Connect with us
My Octopus Teacher Review
Netflix

Film

My Octopus Teacher Review: Persahabatan Menakjubkan dengan Seekor Gurita

Film dokumenter tentang binatang dengan pendekatan sains sekaligus interaksi yang emosional.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Craig Foster adalah seorang sutradara film dokumenter asal Afrika Selatan. Ketika mengalami burn out, Ia memulai rutinitas baru yaitu menyelam di lautan lepas yang tak jauh dari rumahnya. Hal tersebut menjadi awal dari pertemuannya dengan seekor gurita yang meninggalkan kesan baginya. Craig pun memutuskan untuk kembali setiap hari ke laut untuk membangun interaksi dan mengamati gurita yang pada akhirnya memberikan pengalaman paling berkesan dalam hidupnya.

“My Octopus Teacher” merupakan film dokumenter yang disutradarai oleh James Reed dan Pippa Ehrilch. Merupakan salah satu film dokumenter terbaik 2020, “My Octopus Teacher” telah memenangkan penghargaan di ajang penghargaan BAFTA 2021. Film ini juga masuk dalam nominasi Best Documentary dalam acara Oscar 2021.

My Octopus Teacher ReviewMy Octopus Teacher Review

Netflix

Film Dokumenter dengan Pendekatan Sains dan Interaksi yang Sentimental

Menonton film atau acara dokumenter binatang pastinya sudah tidak biasa lagi banyak orang. Apa yang membuat “My Octopus Teacher” berbeda dengan film dokumenter fauna National Geography?

Film dokumenter tentang binatang pada umumnya lebih menonjolkan sisi sains yang sepenuhnya dengan tujuan edukasi, sementara film satu ini menyajikan pendekatan secara sains sekaligus interaksi emosional antara Craig Foster dengan gurita yang Ia temui. Karena pada dasarnya, film ini merupakan dokumentasi interkasi menakjubkan yang terjadi diantara Craig dan gurita tersebut, sebagai sesama makhluk hidup yang tinggal di sebuah ekosistem.

Jika pada dokumentasi umum narator hanya perlu menjadi informan dengan intonasi dan suara yang nyaman didengar, dalam film ini, Craig hadir sebagai narasumber yang menceritakan pengalamannya.

Craig akan menceritakan kisahnya dengan teman guritanya secara kronologis dan menarik untuk disimak. Ia mengumpulkan berbagai informasi dari gurita yang Ia temui bukan untuk tujuan sains, namun untuk mengenal dan menjalin interkasi sebagai teman. Ada kalanya Ia merasa bahagia maupun bersedih dalam prosesnya, layaknya menjalin hubungan dengan manusia.

Setiap perkembangan interaksi yang diceritakan jadi terasa lebih sentimental dan menggugah bagi Craig sekaligus penonton yang menyimak ceritanya. Kita tidak akan pernah menyangkah bahwa sebuah persahabatan antara manusia dan seekor gurita liar sangat mungkin terjadi.

My Octopus Teacher Review

Mengeksplorasi Keindahan Laut Afrika Selatan dengan Berbagai Biota Laut Menakjubkan

Dalam segi produksi, “My Octopus Teacher” juga memiliki arahan dan sinematografi yang berbeda dengan dokumentasi binatang standard. Lebih dari melihat laut sebagai sebuah ekosistem, Craig Foster melihatnya sebagai sebuah medan perjalanan spritual. Ia kerap menyebut area laut yang Ia selami sebagai ‘hutan’. Ia juga memiliki tata bahasa natural yang indah, merangkai sebuah cerita tentang hubungan manusia dengan alam yang puitis dan terasa hidup. Craig Foster telah memiliki pengalaman menakjubkan sebagai pondasi naskah dokumenter yang unik dan langka. Ibarat film fiksi, naskah yang ditulis untuk film ini sangat original, mengungkap sesuatu yang tidak dialami oleh banyak orang.

Namun, semenakjubkan apapun kisah maupun fenomena yang dialami seseorang, perlu arahan yang tepat untuk merangkai cerita yang tersampaikan dengan sempurna. Baik dalam segi esensi cerita maupun produksi artistiknya. Sutradara dalam film ini berhasil menyalurkan perasaan Craig dalam sebuah tema produksi yang dramatis sebagai presentasi dari film ini. “My Octopus Teacher” terbentuk dari beberapa footage terbaru dan dokumentasi pribadi dari Craig Foster dengan kameranya.

Kita akan menikmati visual menggugah dengan definisi tinggi, mengeksplorasi keindahan biota laut di perairan Afrika Selatan. Sinematografi cukup banyak mengaplikasikan slow motion untuk efek dramatis. Kemudian dipadukan dengan musik orkestra yang lembut, dengan mixing sempurna berdampingan dengan suara alam asli. “My Octopus Teacher” bisa menjadi oase dan film yang relaxing untuk kita nonton di saat suntuk. Produksi secara keseluruhan didesain untuk memberikan mood senduh sekaligus pengalaman spiritual untuk lebih dekat dengan alam.

Kisah Persahabatan Manusia dan Binatang Melalui Interaksi yang Langka

Sebelum menonton film dokumenter satu ini, mungkin kita taka akn pernah tahu bahwa sebuah interaksi emosional bisa terjadi diantara manusia dengan gurita. Menyempatkan diri untuk menonton “My Octopus Teacher” dijamin akan membuat kita merasa beruntung bisa mendengar cerita Craig Foster. Berbeda dengan belajar biologi yang sedekar tahu tentang makhluk hidup lainnya, kita akan merasa lebih peka dengan kehidupan laut yang liar melalui gurita yang ditemui oleh Craig.

Ada berbagai momen natural yang dalam format lain mungkin terasa biasa saja, namun dalam film ini akan terasa monumetal. Kita tidak mungkin menangis ketika melihat dokumentasi rusa yang dimakan oleh singa, bukan? Hal tersebut karena kita melihatnya melalui perspektif sains, bahwa itu adalah rantai makanan yang natural.

Namun, karena kita mengikuti kisah Craig yang berteman dengan gurita tersebut, kita secara aneh akan merasa khawatir dan sedih ketika terjadi sesuatu pada gurita dalam kisah ini. Craig juga berusaha semaksimal mungkin untuk tidak menentang hukum alam selama mengamati temannya tersebut. Membuat kita menyadari betapa beratnya jika kita melibatkan perasaan skenario ini. Ada perasaan manis getir pada akhir film ini. Buat kita yang sensitif, mungkin saja kita menangis bahagia karena menyaksikan ‘the circle of life’ yang indah.

Craig Foster merupakan seorang sutradara yang beruntung bisa mengalami sebuah momen menakjubkan dengan seekor gurita, dan kita beruntung bahwa Ia memutuskan untuk membagikan kisahnya dengan dunia. “My Octopus Teacher” merupakan film dokumenter tentang binatang dan alam liar terbaik yang pernah ada sejauh ini.

Click to comment

10 Rekomendasi Film Berlatar di Pesawat yang Menegangkan

Cultura Lists

Film tentang ayah Film tentang ayah

10 Rekomendasi Film Drama Bertema Fatherhood

Cultura Lists

Loki Review Loki Review

Loki Review: Petualangan Seru Loki Melintasi Waktu

TV

Ali dan Ratu-ratu Queens Ali dan Ratu-ratu Queens

Ali dan Ratu-ratu Queens Review: Mediocre Meski Penuh Rasa

Film

Advertisement
Cultura Live Session
Connect