Connect with us
Senigma
money heist season 3
Netflix

TV

Money Heist Season 3 Review: Geng Perampok Asal Spanyol Kembali Beraksi

Serial televisi asal Spanyol ini kembali dengan bagian ketiga di Netflix.

★ ★ ★ ★ ★
★ ★ ★ ★ ★

Money Heist bisa dibilang merupakan salah satu serial genre action terbaik saat ini. Dua musim pertamanya memberikan kisah perampokan luar biasa yang penuh aksi, tensi dan momen menyentuh. Bahkan, Money Heist atau yang Bahasa Spanyolnya disebut La Casa de Papel menjadi serial bahasa asing (selain bahasa Inggris) terpopuler saat ini. Pada bulan April 2018 yang lalu pengumuman rencana musim ketiga Money Heist bisa dibilang cukup mengejutkan. Apalagi akhir cerita dari musim kedua sudah terasa utuh dan sempurna untuk mengakhiri serial ini. Namun setelah mendengar berita ini rasa antusiasme para penggemar kembali muncul bahkan tidak sabar untuk melihat aksi baru Professor dan gengnya. Lalu apakah musim ketiga dari Money Heist berhasil menjawab ekspektasi penonton?

Setting season 3 diambil dua tahun setelah para karakter berhasil merampok The Royal Mint of Spain. Seharusnya tidak ada masalah baru yang menanti Profesor dan gengnya tetapi kelalaian anggota sepertinya harus dibayar mahal. Masalah cinta atau relasi antar kru perampok yang sudah dilarang oleh Professor ternyata menjadi akar masalah bagi musim ketiga di Money Heist. Panggilan yang dilakukan Rio kepada Tokyo berhasil disadap sehingga Rio harus tertangkap oleh pemerintah Spanyol. Tertangkapnya Rio menjadi pemicu berkumpulnya kembali geng perampok Money Heist yang berencana merampok Bank of Spain demi menyelematkan Rio. Cara tidak biasa yaitu melalui perampokan inilah yang membuat penonton dapat kembali melihat aksi kru perampok luar biasa Money Heist di musim ketiga.

Sekilas rencana baru Professor ini memang terdengar sedikit gila. Apalagi melihat uang yang mereka dapat pada perampokan sebelumnya rasanya sangat beresiko dan tidak perlu untuk keluar dari persembunyian dan kembali melakukan perampokan lain. Apalagi hanya demi salah satu anggota kru yang lalai karena kesalahan sendiri. Untungnya, Alex Pina sang kreator sadar dengan masalah ini karena setiap karakter memiliki reaksi yang berbeda dan tidak terima begitu saja dengan rencana Profesor. Salah satu anggota yang menolak adalah Denver. Penolakan Denver terasa sangat beralasan mengingat pengorbanan besar yang ia rasakan pada perampokan sebelumnya di Royal Mint of Spain. Selain itu, Denver sekarang sudah menjadi seorang ayah sehingga menambah daftar alasan untuk menolak rencana gila ini. Meskipun pada akhirnya semua anggota kru berhasil diyakinkan oleh Professor untuk menjalankan rencana gila ini, keretakan serta masalah baru terasa dan berdampak pada plot cerita selanjutnya. Serial ini secara luar biasa sadar diri terhadap rencana gila yang akan mereka lakukan sehingga membuat penonton juga melakukan kompromi dan menerima logika cerita.

money heist 3

Netflix

Musim ketiga memang melakukan perampokan seperti dua musim sebelumnya tetapi musim ini berhasil melakukan elevasi bahaya yang membuat cerita tidak terasa hanya sebagai pengulangan musim sebelumnya saja. Bahaya di Bank of Spain terbukti lebih mengerikan dari Royal Mint of Spain sehingga permainan catur antara kru perampok dan polisi menjadi sangat kompleks dengan taruhan yang semakin tinggi. Apalagi ternyata rencana perampokan Bank of Spain bukanlah rencana original yang dibuat oleh Professor tetapi rencana dari Berlin yang menjadi korban di musim sebelumnya. Informasi sederhana ini menjadi krusial bagi cerita karena Professor tidak memiliki waktu sebanyak persiapan perampokan pertama sehingga banyak hal yang terjadi diluar rencana dan tidak memiliki langkah balasan. Naiknya level bahaya juga berdampak pada frekuensi aksi yang lebih banyak di musim ini. Sama dengan dua musim sebelumnya, musim ketiga kembali memperlihatkan adegan aksi yang terlihat mahal dan professional. Bahkan, bisa dibilang terjadi peningkatan kualitas aksi dibandingkan dengan musim sebelumnya.

