey Lana Del Rey

Lana Del Rey: Blue Banisters, Text Book & Wildflower Wildfire

Music

Rag’n’Bone Man: Life in Misadventure Album Review

Music

Olivia Rodrigo Olivia Rodrigo

Olivia Rodrigo: Sour Album Review

Music

Advertisement
Cultura Live Session
Connect