Connect with us
mawang
Instagram: @mawang.s.i

Music

Mawang: Lebih dari Sekedar Musisi yang Mengangkat Konsep Komedi

Musisi indie asal Bandung yang sempat viral dengan lagu “Kasih Sayang Kepada Orang Tua”.

Mawang adalah seorang musisi asal Bandung yang belakangan ini sedang viral. Lagunya yang berjudul “Kasih Sayang Kepada Orang Tua” berhasil menarik perhatian para netizen. Bukan karena kekayaan liriknya yang akan membuat kita terharu dan langsung sungkem ke orang tua, justru karena keabsurdan liriknya yang masih susah diartikan oleh siapapun yang mendengarkannya.

Diiringi dengan musik, aransemen dan komposisi serius ala musik indie pop yang slow, Mawang memadukannya dengan lirik dan pembawaan vokal yang abstrak dan tidak biasa. Lagu “Kasih Sayang Kepada Orang Tua” akan lebih seru ditonton secara live.

Dibuka dengan instrumen gitar yang slow dan mendayu-dayu dan “pidato” singkat dari Mawang yang serius. Menyampaikan tentang betapa susahnya bagi kita untuk menyatakan perasaan sayang kepada orang tua. Hal tersebut juga dialami oleh Mawang yang akhirnya mempersembahkan lagu berjudul “Kasih Sayang Kepada Orang Tua” sebagai ungkapan cintanya kepada ibu dan bapaknya.

Setelah suasana serius yang dibangun dengan kata sambutan tersebut, Mawang mulai bernyanyi dengan bahasa dan pembawaan vokal yang akan membuat penonton terkejut hingga tertawa.

Mungkin masih banyak dari kita yang menganggap Mawang semata-mata hanya mengangkat konsep komedi dalam lagunya. Namun, kita juga bisa menelaah musik Mawang yang eksentrik dengan perspektif yang lebih serius. Mawang juga lulusan Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) dengan jurusan Karawitan. Selain itu ia juga aktif dalam pembuatan musik untuk teater, tari, dan film.

Melalui wawancaranya di detikcom, Mawang menjelaskan bahwa awalnya ia telah mencoba untuk menulis lagu ini dengan lirik yang normal. Namun, hal tersebut terkesan klise dan dibuat-buat. Coba kita membayangkan bagaimana susahnya merangkai kata untuk menyatakan rasa sayang pada orang tua; ibarat menulis di kertas, kita pasti berakhir dengan merobek banyak kertas dan membuangnya ke tong sampah. Tak ada kalimat sempurna yang mampu mengungkapkan perasaan kita yang kompleks.

Oleh karena itu, jadilah lagu dengan bahasa absurd dengan emosi yang berlebihan dan susah diungkapkan dalam lagu “Kasih Sayang Kepada Orang Tua”. Dengan gaya menyanyi bagai kehabisan napas dan tercekik, seperti halnya perasaan kita yang merasa susah mengeluarkan kata manis dan sayang kepada orang tua kita.

“Kasih Sayang Kepada Orang Tua” bukan satu-satu lagu yang telah diciptakan oleh Mawang. Lagu “Hey Kamu Yang Cantik” juga merupakan salah satu lagu dengan video klip lucu yang patut ditonton. Tak hanya menampilkan visual yang lucu dan absurd, lirik lagu satu ini memiliki pesan untuk semua perempuan yang merasa tidak cantik untuk lebih percaya diri.

Mawang juga menulis lagu cinta berjudul “Aku Kamu” dengan lirik yang sederhana dan mudah dinyanyikan. Dibalik video klipnya yang lucu, kita akan teralihkan dengan makna liriknya yang memiliki arti lebih. Tentang fase yang dialami semua orang yang sedang jatuh cinta. Mulai dari saling cinta, saling rindu, hingga memasuki masa konflik dan akhirnya menuju pada sifat yang saling egois dalam sebuah hubungan. Sebelum lagu “Kasih Sayang Kepada Orang Tua” viral, ia sudah punya rencana merilis album dengan 13 lagu. Rekaman dilakukan sendiri di rumahnya dengan alat seadanya.

Masyarakat kita lebih mudah memviralkan konten komedi daripada konten filosofis yang serius. Hal ini memberikan keuntungan bagi Mawang dengan musik berkonsep komedinya (eksperimental) yang tidak hanya sekedar membuat kita terhibur dan tertawa, namun juga memiliki pesan lebih dan relevan untuk mewakili perasaan sebagian besar masyarakat.

Click to comment
Advertisement
Cultura Podcast
Connect