Connect with us
murder mystery review indonesia
Image: Scott Yamano/Netflix

Film

Murder Mystery Review: Kembalinya Duet Adam Sandler dan Jennifer Aniston

Sudah lebih dari tiga dekade berkarya, film terbaru Adam Sandler masih memberikan komedi menggelikan yang menjadi ciri khasnya.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Siapa yang tidak mengenal sosok aktor komedi Adam Sandler? Setelah kesuksesan Billy Madison pada tahun 1995, karier Adam Sandler memang meroket dengan luar biasa bahkan berhasil membuat dirinya sebagai salah satu aktor komedi paling ikonik di Hollywood. Adam Sandler yang sudah hampir tiga dekade berkarya juga sukses membangun rumah produksinya sendiri bernama ‘Happy Madison’ yaitu campuran dari dua judul film yang meluncurkan namanya ‘Happy Gilmore’ dan ‘Billy Madison.’ Dengan selera humor yang agak menggelikan, film Adam Sandler seakan memiliki genre komedinya tersendiri yang sangat khas dengan dirinya. Sudah ada berbagai nama serta aktor/aktris papan atas yang beradu akting dengan dirinya, salah satunya adalah Jennifer Aniston di film Just Go With It. Tahun ini keduanya kembali berkolaborasi dalam sebuah film yang mengambil genre misteri komedi berjudul “Murder Mystery.”

Seperti film Adam Sandler kebanyakan tidak ada plot rumit dalam film Murder Mystery. Sekilas jalan cerita di film ini sedikit mengingatkan penonton dengan film “Murder on The Orient Express” yang rilis pada tahun 2017. Murder Mystery bercerita tentang seorang pasangan yaitu Nick Spitz yang diperankan oleh Adam Sandler dan Audrey Spitz yang diperankan oleh Jennifer Aniston. Keduanya memiliki rencana liburan ke Eropa tetapi tidak sengaja terlibat pada drama keluarga sekaligus pembunuhan yang terjadi di sebuah kapal ferry milik keluarga Quince. Cerita menjadi menarik karena sudah dipastikan salah satu penumpang kapal tersebut adalah pelaku pembunuhan billionaire Malcolm Quince. Melihat semua bagian dari keluarga memiliki motivasi tersendiri untuk melakukan pembunuhan tidak membuat polisi mengeluarkan pasangan Spitz dari daftar pelaku. Hal ini menjadi memicu petualangan menarik pasangan Spitz untuk mengungkap misteri ini sekaligus membersihkan nama mereka.

Selera humor dari Adam Sandler memang dikenal sebagai komedi absurd yang terkadang lebih terkesan ‘silly’ daripada lucu. Dari segi penampilan sudah terlihat ciri khas komedi Adam Sandler yang sangat kental di film ini. Ada karakter yang memiliki sebuah tangan palsu dari kayu sekaligus memakai penutup mata seperti bajak laut. Ada pula karakter berbadan besar dari Rusia bertampang seram yang tidak pernah berbicara. Selain itu karakter Juan Carlos yang kesulitan berbicara dengan karakter lain karena tidak fasih dalam Bahasa Inggris juga menambah keabsurdan para karakter di film ini. Karakter yang terkesan sangat tidak realistis ini memang sudah sangat umum dan menjadi identitas kuat pada film Adam Sandler. Terkadang komedi ‘silly’ yang ditawarkan pada filmnya berhasil tetapi tidak jarang juga gagal memberikan tawa bagi penonton. Dapat dibilang film ‘Murder Mystery’ lebih banyak gagal daripada berhasil memberikan tawa bagi penonton.

