Connect with us
Murphy Radio: Autumn/Sandy Single Review
Autumn/Sandy MV

Music

Murphy Radio: Autumn/Sandy Single Review

Bawakan lagu untuk menyuarakan kaum Down Syndrome.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Pada 21 Maret 2020 lalu, Murphy Radio merilis dua single bertajuk “Autumn” dan “Sandy” untuk memperingati Hari Down Syndrome Sedunia. Grup musik Math-Rock asal Samarinda memilih tema musik yang ceria dan penuh dinamika untuk mempresentasikan seseorang yang mengidap Down Syndrome.

Daripada menimbulkan rasa iba atau simpati, mereka hanya ingin membuat pendengarnya melihat sisi spesial dari seseorang yang memiliki kebutuhan khusus ini. Project musik dengan dua judul lagu ini dikemas dalam satu video klip sebagai sebuah pesan yang bermakna baik dari segi musik maupun visual.

Murphy Radio

Murphy Radio

Video klip dibuka dengan track “Autumn”, sebuah track instrumental band bernuansa Alternatif dan Math-Rock. Sudah menjadi ciri khas dari Murphy Radio dalam meracik aransemen musik yang penuh dengan permainan chord pada gitar dan bass-nya. Dibuka dengan melodi gitar yang kemudian dilengkapi dengan bass dan drum. Ketukan drum yang dihadirkan juga mengandung berbagai pola ketukan yang tidak template-an dengan berbagai permainan pola yang memberikan variasi flow dalam track “Autumn”. Ditambahkan juga beberapa unsur electronic untuk memberikan unsur quirky pada pertengahan instrumen.

Dibuka dengan beat dan tempo yang cukup kencang, ada juga bagian instrumental yang lembut dengan tempo lebih rendah sebagai “oase” agar kita sebagai pendengar tidak lelah. Sebagai sebuah track instrumental, Murphy Radio berhasil menampilkan kebolehan mereka secara teknikal dalam membawakan instrumen masing-masing. Didukung dengan bakat meracik chord yang memiliki dinamika dan variasi.

Memasuki track kedua, kita akan mendengarkan lagu dengan lirik. Sebagai dua track yang terpisah, “Autumn” dan “Sandy” masih memiliki vibe dan warna aransemen yang serupa. “Sandy” terdengar seperti versi modifikasi track Autumn agar lebih cocok dibawakan dengan lirik.

Lagu “Sandy” mengajak kita untuk memahami down syndrome dari perspektif orang yang mengidap kondisi tersebut. Seperti yang telah kita ketahui, orang dengan Down Syndrome mengalami kesulitan dalam berkomunikasi. Lagu ini merupakan pesan yang akan mereka ucapkan seandainya mereka bisa merangkai kalimat untuk menyampaikan apa yang mereka lihat dan dengar.

‘You may be smart and I may not, but don’t you realize? That I can see what you can’t see’, sepenggal lirik ini bahkan bukan sebuah kiasan atau puisi, namun sebuah fakta tentang apa yang membedakan orang Down Syndrome dengan orang normal. ‘I had a vivid imagination. Adventure is always on my mind’.

Autumn dan Sandy merupakan satu komposisi project yang maksimal dengan pesan yang jelas. Murphy Radio terlihat jelas usahanya untuk membuat project musik kali ini memiliki konsep yang konsisten dengan pesan tentang Down Syndrome, yang berhasil dipadukan dengan karakter musikalitas mereka sendiri. Mulai dari aransemen musik, penulisan lirik, hingga konsep video klip.

Click to comment

Leave a Comment

Advertisement
Cultura Podcast
Connect