Selain membuat penonton gigit jari dengan tensi dan aksi yang menegangkan. Money Heist musim ketiga juga memukul hati penonton lewat berbagai adegan yang terasa emosional. Salah satunya adalah perselisihan antara Nairobi dan Palermo yang membahas definisi dari cinta. Keduanya memberikan peforma luar biasa dengan dialog dalam yang mengaduk perasaan penonton. Selain itu, perselisihan Rio dan Tokyo serta Professor dan Lisbon juga menjadi highlight yang membuat musim ini menjadi menarik. ‘Cinta’ juga sepertinya menjadi topik utama yang dibahas berulang kali di musim ketiga ini. ‘Cinta’ menjadi motivasi dan sumber kekuatan sekaligus menjadi akar masalah yang menghantui. Peraturan pertama Professor mengenai hubungan anggota kru yang dihormati pada dua musim awal, sepertinya dilupakan dan dilanggar bahkan hampir oleh seluruh anggota sehingga ‘cinta’ atau relasi para karakter menjadi sumber kekacauan di musim ketiga. Bahkan, Professor sendiri juga ikut menjadi korban bagaimana hubungan personal mempengaruhi pekerjaan professional.

Serupa dengan Game of Thrones, Money Heist juga memiliki esemble cast kuat sehingga membangun simpati serta kepedulian penonton terhadap masing-masing karakter. Hal ini menjadi catatan menarik bagi serial lain yang mengalami penurunan rating karena cerita yang tidak sama kuat dengan musim sebelumnya. Penyusunan karakter perlu diperhatikan apalagi jika melihat serial lain yang sukses hingga beberapa musim semuanya memiliki karakter atau protagonist yang membuat penonton tidak mudah move on. Dengan karakter yang disusun secara tiga dimensi, mendetail dan relatable; Cerita yang sebetulnya biasa saja dapat terasa begitu spesial. Penonton akan kembali bukan untuk cerita tetapi mengisi kerinduan terhadap karakter favorit mereka. Money Heist bisa dibilang menjadi salah satu contoh paling konkrit bagaimana fungsi karakter bekerja secara luar biasa dalam sebuah cerita atau serial.

Jika pada dua musim sebelumnya Professor melakukan pertarungan mental dengan Raquel, musim ini musuh utama dari Professor adalah Alicia Sierra. Alicia terbukti menjadi musuh yang tidak mudah bagi Professor, ia bahkan sempat berhasil mengadu domba Professor dan Raquel atau yang musim ini lebih dikenal dengan nama Lisbon. Selain itu sifat tidak kenal ampun Sierra terbukti menjadi salah satu senjata utama yang membuat rencana Professor sulit berjalan dengan lancar. Dengan rencana yang luar biasa bahkan Alicia berhasil menyudutkan Professor hingga berujung pada akhir menegangkan yang membuat penonton gigit jari. Selain kemunculan Alicia, kemunculan karakter lama yaitu Berlin, Moscow juga memberikan rasa nostalgia bagi musim pertama dan kedua. Bahkan bisa dibilang porsi Berlin pada musim ini juga cukup besar dan tidak kalah dengan karakter lainnya yang masih hidup. Kemunculan kembali karakter Arturo juga terbilang mengejutkan tetapi terasa masuk akal karena masih memiliki cerita yang belum selesai pada dua musim sebelumnya.

Jika ada hal negatif yang dapat dikritisi dari Money Heist musim ketiga, tidak lain adalah cerita yang terasa tidak terlalu rapih. Beberapa rencana yang dilakukan professor tidak memberikan dampak sekuat beberapa rencana di musim pertama. Bahkan ada satu rencana di musim ketiga ini yang melibatkan seekor possum dan kegunaannya bagi jalan cerita patut dipertanyakan. Hal ini mungkin terjadi karena kesempurnaan serta kerapihan dua musim sebelumnya. Untungnya meskipun plot tidak tersusun serapih dua musim sebelumnya, musim ketiga masih menjadi musim yang kuat dan menjadi bukti bahwa serial asal Spanyol ini tidak boleh diremehkan. Bahkan, akhir dari musim ini memberi sebuah janji serta ekspektasi tinggi untuk musim keempatnya.

Bagi para pengemar serial televisi yang belum pernah menonton serial ini, segeralah menonton serial ini karena dijamin ada perjalanan luar biasa yang menanti didepan. Musim ketiga kembali menunjukan kualitas produksi yang terasa mahal bahkan beberapa adegan aksi bisa dibilang tidak kalah dengan film aksi yang kita biasa tonton di bioskop. Ada sedikit guncangan pada kualitas cerita tetapi kompleksitas karakter serta dinamika seluruh karakter menjadi senjata kuat yang membuat musim ketiga tetap terasa spesial. Melihat musim ketiga, tidak mengherankan Money Heist diberi gelar sebagai salah satu serial aksi terbaik saat ini.

Click to comment

Leave a Comment

Living With Yourself Review Living With Yourself Review

Living With Yourself Review: Serial Drama Komedi Bertema Cloning

TV

chief of staff season 2 chief of staff season 2

Chief of Staff Season 2 Review

TV

Failin in Love Review Failin in Love Review

Failin in Love Review

TV

crazy love review crazy love review

Crazy Romance Review: Sajian Romansa Komedi Yang Menghibur

Film

Connect