murder mystery netflix review indonesia

Image: Netflix

Pada film ini sepertinya Adam Sandler kembali memerankan karakter ‘Adam Sandler’. Bisa dibilang dalam puluhan film yang ia bintangi ia selalu membawakan karakter serta peran sama yang sudah identik dengan dirinya. Oleh sebab itu kemiripan karakter Nick Spitz dengan karakter pada film Adam Sandler sebelumnya bukanlah sebuah kejutan karena bisa dibilang ia selalu memerankan karakter dirinya sendiri. Jennifer Aniston yang sudah tidak asing dengan gaya komedi Adam Sandler kembali berhasil membawakan karakter Audrey Spitz dengan cukup baik. Meskipun peforma akting Adam Sandler bisa dibilang biasa saja tetapi penonton dapat merasakan dinamika serta hubungan karakter antara Nick dan Audrey. Kolaborasi keduanya menjadi poin positif sekaligus sebagai salah satu alasan untuk menonton film ini. Kembali berduet penonton dapat dipastikan akan merasakan nostalgia kembali ke tahun 2011 mengingat film “Just Go With It”.

Dari segi misteri yang ditawarkan “Murder Mystery” sebetulnya sudah cukup menarik perhatian dan berhasil membangun rasa penasaran penonton. Namun, karena sudah tertanam mindset bahwa film Adam Sandler selalu terkesan ‘silly’. Sulit rasanya merasakan tensi serta konflik yang dihadapi oleh karakter Nick dan Audrey secara serius. Dari berbagai penyelidikan serta petualangan kedua karakter penonton memang sempat beberapa kali dibuat bingung atau bahkan tertipu. Tetapi kurangnya setup serta clue yang dibangun dengan baik membuat penyelesaian misteri ini terkesan begitu mendadak dan ‘out of nowhere.’ Seharusnya jika melakukan setup dengan lebih baik, payoff yang dirasakan oleh penonton pasti akan lebih efektif.

Meskipun tidak bisa dinobatkan sebagai film terlucu tahun ini tetapi “Murder Mystery” dapat menjadi salah satu film komedi rekomendasi di tahun ini. Memang banyak humor yang tidak mengena tetapi secara garis besar film ini bisa dibilang membawa ‘fun’ serta menghibur. Jangan berharap pada drama atau misteri yang serius karena sepertinya tidak akan didapatkan pada film ini. Jika mencari film penghibur untuk mengisi waktu bersama kerabat atau keluarga sepertinya film ini menjadi tontonan santai yang cukup mengasikan.

Adam Sandler memang dikenal sering melakukan kolaborasi lebih dari satu film bersama lawan mainnya, salah satu favorit penonton tentunya adalah kolaborasinya dengan aktris cantik Drew Barrymore. Kolaborasi keduanya bahkan menghasilkan tiga buah film yaitu “The Wedding Singer”, “50 First Dates”, dan “Blended.” Penonton tentunya penasaran dengan reuni Adam Sandler dengan Jennifer Aniston apakah “Murder Mystery” akan membuka peluang untuk kolaborasi film lainnya? Ending yang sedikit memberi clue kelanjutan petualangan Nick Spitz dan Audrey sepertinya menjadi potensi sequel yang cukup menarik. Apalagi melihat bahwa Adam Sandler dan Jennifer Aniston merupakan teman dekat pada dunia nyata, jadi film lanjutan dari “Murder Mystery” sepertinya sangat memungkinkan.

Walaupun selalu memberikan film yang terkesan biasa saja tetapi mayoritas film Adam Sandler selalu memiliki serta memuaskan target penontonnya sendiri. Komedi yang terkesan ‘silly’ dan ‘old school’ sepertinya menjadi poin negative sekaligus positif, pada satu sisi harus diberi apresiasi bagaimana Adam Sandler terus berpegang teguh pada identitasnya tetapi disisi seharusnya ada adaptasi serta perubahan yang harus ia berikan. Murder Mystery menjadi film duet Adam Sandler dan Jennifer Aniston yang bisa dibilang cukup menghibur. Bahkan mungkin hanya film Adam Sandler yang meskipun memberikan kualitas buruk tetapi secara bersamaan juga bisa direkomendasikan. Jika penasaran menonton film Adam Sandler yang terbaru ini, “Murder Mystery” sudah dapat dinikmati via streaming di Netflix mulai tanggal 14 Juni 2019.

Click to comment

Leave a Comment

Connect