Connect with us
Senigma
Lagu Paling Berbahaya Untuk Diputar Saat Mengemudi
Photo by Elina Sazonova from Pexels

Music

Lagu Paling Berbahaya Untuk Diputar Saat Mengemudi

“American Idiot” menjadi lagu paling berbahaya untuk diputar saat sedang berkendara.

Baru-baru ini, South China University of Technology merilis jurnal hasil penelitian terbaru tentang pengaruh musik pada pengendara mobil atau kendaraan lainnya. Dalam studi mereka, dinyatakan bahwa pilihan musik saat berkendara akan mempengaruhi psikologi pengendara dalam mengatur kecepatan dan refleks saat berkendara.

Dalam penelitian ini, mereka telah melakukan 60 uji mengemudi dengan simulator. 10 lagu populer pun telah disiapkan dengan dua kategori; 5 lagu dengan beat yang kencang dan 5 lagu lagi dengan tempo yang lebih pelan dan santai. Lagu kencang yang dipilih memiliki 120 beats per menit (BPM). Sementara lagu slow yang santai hanya memiliki BPM dibawah 80.

Dari penelitian ini, didapatkan hasil bahwa lagu dengan BPM diatas 120 memberikan efek paling buruk. “American Idiot” dari Green Day dinyatakan sebagai lagu paling berbahaya untuk diputar saat mengendara dengan 189 BPM.

Berikut daftar 5 lagu paling berbahaya untuk didengarkan saat berkendara:

  • Green Day – American Idiot
  • Miley Cyrus – Party In The USA
  • The Killers – Mr. Brightside
  • The Chainsmokers – Don’t Let Me Down
  • Bruce Springsteen – Born To Run

Melalui penelitian ini, didapatkan bahwa partisipan yang terlibat dalam simulasi mengalami peningkatkan detak jantung ketika mendengarkan musik rock. Dibandingkan dengan para partisipan yang mendengarkan lagu slow atau sama sekali tidak mendengarkan musik.

Musik dengan beat yang kencang dan dinamis akan membuat pengemudi secara tidak sadar mengemudi lebih cepat 5mph dari normal. Membuat pengemudi cenderung menikung kendaraan lain dan tidak fokus dalam mengatur kecepatan kendaraan mereka.

Hasil terburuk bahkan muncul dari penelitian ini, ketika seorang partisipan menaikan kecepatan hingga 10mph lebih cepat dibandingkan dengan partisipan yang mendengarkan musik slow.

Sementara itu, berikut 5 lagu yang tidak terlalu berbahaya didengarkan ketika sedang mengemudi:

  • Stairway to Heaven – Led Zeppelin
  • Under the Bridge – Red Hot Chilli Peppers
  • God’s Plan – Drake
  • Africa – Toto
  • Location – Khalid

Tak hanya meningkatkan kecepatan, musik juga akan mempengaruhi pergerakan pengemudi dalam mengubah jalur. Dalam simulasi, rata-rata pengemudi mengubah jalur mereka adalah sebanyak 70 kali. Namun, partisipan yang mendengarkan musik kencang akan mengubah jalur mereka sebanyak 140 kali. Hal ini dapat meningkatkan potensi terjadinya kecelakaan.

Qiang Zeng, dari pihak South China University of Technology memberikan jurnal ini pada International Journal of Environmental Research and Public Health dengan maksud memberikan referensi sebagai pedoman pelatihan mengemudi yang aman.

Click to comment

Leave a Comment

Mika: My Name Is Michael Holbrook Album Review Mika: My Name Is Michael Holbrook Album Review

Mika: My Name Is Michael Holbrook Album Review

Music

Super Junior Super Junior

Super Junior: Time_Slip Album Review

Music

raisa you raisa you

Raisa: You Single Review

Music

mika mika

Track of The Week: Mika, Megan Trainor, Raisa

Cultura Lists

Connect